Beda dari yang Mainstream, 8 Museum Ini Koleksinya Bikin Mata Terbelalak

09 Maret 2018
|Mohammad Syahrial

Museum berfungsi sebagai tempat menyimpan sekaligus memamerkan benda yang berasal dari masa silam dan memiliki nilai sejarah. Tempat inilah yang akan mengenalkan sejarah ke generasi sekarang dan selanjutnya. Yang orang banyak tahu, benda yang dapat dimuseumkan biasanya berupa tulang-belulang binatang masa lampau, benda yang terkait dengan suatu sejarah penting bangsa, hewan yang diawetkan, dan berbagai jenis lainnya.

Nah, zaman sekarang tidak mematok demikian. Kini banyak museum yang memajang benda yang tanpa disangka-sangka bisa dimuseumkan. Banyak yang sengaja memajang benda yang tidak memiliki nilai sejarah, tapi memang punya nilai simbolik yang ada di baliknya.

Tapi kembali seperti penjelasan sebelumnya, bukan itu memang yang ingin dipamerkan. Seperti kali ini, Yukepo akan memberi informasi buat kamu mengenai museum yang berisi benda unik bahkan terkesan nyeleneh. Wah, pasti seru nih kalau dateng ke sana!

1. Toilet

Benda yang satu ini keliatannya sih emang sepele, tapi jadi unik banget ketika ada museum yang mengabadikan sejarahnya. Sulabh International adalah sebuah museum toilet di India yang memamerkan sejarah toilet yang telah digunakan dalam 4.500 tahun terakhir. Bahkan di sini, ada toilet yang dibuat sebagai rak buku, lho.

2. Phallological atau penis

Museum Phallological atau museum penis mengoleksi lebih dari 215 penis hewan darat dan laut. Museum unik yang bisa membuat setiap pengunjungnya mengernyitkan dahi ini terletak di Islandia.

3. Museum of Bad Art

Kalau biasanya museum menyimpan benda-benda seni terbaik, beda halnya dengan Museum of Bad Art di Inggris. Di sini mengoleksi benda seni yang buruk yang bisa saja diciptakan oleh seseorang yang bukan seniman. Kalau kamu merasa mempunyai karya seni yang buruk, coba saja tawarkan ke museum ini. Mungkin pengurusnya akan tertarik dan karyamu akan dipajang di museum ini.

4. Kuntskamera

Museum yang satu ini akan membuatmu merinding ketika melihat benda-benda yang dikoleksinya. Museum Kuntskamera, Rusia, mengoleksi benda-benda aneh seperti janin bayi yang cacat hingga kepala manusia yang diawetkan.

5. Hair Avanos

Hair Avanos Museum adalah museum yang mengoleksi rambut. Museum yang terletak di sebuah gua kecil di Kanada ini mengumpulkan rambut dari lebih 16.000 perempuan di seluruh dunia. Mau berkunjung?

6. Cryptozoology

Museum Cryptozoology mengoleksi spesies dan artefak yang dikaitkan dengan mitos dan makhluk zaman purba. Mengunjungi tempat di Inggris ini kalian akan melihat sampel rambut bahkan kotoran dalam bentuk seni.

7. Instrumen Penyiksaan Medieval

Seperti namanya, museum yang satu ini mengoleksi benda yang difungsikan untuk penyiksaan. Beberapa instrumen dalam museum ini mungkin cukup dimengerti fungsinya, namun beberapa lainnya akan membuatmu berpikir keras mengenai kegunaannya dan juga bentuknya yang rumit.

8. Kawat berduri

Museum di Amerika Serikat ini didedikasikan untuk kawat  berduri. Di dalam museum ini terdapat lebih dari 2.400 jenis yang mengeksplorasi peran kawat berduri pada zaman dahulu di Amerika Serikat.

Nah itu dia guys museum unik yang memamerkan benda-benda unik dan aneh. Wah gimana guys? mulai sekarang yuk kita main-main ke museum, museum apapun itu. seru lho main ke museum, apa lagi bersama-sama dengan orang-orang terdekat kamu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
SHARES