Alat Musik Unik Ini Bisa Menciptakan Nada Indah yang Akan Bikin Kamu Takjub

10 Agustus 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Musik dalam hidup seakan-akan menjadi warna tersendiri dalam mewakili perasaan seseorang. Berbagai alunan musik juga dipengaruhi oleh instrumen yang dimainkan agar menimbulkan alunan nada yang indah. Selama ini mungkin kita hanya tahu alat musik itu gitar, piano, drum, keyboard, gendang, biola, dan lainnya. Ternyata selain alat musik itu kita masih punya banyak alat musik yang sangat unik. Mungkin alat musik ini belum pernah kamu dengar atau lihat sebelumnya. Berikut ini adalah kumpulan alat musik yang unik dan kreatif namun mampu membuat kamu takjub. Langsung aja deh yuk kepoin!

1. Drum yang terbuat dari keju

Keju bukan hanya untuk campuran olahan makanan yang lezat, tapi bisa juga diaplikasikan menjadi instrumen musik. Bulatan keju ini tenyata bisa menghasilkan suara yang unik. Namun, semua suara yang dihasilkan tergantung kepada kepadatan dan pukulan dari sang drummer, sehingga setiap keju akan menghasilkan suara yang berbeda.

2. Drum baja

Selain keju ada juga drum yang terbuat dari baja. Bentuknya mirip dengan UFO, drum ini disebut dengan Hang Drum. Mungkin kita hanya tahu kalau baja biasanya digunakan untuk bahan infrastruktur bangunan. Ternyata baja ini bisa menghasilkan suara yang unik mirip seperti kecapi atau lonceng. Itu semua tergantung kepada pukulan dari setiap tempat yang berbeda.

3. Hydraulophone kreasi instrumen dari lubang pipa yang diisi air

Alat musik ini terbuat dari perpaduan pipa dan air yang dikenalkan oleh Steven Mann, salah satu profesor dari Universitas Toronto. Beliau memperkenalkan Hydraulophone di acara International Computer Music Conference yang diselenggarakan pada tahun 2007. Suara yang dihasilkan dari percikan air ini ternyata hampir mirip dengan piano dan ada tambahan gemericik air yang bikin adem dan tenang.

4. Cucumber Phone, suara dari kumpulan sayuran

Sayuran yang kita makan sehari-hari ini ternyata bisa menghasilkan sebuah nada yang indah untuk dijadikan pengiring musik. Cucumber Phone merupakan grup ansambel berasal dari Vienna, Australia yang terdiri dari enam orang. Grup yang berdiri sejak tahun 1998 ini menggunakan instrumen musik yang berasal dari berbagai sayuran seperti labu, wortel, timun, dan lainnya. Biasanya saat akan menggelar pertunjukan mereka selalu berbelanja terlebih dahulu, lalu membentuk sayuran tersebut sedemikian rupa untuk menghasilkan nada. Setelah selesai, grup ini mengaku jika sayuran tersebut mereka masak. Unik!

5. Musik dari deburan ombak laut

Mendengar suara deburan ombak sambil menikmati keindahan alam biasanya bisa membuat pikiran seseorang sedikit lebih tenang. Nah, salah satu arsitektur menyulap deburan ombak ini menjadi sebuah instrumen musik bernama Organ Laut. Arsitektur tersebut  membangun sebuah perangkat dan juga celah-celah anak tangga. Paduan deburan ombak yang menghantamny tersebut menjadi sebuah nada yang menarik. Kamu bisa datang langsung ke Zadar, Kroasia, untuk mendengarkannya secara langsung, karena tempat ini sudah dibuka untuk umum sejak 15 April 2005 lalu.

6. Tenaga surya menciptakan nada yang indah

Sharpsichord adalah alat musik yang berasal dari tenaga surya. Instrumen yang terlihat seperti saksofon dengan ukuran raksasa ini diciptakan oleh Henry Dagg. Alat musik ini memiliki ukuran silinder 11.520 lubang. Sharpsichord ini memiliki sebuah pin yang bisa mengeluarkan alunan suara yang diinginkan.

7. Nih buat kamu yang penasaran nada dari sayuran seperti apa

Itulah beragam alat musik yang berasal dari bahan yang mungkin sebelumnya tak pernah kamu bayangkan. Itu semua berkat hasil karya dan kreativitas manusia. Nah, kamu ada ide untuk membuat alat musik unik lainnya? Coba deh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES