Bukan Sekedar Coretan, 13 Visual Jalanan Ini Punya Makna yang Dalam!

03 Januari 2017
|Iswara Aji Pratama
Unik
0SHARES
<p>Ketika kamu sedang berpergian, pasti kamu pernah lihat coretan-coretan di jalanan. Untuk sebagian orang, mungkin tulisan-tulisan seperti itu mengganggu pemandangan. Namun, ternyata coretan-coretan ini kalau kita perhatikan dengan seksama, punya nilai yang lebih berharga dari itu. Yup, coretan atau visual jalanan ini menjadi media yang cukup ampuh untuk meneriakkan ketidakaturan atau masalah-masalah sosial yang ada di sekitar kita, di negara kita. Dengan kata lain, coretan itu adalah kritik sosial yang bisa dibilang ampuh karena orang-orang yang melihatnya bisa saja berasal dari berbagai kelas sosial. Visual jalanan tuh kayak teriakan bocah kampung yang minta dibelikan baju oleh bapaknya tapi bapaknya sibuk berjudi. Nah, makanya tuh bocah teriak sekencang-kencangnya biar tetangga, Pak RT dan Pak RW dengar keluhan si anak kecil. Kali ini YuKepo sudah merangkum beberapa visual jalanan yang harus kamu baca, resapi, dan renungi. Gambar-gambar di bawah ini sekilas memang tampak kumuh, tapi kalo dibaca dengan baik, kekumuhannya itu bakal hilang ditelan kedalaman maknanya. Cekidot.</p>

1. Pembangunan di mana-mana, tapi tetep aja sumber daya manusia yang menikmati cuma segelintir orang!

2. Nah, ini realita yang ada antara media dan masyarakat, opini publik digiring supaya sama dengan apa yang diinginkan oleh media

3. Waduh, hebat banget ini manusia jenis koruptor bisa makan jalanan, enak dong ya gak perlu makan nasi atau tempe lagi

4. Yang ngerusak bangsa ini bukan alamnya, tapi manusia-manusianya yang serakah!

5. Nah kan dunia anak muda jaman sekarang, nongkrong bisa berjam-jam, pas disuruh ibadah malah ngantuk

6. Kalo yang ini kasih peringatan untuk para kaum urban, jangan polos-polos kalau hidup di Jakarta, manusianya ganas-ganas, kanibal

7. Mungkin yang menulis di dinding ini udah gak percaya lagi sama negara karena kebanyakan omong kosong

8. Duh sindirannya kena banget nih buat orang-orang yang hidupnya demi uang dibandingkan dengan martabat dan harga diri

9. Iya ya, anak sekarang hiburannya cuma nonton sinetron, mereka belajar banyak bukan dari sekolah, tapi sinetron yang gak ada faedahnya

10. Untuk kaum berdasi yang katanya suka mengumbar janji, ternyata kalian udah gak punya arti lagi!

11. Kata pamungkas dari Wiji Thukul, "Hanya ada satu kata, lawan!"

12. Lewat sejarah kita belajar kenapa orang-orang di masa lalu berbuat salah, makanya sejarah adalah hal yang sangat penting

13. Coretan ini pas banget buat menggambarkan kondisi Indonesia belakangan ini yang berantem terus karena kasus Ahok

<p>Ya semoga dengan adanya coretan-coretan jalanan semacam itu, kita bisa menjadi sadar mengenai hal-hal yang salah di lingkungan kita ini. Karena rutinitas yang membuat kita berpikiran sempit, visual jalanan mampu hadir sebagai "alarm"  kita untuk lebih peduli sama masalah sosial. Oh ya terakhir, yang harus diapresiasi adalah kehadiran si seniman jalanan itu sendiri. Kalau gak ada mereka, gak akan ada pula itu coretan-coretan yang bermakna kayak gambar-gambar di atas.</p>

Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES