9 Fauna Langka di Dunia Ini Namanya Jarang Diingat. Hoki Kalau Bisa Ketemu!

20 Februari 2018
|Mohammad Syahrial
0SHARES

Kehidupan fauna memang selalu seru untuk diikuti. Melihat berbagai jenis fauna, mengingatkan kita bahwa tidak hanya manusia yang menempati bumi, tapi juga berjuta-juta jenis fauna baik itu yang sering terlihat oleh manusia juga yang tidak. Fauna yang paling sering ditemui di sekitar kayak kucing, nyamuk, semut, anjing, cicak, dan fauna lainnya, itu sudah biasa bagi manusia. Tapi bagaimana jika kamu bertemu tikus berhidung bintang? Atau kepiting Yeti?

Nggak pernah denger 'kan nama-nama binatang itu? Denger aja belum pernah, apalagi lihat. Memang binatang itu termasuk yang unik dan langka. Jarang sekali manusia yang pernah bertemu dengan binatang unik ini. Ternyata guys, binatang unik dan langka seperti ini banyak lho di dunia.

Wah, kalau gini caranya kita harus cari tau nih biar kita semakin mengenal makhluk yang tinggal bersama manusia di bumi. Mau tau binatang unik dan langka di dunia apa aja yang jarang diketahui itu?

1. Babirusa

Babirusa ini bukan hasil dari perkawinan antara babi dan rusa ya. Babirusa adalah sejenis babi liar yang banyak ditemukan di hutan hujan tropis. Babirusa biasa menyantap buah dan tumbuh-tumbuhan. Hewan yang memiliki panjang tubuh sampai 106 cm ini hanya mencari makanan ketika malam hari karena menghindari predator yang biasa menyerang.

2. Kukang Sunda

Kukang Sunda atau kukang besar adalah primata strepsirrhini dan spesies kukang asli Indonesia, Malaysia Barat, Thailand Selatan, dan Singapura. Panjang Kukang Sunda ini hanya 27-38 cm dengan berat badan antar 599-685 gram. Kukang Sunda memiliki ciri-ciri yang kurang lebih sama dengan spesies kukang lainnya. Hidung basah, kepala bulat, telinga kecil, mata besar, dan ekor vestigial.

3. Lamprey

Lamprey atau yang dalam bahasa Indonesia disebut lampre adalah ikan yang tidak memiliki rahang. Tidak aneh jika lamprey termasuk fauna unik yang jarang diketahui orang sebab spesiesnya adalah minoritas. Lamprey kerap tidak dianggap sebagai kelompok ikan karena morfologi dan fisiologinya yang sangat berbeda dengan ikan pada umumnya. Bentuknya memang terlihat seperti belut ya.

4. Markhor

Markhor adalah hewan nasional Pakistan yang termasuk jenis kambing liar. Markho oleh IUCN digolongkan sebagai hewan terancam punah, hingga pada tahun 2015 turun mendekati terancam karena pada tahun terakhir jumlahnya mulai menurun. Markhor mempunyai bulu yang panjang dan tanduk yang unik banget! Tanduknya yang runcing dan seakan-akan hasil dari ukiran membuat Markhor termasuk fauna dengan ciri fisik yang unik.

5. Kepiting Yeti

Kepiting Yeti adalah jenis crustacea yang tubuhnya ditutupi oleh benda yang tampak seperti bulu. Sebenarnya, Kepiting Yeti tidak memiliki bulu, ia adalah penutup setae padat seperti yang ditemukan pada beberapa kaki udang. Kepiting unik ini ditemukan oleh penyelam di kedalaman 2.298 meter di sebuah wilayah sekitar 1.440 km di sebelah selatan Pulau Easter.

6. Tikus berhidung bintang

Tikus berhidung bintang adalah jenis Tikus Mondok yang mempunyai tentakel pada hidungnya. Hewan dengan nama latin Condylura Cristata ini memiliki sekitar 22 tentakel kecil yang mengandung sekitar 25.000 sensor sentuh dan 100.000 serabut saraf. Tikus berhidung bintang ini hanya tinggal di lubang kotor dan gelap. Hmmm, agak serem ya sama hidungnya.

7. Mara patagonia

Mara patagonia adalah hewan pengerat yang bentuknya mirip perpaduan antara kelinci dan rusa. Ada yang juga mengatakan bentuknya seperti keledai kecil. Namun sebenarnya mara patagonia ini adalah hewan pengerat yang masih berkerabat dengan tikus. Berbeda dengan hewan pengerat biasanya, mara lebih aktif di siang hari dan di padang rumput. Mara tinggal di tanah rumput terbuka Patagonia di Amerika Selatan yang menjadi bagian negara Argentina dan Bolivia. Saat ini statusnya sudah terancam punah karena menjadi buruan hewan karnivora.

8. Tikus Mondok

Tikus mondok atau rattus novergicus adalah tikus berwarna kelabu dengan panjang tubuh dan panjang ekor sekitar 25 cm. Berat badan tikus mondok jantan adalah 350 gram dan mondo betina 250 gram. Tikus ini diperkirakan berasal dari utara Tiongkok, Rodensia ini telah tersebar ke seluruh benua, kecuali Antartika.

9. Gerenuk

Gerenuk atau disebut juga dengan gazel jerapah adalah sejenis antelop yang ditemukan di Tanduk Afrika dan kawasan Danau Besar di Afrika Timur. Gerenuk mempunyai kaki, leher, dan tubuh yang ramping. Tinggi gerenuk antara 80-105 cm dengan berat 28-52 kg. Gerenuk adalah hewan seksual dimorfik, yakni memiliki perbedaan yang jelas antara jenis jantan dan betinanya. 

Nah itu dia fauna unik dan langka yang jarang diketahui manusia. ternyata sungguh menakjubkan ya semua yang ada di bumi ini. siapa yang sangka ada binatang-binatang seperti itu. untuk itu kita harus menjaganya ya guys, menjaga habitatnya, menjaga kehidupannya. Dengan begitu kita juga menjaga habitat dan kehidupan diri kita sendiri.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES