Ada Buku yang Bisa Dimasak! Inilah 7 Buku Paling Unik Di Dunia.

17 Oktober 2017
|Galih Wisnu Brata
5.6 KSHARES

Buku menjadi hal penting dalam kehidupan. Dalam buku terdapat banyak pengetahuan yang bisa dipelajari oleh manusia. Hal tersebut sejalan dengan pepatah buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, seseorang akan mampu mengetahui berbagai hal yang ada di dunia.

Biasanya, orang membeli atau membaca buku karena isinya yang menarik. Nah, kali ini kita akan membahas buku-buku unik yang ada di dunia. Kok bisa dibilang unik? Ya karena buku-buku ini berbeda dari biasanya. Ada yang bisa dimakan bahkan ada yang terbuat dari kulit manusia. Yuk, kita simak bersama!

1. The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art

Buku ini bisa dikatakan sebagai buku unik, langka, dan juga mahal. Harga buku ini mencapai USD 20.000 atau sekitar 260 juta rupiah. Harga tersebut muncul pada sebuah acara pelelangan. Dalam buku bersegel ini tertulis kalimat fenomenal. Kalimat tersebut berbunyi "Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki untuk tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin".

2. Nostradamus In Crypt

Buku yang satu ini terbit pada tahun 1555 Masehi. Buku unik ini berisi syair-syair dengan bentuk empat baris per bait. Yang menjadikannya unik adalah isinya, yaitu kejadian yang akan terjadi di masa depan. Banyak yang ingin menulis kembali pemaknaan dari buku unik  ini. Tetapi, hal itu selalu mengalami kegagalan. Banyak hal aneh yang tidak dimengerti terjadi saat proses penyalinan dilakukan.

3. The Voynich Manuscript

Jika buku sebelumnya unik karena isinya, buku yang satu ini dikatakan unik karena bahasanya. Bagaimana tidak? Sudah banyak ahli kriptogafi, pemecah kode rahasia, yang mencoba memecahkan isi dari buku unik ini, meski menemui kegagalan. Buku ini merupakan karya yang dibuat awal abad ke-15. Buku ini ditemukan awal tahun 1972. Diduga, ada beberapa halaman yang hilang dan susunannya pun sudah tidak berurutan lagi.

4. The Cross Eyed Lefthander from Tula and The Steel Elea

Kalau buku yang satu ini, keunikannya terletak pada ukurannya. Buku ini menjadi buku terkecil sedunia. Ukurannya 88 kali lebih kecil dari buku terkecil versi Guiness Book of World's Record. Buku ini berisi tentang kisah  seorang pengrajin yang kidal yang membuatkan sepatu kuda untuk orang Inggris. Buku ini dibuat dari lapisan film polyester yang sangat tipis sehingga mudah sobek. Tulisan dalam buku ini dicetak melalui media litografi.

5. The Real Cookbook

The Real Cookbook adalah buku yang berisi resep masakan. Resep dalam buku ini berisi tentang cara memasak lasagna dengan mudah. Yang membedakannya dengan buku resep yang lain adalah buku ini bisa dimasak. Buku ini dapat dimasak karena bahan pembuatnya adalah pasta. Akan tetapi, buku ini tidak dijual secara bebas di semua toko. Bayangin deh, habis membaca resepnya, bukunya langsung dimasak dan dimakan, keren bukan?

6. Skin Book

Sebelumnya buku untuk yang gemar memasak, yang ini buku khusus buat para seniman tato. Buku bertajuk Skin Book ini dibuat khusus bagi para seniman tato. Mereka bisa latihan menggurat tato dengan buku ini. Pasalnya, buku ini terbuat dari kulit sintetis. Buku ini digagas oleh Tatoo Art Magazine bekerja sama dengan agensi periklanan Brasil, Law' Lara TBWA. Terobosan baru ini bisa menjadi revolusioner dalam dunia tato.

7. Des Destinees de L'ame

Des Destinees de L'ame atau dalam bahasa Indonesia diartikan Takdir Jiwa juga menjadi salah satu buku unik. Buku ini dibungkus dengan sampul dari kulit manusia. Hal tersebut dikatakan oleh ilmuwan dari Harvard University yang telah menelitinya. Menurut cerita, buku ini adalah karya Arsene Houssaye. Kemudian, ia memberikan kepada sahabatnya, Dr. Ludovic Bouland yang kemudian diikatlah dengan kulit manusia. Kulit manusia itu, ia dapat dari pasiennya yang sudah meninggal. Saat ini, buku ini disimpan di Perpustakaan Houghton, Harvard University.

Gimana, unik bukan buku-buku di atas? Kalau ada kesempatan boleh juga tuh membaca salah satunya. Mungkin juga, kamu bisa membuat buku unik yang selanjutnya. Tapi, jangan kayak yang terakhir ya, ngeri. Apalagi kalau dalam membuatnya harus mengorbankan nyawa manusia, duh jangan sampai deh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
5.6 KSHARES