8 Hal Unik tentang Tisu Toilet yang Belum Kamu Tahu, Kok Bisa Ya?

www.keepo.me

Penggunaan tisu toilet untuk “bersih-bersih” gak banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kebanyakan masyarakat Indonesia memanfaatkan air untuk “bersih-bersih” setelah BAB. Tapi siapa sangka, benda sepele yang sering gak diperhatikan ini menyimpan banyak fakta-fakta menarik yang perlu kita ketahui. Kira-kira apa aja ya? Nah, ini dia 8 hal unik tentang tisu toilet yang pasti belum kamu tahu!

1. Tisu toilet pertama di dunia

izismile.com

Kira-kira di mana ya pertama kali tisu toilet dibuat? Amerika atau Eropa? Eits, jangan salah ya! Walaupun tisu toilet paling banyak digunakan di negara-negara Amerika dan Eropa, tisu toilet ini pertama kali dibuat di China lho! Faktanya, masyarakat China sudah menggunakan tisu toilet sejak abad ke-14. Tisu toilet yang pertama kali dibuat saat itu berukuran 2x3 inci atau sekitar 5x8 cm. Kok kecil banget ya? 

2. Tisu toilet modern pertama dibuat di Amerika

Alchetron.com

Nah! Kalau tisu toilet modern dengan bentuk yang sekarang kita kenal ini pertama kali dibuat di Amerika Serikat pada tahun 1857. Adalah Joseph Gayetti, pria asal Amerika Serikat, yang pertama kali punya inisiatif membuat tisu toilet. Fyi, sebelum pake tisu toilet, orang Amerika biasa memanfaatkan kertas-kertas dari buku bekas lho buat “bersih-bersih” setelah BAB. Untung ya Joseph Gayetti cepet-cepet bikin tisu toilet...

3. Tisu toilet untuk handphone

emprezio.com

Loh? Tisu toilet kok buat HP sih? Memangnya bisa? Datang dari negeri Sakura, tisu toilet yang satu ini bukan tisu biasa. Kalau kalian datang ke Jepang, kalian akan menemukan tisu toilet khusus untuk HP di toilet Bandara Narita. Hasil studi menyebutkan bahwa layar HP bisa mengumpulkan lebih banyak kuman daripada tempat duduk toilet, inilah alasan NTT Docomo, perusahaan telekomunikasi asal Jepang, membuat tisu toilet khusus HP. Soal inovasi, Jepang emang juaranya ya.

4. Tisu toilet dengan teknologi mesin scan wajah
cnn.com

Gak cuma Jepang lho yang punya tisu toilet canggih. Objek wisata Temple Heaven di Beijing, China, punya teknologi mesin scan wajah untuk setiap pengambilan tisu toiletnya. Mesin canggih ini akan menghafal wajah setiap orang yang masuk ke toilet, dan jika kembali dalam waktu kurang dari sembilan menit, secara otomatis mesin scan tidak akan mengeluarkan tisu toilet. Canggih sih, tapi penggunaan mesin ini masih banyak menuai pro dan kontra.

5. Cara membuang tisu toilet
villagehiker.com

Disiram atau dibuang ke tempat sampah? Hayo, yang mana nih kebiasaan kalian? Beberapa negara punya aturan khusus lho buat tata cara penggunaan tisu toilet. Di Jepang dan Australia, tisu toilet yang selesai kalian pake bisa langsung disiram di toilet. Dengan cara ini, toilet jadi lebih bersih dan nyaman. Berbeda dengan di Korea Selatan dan negara-negara Amerika, tisu toilet yang sudah dipakai justru gak boleh disiram di dalam toilet. Bisa bikin mampet katanya. 

6. Tisu toilet termahal di dunia

trendhunter.com

Biasanya kita bisa dapetin tisu toilet hanya dengan harga belasan ribu sampai puluhan ribu, tapi buat dapetin tisu yang satu ini, kita harus merogoh kocek yang sangat dalam. Bahkan amat sangat dalam sekali! Toilet Paper Man meluncurkan produk tisu toilet yang terbuat dari emas 24 karat yang dibandrol dengan harga 19,2 miliar! Ckckck, luar biasa kan harganya? Dengan harga yang selangit dan logam mulia sebagai bahan utamanya, tisu toilet ini sudah dijamin kok keamanan dan kenyamanannya. Kira-kira siapa ya yang pake tisu semahal ini? 

7. Tisu toilet di meja makan

kanal247.com

Tisu toilet di meja makan? Ya cuma di Indonesia! Mungkin kalian juga pernah menemukan tempat makan yang menyediakan tisu toilet di meja. Padahal, tisu yang seharusnya dipake membersihkan mulut adalah napkin tissue. Nah, kalian harus hati-hati ya untuk penggunaan tisu toilet. Tisu toilet mengandung bakteri bacillus yang jika digunakan untuk mulut bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Jadi, buat berjaga-jaga, sebaiknya bawa tisu dari rumah ya.

8. Bahan pembuat tisu

berpendidikan.com

Ada yang tau gak bahan utama pembuatan tisu toilet itu apa? Yap! Kayu. Sama seperti kertas, tisu juga dibuat dari batang kayu. Untuk memenuhi permintaan tisu toilet di seluruh dunia, setidaknya sekitar 10 juta pohon ditebang setiap tahunnya. Hmm, banyak banget ya. Makanya penggunaan tisu toilet di beberapa negara dibatasi sebagai usaha mengurangi penebangan pohon.

Di balik benda sederhana, seperti tisu toilet ini, ternyata terdapat berbagai fakta-fakta unik dan menarik kan. Mulai dari sejarah pembuatannya, tisu toilet yang canggih, cara memakai tisu toilet, harga tisu toilet yang selangit, sampai fakta mengejutkan di balik pembuatan tisu toilet. Nah, satu hal lagi nih, jangan boros! Kita harus menghemat penggunaan tisu sebagai bentuk kepedulian kita pada lingkungan. Kalau kita pake air? tetep gak boleh boros dong! Intinya, kita gak boleh memakai sesuatu secara berlebihan ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Meme “Mulai dari Nol” Ini Bakal Mengocok Perut Kamu Sampai Keram

7 Meme “Mulai dari Nol” Ini Bakal Mengocok Perut Kamu Sampai Keram

Seorang Guru Menghabiskan Waktu 70 Jam Untuk Mengubah Ruang Kelas Seperti Sekolah Hogwarts

Seorang Guru Menghabiskan Waktu 70 Jam Untuk Mengubah Ruang Kelas Seperti Sekolah Hogwarts

10 Barang Salah Desain Ini Bikin Tepok Jidat Banget, Pembuatnya Mikir Apaan Sih?

10 Barang Salah Desain Ini Bikin Tepok Jidat Banget, Pembuatnya Mikir Apaan Sih?

10 Orang Ini Pantas Dijuluki Master Keseimbangan, Kok Bisa Ya?

10 Orang Ini Pantas Dijuluki Master Keseimbangan, Kok Bisa Ya?

Gokil! Kamu Nggak Bakal Nyangka Kalau 10 Benda Unik Ini Adalah Telepon Umum

Gokil! Kamu Nggak Bakal Nyangka Kalau 10 Benda Unik Ini Adalah Telepon Umum

Siapa Sangka 9 Kreasi dengan Bentuk Unik Ini Terbuat dari Cokelat

Siapa Sangka 9 Kreasi dengan Bentuk Unik Ini Terbuat dari Cokelat

loading