7 Pesawat Terbang Berbentuk Aneh dengan Kisah-kisah di Baliknya

24 Juli 2017
|Monica Petra
0SHARES

Manusia selalu tidak pernah kehilangan akal untuk bisa menciptakan sesuatu yang bisa mempermudah kehidupannya. Salah satunya adalah sarana transportasi. Pesawat terbang bisa dibilang adalah sarana transportasi yang tercepat saat ini. Tapi taukah kamu kalau ternyata ada berbagai bentuk pesawat terbang yang unik yang pernah diciptakan di dunia dengan beragam tujuan? Yuk, simak berikut ini.

1. Nemuth Parasol

Pada tahun 1934, Nemuth Parasol, dibuat oleh seorang mahasiswa di Universitas Miami. Pesawat ini bahkan memiliki sayap melingkar yang dapat digunakan untuk menerbangkan pesawat dengan handal. Ratusan tahun dari sekarang, tampaknya prinsip desain pesawat ini akan diadopsi untuk pesawat ruang angkasa yang lebih canggih kelak.

2. Scaled Composites Model 281 Proteus

Burt Rutan merancang tandem-wing Scaled Composites Model 281 Proteus yang tipis dan pertama kali diterbangkan pada akhir tahun 1990-an, dalam rangka menyelidiki penggunaan pesawat sebagai sarana penyampaian telekomunikasi di ketinggian. Berkat desainnya yang efisien, pesawat model ini mampu terbang di ketinggian 65.000 kaki selama lebih dari 18 jam.

3. Grumman X-29

Pada tahun 1984, Grumman X-29 membuktikan bahwa pengangkatan sayap jet tidak akan terganggu meskipun sayapnya miring terbalik. Untuk X-29, seperti kebanyakan pesawat penelitian, perhitungan hati-hati selama bertahun-tahun telah dilakukan sebelum tes penerbangan.

4. Sikorsky X-Wing

Sikorsky X-Wing dibangun untuk menggabungkan kecepatan dan mekanisme pendorong jet dengan kemampuan lepas landas dari helikopter. Sayangnya, program ini dibatalkan pada tahun 1988, lama setelah kesuksesan X-Wing yang pertama.

5. Rutan Model 202 Boomerang

Model Rutan 202 Boomerang dibuat tidak simetris untuk alasan yang berbeda satu sama lain. Pesawat tahun 1996 ini dibangun untuk tetap dapat dikontrol jika terjadi kegagalan mesin pada salah satu mesin kembar.

6. Lockheed Martin P-791

Lockheed Martin P-791 yang modern dibangun untuk menggabungkan kecepatan tinggi sebuah pesawat terbang dengan daya apung pesawat terbang. Lockheed Martin masih membuat dan menjual maha karya combo ini yang menurutnya bisa bertahan hingga 20.000 kaki sampai tiga minggu.

7. Goodyear Inflatoplane

Pada tahun 1950an, pembuat ban Goodyear menciptakan pesawat seperti di atas sebagai prototip untuk Angkatan Bersenjata AS. Sayangnya, Angkatan Darat membatalkan proyek tersebut saat menyadari bahwa tidak banyak penggunaan militer untuk pesawat yang bisa muncul seperti balon. 

Itulah 7 pesawat dengan desain yang unik. Kamu berharap bisa naik di salah satu pesawat itu? Atau kamu juga ingin merancang pesawat yang unik? Boleh dong share cerita-cerita kamu di kolom komentar ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES