Berinisiatif Besar, Pria Ini Bikin Bunker Pertahanan Nuklir dari 42 Bus Sekolah Bekas

03 Desember 2017
|Idham Nur Indrajaya
386SHARES

Di desa bernama Horning’s Mill, tepatnya 100 km di sebelah utara Toronto, Kanada, terdapat tanah seluas 5 hektar yang dimiliki oleh seorang pria bernama Bruce Beach dan istrinya, Jean. Bangunan yang tertanam di bawah tanah milik mereka itu terlihat seperti bangunan pedesaan biasa jika dilihat dari pemukaan. Akan tetapi, di bawah tanahnya, terdapat sebuah bunker perlindungan nuklir pribadi terbesar di wilayah Amerika Utara.

Bangunan seluas 930 meter persegi milik Beach terdiri dari 42 bus sekolah yang ditata sedemikian rupa. Bus-bus yang didirikan 4 meter di bawah permukaan tanah itu berfungsi sebagai bunker untuk melindungi Bruce dan istrinya dari perang nuklir yang bisa saja suatu saat akan terjadi.

Meskipun bangunan ini merupakan milik pribadi, Bruce merancang bangunan ini untuk bisa menampung sekitar 500 orang dalam jangka waktu beberapa bulan. Dia bahkan sudah menyediakan suplai makanan, tempat perawatan kesehatan—termasuk ruang praktek untuk dokter gigi, saluran pengairan, generator listrik, dll.

Bruce, yang saat ini sudah berusia 83 tahun, sudah memulai proyek pembangunan bunker ini sejak tahun 1980, tepatnya saat konflik Perang Dingin sedang berada di titik puncak. Dulunya, Bruce tinggal di Chicago sebagai teknisi listrik sebelum akhirnya Perang Dingin pun dimulai dan ketakutan akan terjadinya perang nuklir pun mulai tersebar di masyarakat. Sejak saat itu, Bruce pun memutuskan untuk pindah ke wilayah yang lebih tenang di Kanada. Di sanalah dia bertemu dengan istrinya, Jean, yang saat ini sudah berusia 90 tahun.

Sudah berselang 30 tahun sejak Bruce membangun bunker yang diberi nama Ark Two, perang nuklir pun (untungnya) belum terjadi. Teknologi pun semakin berkembang pesat selama selang waktu itu sehingga Bruce terus memperbaharui sistem keamanan di bangunan yang dirancangnya. Dia menggunakan 64 komputer untuk menjalankan sistem keamanan tersebut. Dia juga selalu menyuplai sejumlah makanan selama bertahun-tahun.

Berhubung apa yang dilakukan oleh Bruce ini nampak bagi orang-orang sebagai kecenderungan paranoid yang berlebihan, dia pun seringkali dianggap sebagai orang gila. Akan tetapi, Bruce memahami penilaian orang-orang itu dan dia tetap teguh dengan apa yang dilakukannya.

Bahkan, dia pun sampai menampik tuntutan dari pemerintah yang menyatakan bahwa bunker yang dibuatnya ini tidak memiliki izin khusus, dan Bruce bersumpah akan melakukan apapun untuk menghentikan orang-orang yang berusaha menggusur bunker yang sudah dia buat dengan susah payah.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
386SHARES