Biar Nggak Salah Kaprah Selamanya, Harus Paham Bedanya Matcha dan Green Tea Nih!

09 Maret 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Matcha atau yang selama ini sering disebut green tea saat ini sangat populer di dunia kuliner. Tidak hanya sebagai salah satu jenis teh, green tea atau matcha ini juga banyak dijadikan citarasa berbagai olahan makanan dan minuman. Berbagai makanan dan minuman bercita rasa matcha dijajakan mulai dari pedagang pinggir jalan hingga restoran mewah.

Dari es krim sampai cemilan, hampir selalu ada yang green tea dan matcha deh. Eitsss,  sebentar deh. Ngomong-ngomong, green tea dan matcha itu sama nggak sih? Hmmm, kalau sekilas sih kedengaran dan kelihatannya sama saja. Toh sama-sama green tea. Tapi kok ada dua ya penyebuta istilahnya? Matcha dan green tea.

Nggak usah bingung dan bimbang. Misteri perbedaan green tea dan matcha ini sudah dirangkum dengan sejelas-jelasnya di sini. Nggak usah puyeng lagi deh sekarang, biar nggak salah kaprah selamanya.

1. Serupa tapi tak sama

Secara sekilas, matcha dan teh hijau tidak mempunyai perbedaan yang mencolok. Keduanya mempunyai cita rasa dan warna yang hampir sama. Apalagi keduanya berasal dari tanaman yang sama, yakni tanaman camelia sinesis.

Oleh sebab itu, bagi orang awam yang tidak banyak mengetahui seluk-beluknya, menganggapnya sama saja. Matcha dan greentea memang serupa, tapi keduanya mempunyai perbedaan mendasar yang perlu kamu tahu.

2. Perbedaan proses pengolahan

Proses pembuatan matcha dilakukan dengan menutup daun teh selama 20 hingga 30 hari sebelum masa panen. Hal tersebut dilakukan agar daun teh terhindar dari sinar matahari. Proses ini akan membuat warna daun menjadi lebih gelap, karena meningkatnya asam amino yang ada di klorofil daun. Proses pengeringan daun matcha juga dilakukan dalam waktu yang sangat ingkat untuk menjaga warna hijaunya.

Setelah panen, petani akan memisahkan batang dan urat daun dan menumbuknya sampai menjadi bubuk halus. Sedangkan teh hijau disajikan masih berupa potongan kasar dan bukan bubuk halus. Proses pengeringan greentea pun dilakukan lebih lama dibandingkan pengeringan matcha.

3. Perbedaan warna

Proses yang berbeda membuat matcha dan teh hijau mempunyai warna yang juga berbeda. Matcha mempunyai warna hijau yang lebih kental, sedangkan green tea mempunyai warna kuning kehijauan yang terlihat lebih bening. Jika keduanya diseduh, kamu akan melihat jelas perbedaan warna tersebut.

4. Perbedaan tekstur

Matcha ditumbuk hingga menjadi bubuk halus, sedangkan green tea disajikan berupa potongan daun teh yang masih kasar. Matcha dengan teksturnya yang halus kerap dijadikan campuran bahan makanan seperti kue, es krim, pancake, dan lain-lain.

Selain itu, menyeduh matcha tidak akan meninggalkan ampas, sedangkan green tea meninggalkan ampas sehingga perlu disaring terlebih dahulu.

5. Perbedaan harga

Buat kalian pecinta teh, pasti tau dong kalau matcha dan greentea mempunyai harga yang berbeda. Green tea mempunyai harga yang lebih terjangkau dibandingkan matcha, apalagi jika kamu membelinya dalam bentuk minuman yang sudah jadi.

Selain itu, matcha pun dijual dengan harga yang berbeda bergantung jenisnya. Matcha yang digunakan untuk memasak mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan matcha untuk upacara-upacara khusus.

6. Perbedaan manfaat

Matcha mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan juga dipercaya bisa melangsingkan tubuh. Matcha mengandung antioksidan, poliphenois, kafein, dan L-Theanine yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan greentea. Mengonsumsi matcha sama dengan mengonsumsi seluruh kandungan baik yang ada pada daun teh hijau.

7. Perbedaan rasa

Green tea mempunyai citarasa yang lebih segar, sedangkan matcha mempunyai rasa yang lebih creamy dan cenderung seperti rumput laut.

Selain itu, green tea mempunyai after taste sedikit asam dan pahit, berbeda dengan matcha yang tidak meninggalkan after taste.

Wah, ternyata green tea dan matcha itu berbeda toh. Walaupun sekilas sama, ternyata keduanya mempunyai perbedaan. Pasti banyak dari kalian yang baru tau kan perbedaan antara green tea dan matcha ini. Jadi, kalian lebih suka teh hijau atau matcha nih? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES