Aneh, Inilah 7 Jenis Phobia Teknologi Yang Bisa Dialami Manusia! Kamu Salah Satunya?

13 November 2017
|Robertus Jeje
Unik
0SHARES

 

 

Phobia adalah kebiasaan atau menghadapi situasi dengan rasa takut yang berlebih, apapun itu. Bahkan, phobia juga bisa terjadi dengan suatu teknologi. Memang, kemajuan di bidang yang satu ini dari tahun ke tahun sungguh sangat pesat. Namun dengan kemajuan ini pula, muncul dampak lain seperti orang menjadi memiliki phobia teknologi. Biasanya orang memiliki phobia dengan hewan tertentu, dengan ketinggian, dengan ruang yang sempit, dan lainnya. Sedangkan phobia dengan teknologi ini menjadi hal yang cukup baru.

Sama dengan phobia pada umumnya, phobia dengan teknologi juga dikarenakan rasa takut yang aneh, bahkan hingga saat ini para psikolog belum menemukan resep jitu untuk menyembuhkan hal ini. Nah bagi kamu yang sudah penasaran, yuk kenali jenis-jenis phobia teknologi ini!

1. Selfiephobia

 

 

Yap, selfie menjadi salah satu kebiasaan yang tak bisa dihindari di zaman sekarang. Hal ini disebabkan kemajuan teknologi seperti smartphone hingga media sosial. Namun ternyata ada lho orang yang takut selfie.

Phobia ini ditandani dengan orang yang takut jika hasil selfie-nya tidak maksimal. Ia mulai panik dan bingung sendiri. Biasanya, orang yang memiliki selfiephobia ini kepercayaan dirinya juga kurang.

2. Telephonobia

 

Telephonobia merupakan ketakutan berlebih saat dia sedang menerima panggilan dari telepon, apalagi jika nomor tersebut tidak dia kenal. Biasanya phobia ini muncul pada orang-orang yang sering diteror, dikejar atau ditagih utang lewat telepon. Hal ini menyebabkan ia memiliki semacam trauma hingga menjadi seperti phobia.

3. Nomophobia

 

Kata “nomo” singkatan dari "no mobile". Nomophobia adalah phobia dengan rasa takut atau kepanikan yang berlebih saat dia jauh dari ponselnya. Contohnya seperti saat baterainya habis, tidak dapat sinyal atau ponselnya mati. Kemudian dia mulai bingung dan panik, seperti memaksakan segala hal agar semua bisa sesuai dengan harapannya.

4. Cyberphobia

 

 

Phobia cyberphobia adalah rasa takut berlebih terhadap komputer, atau saat ia bekerja menggunakan komputer. Orang yang menderita phobia ini biasanya suka menghindari komputer, termasuk benda-benda yang berhubungan. Phobia jenis ini biasanya terjadi pada orang-orang anti teknologi.

5. Logizomechanophobia

 

Phobia ini masih berhubungan dengan cyberphobia. Bedanya, logizomechanophobia lebih spesifik ketakutan terhadap komputer. Parahnya, orang yang menderita phobia ini akan takut atau muncul raa panik meski hanya melihat komputer saja.

6. Loremophobia

Loremophobia gabungan dari kata “losing remote phobia” atau takut maupun panik saat kehilangan remote TV. Biasanya orang yang menderita phobia ini suka gelisah ketika tidak bisa menemukan remote. Bahkan, dia juga bisa panik secara berlebihan.

7. Technophobia

Biasa dikatakan phobia ini sebagai ‘induk’ phobia terhadap teknologi. Technophobia menggambarkan seseorang yang memiliki ketakutan berlebih terhadap teknologi, apapun itu bentuknya. Phobia ini juga digolongkan yang paling parah dari yang lain. Bahkan karena phobia ini, orang tersebut bisa mengalami depresi.

 

Nah, itulah tadi 7 jenis phobia terhadap teknologi. Kamu tahu phobia teknologi lain yang belum disebutkan di atas? Tambahkan ke kolom komentar di bawah ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES