7 Penampakan Awan Ini Lebih Indah dari Awan Bentuk Lurus di Kulonprogo, Jogja

www.tribunnews.com

Warga daerah Kulonprogo, Jogja dihebohkan dengan penampakan awan yang berbentuk lurus pada Senin (24/4/2017) siang kemarin. Putra Ragil dan Jack Pangeran Buana menyaksikan dengan jelas fenomena alam langka tersebut dan mengabadikan melalui kamera ponsel mereka. Mereka lantas menyebarluaskan ke media sosial, dikutip dari tribunenws.com. Melihat kejadian ini, warga Kulonprogo spontan berdoa bersama dan berharap agar tidak terjadi peristiwa buruk yang menimpa mereka.

Fenomena alam langka ini pernah diteliti oleh penduduk China dan Italia ratusan tahun yang lalu. Memang, menurut dokumen Lon-De Country Cronicle ada gempa yang terjadi setelah awan berbentuk lurus ini terlihat jelas di angkasa pada tahun 1935. Kejadian gempa berskala 7,7 SR yang terjadi juga cukup dahsyat menewaskan ribuan orang di Iran pada 20 Juni 1990 dan gempa 6,1 SR di Afganisthan pada 7 Februari 1997.

Itulah mengapa warga Kulonprogo takut dan menganggap penampakan awan lurus ini masuk dalam kategori Kagida Cloud yang menentukan episentrum terjadinya gempa. Nah, daripada merasa memiliki perasaan mencekam, lebih baik kita amati saja penampakan awan yang lebih indah dari awan bentuk lurus di Kulonprogo ini yuk.

1. Mammatus cloud

apod.nasa.gov

Kita bisa melihat awan yang bentuknya seperti balon-balon terbalik seperti yang pernah terjadi di kota Santiago, Texas tahun 2009. Awan-awan ini menggelembung tampak lembut dan halus karena terbentuk dari air dan kristal es bahkan membentang jauh. Tapi, meskipun tampak cantik, fenomena alam ini juga menandakan akan terjadi badai besar.

2. Gumpalan awan jatuh dari langit

www.tribunnews.com

Fenomena ini bikin kaget warga Doukkala, Maroko karena awannya tidak tercerai-berai sekalipun sudah berada di daratan. Gumpalan awan ini jatuh karena angin kencang dan menggelinding di jalanan. Ada banyak orang berpendapat jika fenonema langka ini terjadi karena ada intervensi dari makhluk luar angkasa.

3. Cirrus cloud

s-media-cache-ak0.pinimg.com

Kita bisa terpesona dengan awan yang bentuknya bagaikan bulu-bulu burung yang terbentang luas di langit. Awan ini bergerak sangat cepat tergantung angin membawanya ke arah yang bervariasi. Kita dapat melihat fenomena alam ini sebatas 8.000 meter di atas permukaan tanah. 

4. Rainbow cloud

yournewswire.com

Awan pelangi ini tampak di Ocho Rios, Jamaica, pada tahun 2006, dan penampakan ini diabadikan oleh Beckie Bone Duning wanita asal Belleville, Illinois. Awan yang terbentuk dari butiran es ini terlihat tidak menutupi matahari, dan dengan indahnya menunjukkan pesonanya. Sinar matahari yang terkena ke awan yang menimbulkan awan ini berwarna-warni.

5. Awan spiral

images.gawker.com

Bentuk awan spiral ini terjadi saat matahari terbenam sehingga warnanya tidak putih seperti pada umumnya tapi jingga. Kejadian yang terekam jelas melalui kamera seorang wartawan pada awal Desember 2014 ini merupakan efek dissipation trail kombinasi awan putih dengan matahari terbenam sehingga menciptakan citra yang spektakuler.

6. Lenticular clouds

wildcardweather.files.wordpress.com

Awan berlapis ini terbentuk dari udara lembab yang mengalir di atas puncak gunung. Meskipun kelihatan unik seperti lensa atau piring, tapi pilot pesawat sangat menghindari berada di dekat awan ini karena dapat menyebabkan turbulensi pada pesawat yang sangat kuat. 

7. Punch Hole cloud

whyfiles.org

Fenomena ini terjadi saat suhu air pada awan ada di bawah titik beku tapi belum sampai membeku lantaran kurangnya partikel es. Setelah itu terjadi efek domino yang membuat uap air membeku dan jatuh ke bumi sehingga menyebabkan lubang besar di langit.

Fenomena alam boleh terjadi dan membuat kita bertanya-tanya tentang apakah yang akan terjadi setelahnya, tapi prediksi manusia tetap saja bisa meleset. Jadi, yang bisa kita lakukan ya terus berdoa dan bersyukur untuk kehidupan ini. Semuanya tidaklah lepas dari kehendak Sang Pencipta alam semesta yang Maha Agung dan Mulia.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ooho Balls, Gelembung Air Minum yang Bisa Dikonsumsi dan Ramah Lingkungan

Ooho Balls, Gelembung Air Minum yang Bisa Dikonsumsi dan Ramah Lingkungan

Inilah Fakta dari Kopi Bening yang Gak Bisa Bikin Gigimu Kuning

Inilah Fakta dari Kopi Bening yang Gak Bisa Bikin Gigimu Kuning

Keunikan Golongan Darah B Ini Bikin Orang Lain Penasaran Ingin Kenal

Keunikan Golongan Darah B Ini Bikin Orang Lain Penasaran Ingin Kenal

Uniknya Kartu Nama Beberapa Tokoh Dunia Ini Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Uniknya Kartu Nama Beberapa Tokoh Dunia Ini Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Foto Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik Ini Bakal Bikin Kamu Kaget!

Foto Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik Ini Bakal Bikin Kamu Kaget!

Wow, Inilah 7 Cara Menyapa Terunik yang Ada di Dunia

Wow, Inilah 7 Cara Menyapa Terunik yang Ada di Dunia

loading