Aneh! 7 Benda Ini Tiba-tiba Muncul Secara Misterius di Ruang Publik!

Sumber Gambar

Ruang publik, atau Public Sphere, adalah suatu realitas kehidupan sosial yang di dalamnya terdapat proses pertukaran informasi yang terjadi secara terus-menerus di antara para individu yang terlibat dalam ruang tersebut berkenaan dengan pokok persoalan yang tengah menjadi perhatian umum sehingga dalam proses tersebut terciptalah pendapat umum (Habermas dalam sinaukomunikasi.wordpress.com). Dengan kata lain, ruang publik merupakan ruang di mana para penduduk dapat saling mereproduksi gagasan satu sama lain sehingga terjadilah proses dialektis yang melahirkan ide atau gagasan dalam bentuk abstrak maupun konkrit sebagai hasil dari proses kristalisasi ide-ide antarindividu.

Dengan demikian, ruang publik dapat dikatakan sebagai sasaran ideal untuk setiap individu agar dapat melibatkan diri secara langsung maupun tak langsung dengan proses pembentukan masyarakat yang terlibat dalam ruang publik itu sendiri. Makanya, wajar aja kalau di negeri kita sendiri, ruang publik seringkali menjadi tempat para warga untuk menyuarakan gagasannya dengan harapan gagasannya itu dapat memperoleh respon dari masyarakat sekitar. Di ruang publik inilah masyarakat dari berbagai kalangan membentuk beragam kelompok-kelompok dengan ideologi tertentu, yang dibangun dengan harapan adanya proses reproduksi gagasan yang terjadi secara berkala seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi, adakalanya ruang publik ini dimanfaatkan oleh para individu dengan identitas anonim yang melakukan intervensi terhadap ruang publik dengan cara yang terkadang berkesan nyeleneh.

Nah, di bawah ini kamu bisa lihat beberapa benda yang tiba-tiba muncul secara misterius sebagai bukti adanya perilaku nyeleneh yang memperoleh respon dari masyarakat karena ke-nyelenehan­-nya itu sendiri. Tapi, selain kemunculan yang emang disengaja oleh manusia, ada juga kok yang emang terjadi karena kuasa alam. Bukti kalau alam juga punya keterlibatan dengan ruang publik! Yuk, kita kepoin!

1. Spanduk Vladimir Putin yang terbentang di Manhattan

Sumber Gambar

Spanduk dengan wajah Vladimir Putin yang terbentang di Amerika Serikat? Pasti jadi kontroversial tuh. Di bulan Oktober tahun 2016, masyarakat Manhattan dikejutkan oleh spanduk berukuran 7x14 meter dengan wajah Presiden Rusia Vladimir Putin yang terpampang disertai tulisan “Peacemaker” (Pencipta Perdamaian). Tidak ada satu pun pihak yang mengklaim tindakan ini. Polisi setempat pun langsung mengamankan spanduk ini tanpa menangkap siapa pun.

2. Bola salju raksasa di Siberia

Sumber Gambar

Sebulan setelah kejadian munculnya spanduk Vladimir Putin di Manhattan, warga Siberia dikejutkan dengan kemunculan ribuan bola salju—yang anehnya terbentuk dengan rapi seakan-akan dibuat oleh manusia—sepanjang 11 mil garis pantai yang berlokasi di Nyda, Siberia. Namun, ternyata ada penjelasan yang cukup logis untuk fenomena ini. Kombinasi angin, es, dan air di suatu badai memang dapat membuat fenomena semacam ini, namun tetap saja kemunculannya itu sangat langka. Jadi, kalau yang ini kayaknya nggak ada maksud manusia di baliknya.

3. Ratusan mainan seks yang tergantung di kabel listrik

Sumber Gambar

Warga yang berdiam di Portland, Amerika Serikat, dikejutkan saat mereka menengok ke langit-langit saat mereka keluar dari kediaman masing-masing. Mereka dikejutkan oleh ratusan mainan seks berbentuk penis yang tergantung di sepanjang kabel listrik yang tersebar di kota. VICE Media pun berhasil mewawancarai pelaku—yang ternyata adalah wanita, namun identitasnya sengaja dianonimkan—yang melempar-lemparkan dildo yang sudah diikat ke kabel-kabel listrik dengan maksud iseng. “Melempar-lemparkan penis adalah olahraga kebahagiaan,” ujar wanita nyentrik tersebut.

4. Tumpukan cacing yang tersusun rapi di jalanan Texas

Sumber Gambar

Setelah terjadinya banjir di Taman Eisenhower yang terletak di Denison, Texas, para polisi setempat dikejutkan oleh munculnya tumpukan cacing-cacing yang berbaris di garis kuning tengah jalan. Bahkan para ahli biologi pun tidak bisa menjelaskan mengapa cacing-cacing itu bisa tersusun di marka jalan tersebut.

5. Patung Pikachu di Taman New Orleans

Sumber Gambar

Saat meledaknya permainan Pokemon GO di 2016, seseorang yang tidak diketahui identitasnya meletakkan patung Pikachu di taman yang terletak di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat. Patung yang terbuat dari fiberglass ini diletakkan di atas air mancur yang sudah bobrok dan terbengkalai, dan akhirnya patung ini dapat menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung ke taman tersebut. Namun, dua minggu setelah kemunculan misteriusnya, patung ini mendadak hilang dan hanya menyisakan barcode di tempat seharusnya patung itu berada. Setelah dipindai dengan menggunakan telepon genggam, barcode tersebut akan mengarahkan pengguna kepada situs internet yang menjelaskan bahwa patung itu memang tidak dimaksudkan sebagai instalasi permanen, melainkan untuk menarik perhatian masyarakat sekitar agar lebih mempedulikan keberadaan taman tersebut. Selain itu, patung ini telah didonasikan untuk perbaikan air mancur yang sebelumnya ditimpa oleh patung raksasa itu.

6. Piano di bawah jembatan Brooklyn

Sumber Gambar

Di bulan Mei 2014, tepatnya di bawah jembatan Brooklyn, New York, ditemukan sebuah grand piano di tepian sungai di bawah jembatan. Menurut para ahli, piano dengan bobot yang cukup berat itu mustahil dihanyutkan oleh aliran sungai. Jadi, kemungkinannya memang ada yang sengaja meletakkan piano itu di sana. Piano ini akhirnya dibiarkan dalam keadaan seperti itu, yang tentunya menarik para orang sekitar untuk mengambil gambarnya.

7. Restoran untuk tikus di Swedia

Sumber Gambar

Di kota kecil yang bernama Malmö, Swedia, grup seniman yang menamai dirinya Anonymouse MMX, mendekorasi jendela ruang bawah tanah dari dua toko yang terletak di pinggir jalan menjadi semacam restoran untuk tikus. “Sangat disayangkan jika kita membayangkan hidup kita yang masih memiliki hubungan paralel dengan tikus, namun mereka selalu tersingkirkan dari pandangan kita”. Begitulah isi dari surat yang dikirim via e-mail kepada pemilik toko. Identitas orang-orang yang tergabung dalam Anonymouse MMX itu sendiri tidak diketahui, namun akhirnya toko tersebut dibiarkan karena keindahannya.

Ada-ada aja ya kelakuan orang-orang kalau udah mulai nggak bisa nahan gairahnya untuk berekspresi. Alam pun nggak absen untuk mengekspresikan keindahannya di ruang-ruang publik, seakan-akan mereka juga hidup seperti halnya kita.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Viral Pernikahan Dini Bocah Umur 9 Tahun, Warganet Gerah Hingga Nyinyir: Udah Sunat Belum?! - Keepodotme

Viral Pernikahan Dini Bocah Umur 9 Tahun, Warganet Gerah Hingga Nyinyir: Udah Sunat Belum?! - Keepodotme

Menakjubkan! Fatwa Agama Paling Unik Ini Pernah Ada Lho

Menakjubkan! Fatwa Agama Paling Unik Ini Pernah Ada Lho

5 Cara Mengubah Font WhatsApp Agar Tampilannya Nggak Monoton - Keepodotme

5 Cara Mengubah Font WhatsApp Agar Tampilannya Nggak Monoton - Keepodotme

Satu Potong Hanya Rp 2.500,00 Pasar Baju Tradisional Ini Lebih Terlihat Bagai Tumpukan Sampah!

Satu Potong Hanya Rp 2.500,00 Pasar Baju Tradisional Ini Lebih Terlihat Bagai Tumpukan Sampah!

8 Cara Menjadi Youtuber Terkenal Dengan Cepat - Keepodotme

8 Cara Menjadi Youtuber Terkenal Dengan Cepat - Keepodotme

Angka-angka Fantastis Yang Terkandung Dalam Tubuh yang Harus Kamu Tahu

Angka-angka Fantastis Yang Terkandung Dalam Tubuh yang Harus Kamu Tahu

loading