7 Masjid dengan Bangunan dan Desain Arsitektur Paling Unik di Indonesia

02 September 2017
|Reza Pratama

Terdapat berbagai macam bangunan unik di Indonesia. Mulai dari bangunan peninggalan bersejarah hingga tempat-tempat ibadah seperti candi. Berbicara soal tempat ibadah, sudah tentu masjid adalah tempat ibadah yang paling banyak ditemui di Indonesia. Karena mayoritas penduduk orang Indonesia sendiri adalah umat muslim. Dari banyaknya masjid-masjid yang tersebar di Indonesia, beberapa di antaranya memiliki bentuk dan desain yang unik. Bahkan ada yang terlihat bukan seperti masjid. Nah, berikut tujuh masjid dengan bangunan dan bentuk paling unik di Indonesia.

1. Masjid Perut Bumi

Sesuai dengan namanya, Masjid Ashabul Kahfi Perut Bumi Al-Magribi atau yang biasa dipanggil Masjid Bumi memang terletak di bawah tanah atau di perut bumi. Masjid yang berada di Tuban, Jawa Timur ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah. Namun akhirnya tempat ini diubah menjadi sebuah masjid indah oleh seorang Kyai bernama Subchan Mubarok. Di dalamnya terdapat beberapa ornamen bahasa Arab dan aksara Jawa Kuno.

2. Masjid Perahu

Jika dilihat dari luar, memang tak tampak seperti masjid pada umumnya. Mungkin lebih terlihat seperti tempat wisata. Masjid Agung Al-Munada Darussalam Baiturrahman atau yang lebih dikenal Masjid Perahu ini memang memiliki bentuk layaknya kapal perahu. Masjid ini terletak di daerah Casablanca, Jakarta Selatan. Bangunan yang berbentuk perahu tersebut merupakan tempat wudhu dan toilet. Di masjidnya senduri terdapat beberapa batu giok yang menghiasi bagian teras perpustakaan masjid.

3. Masjid Baabul Manawwar

Masjid yang diresmikan pada bulan Juni tahun 2015 ini terletak di kawasan pertambangan PT Freeport, Timika, Papua. Tentu yang menjadikan masjid ini terlihat unik adalah lokasinya yang berada 1.760 meter di bawah tanah. Walaupun telihat sempit, Masjid Baabul Manawar ini bisa menampung sekitar 250 jamaah.

4. Masjid Apung Amirul Mukminin

Tak hanya pasar saja yang mengapung, ternyata ada salah satu masjid di Makassar yang dijuluki sebagai Masjid Terapung. Tentu masjid ini dinamai Masjid Terapung karena letaknya berada di atas Pantai Losari, Makassar. Masjid Amirul Mukmini ini akan terlihat sangat indah ketika malam hari. Suasana sejuk pun bisa kamu rasakan ketika berada di dalam masjid. 

5. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid yang memiliki bentuk seperti rumah gadang khas Sumatera Barat ini merupakan masjid terluas dan terbesar di Kota Padang dengan luas mencapai 40.343 meter persegi. Masjid megah ini mampu menampung sebanyak 6.000 jamaah. Bangunan masjid ini pun memiliki corak bermotif kain songket dengan bertuliskan kaligrafi.

6. Masjid Agung An-Nur

Mungkin kamu familiar dengan masjid yang satu ini. Yup, Masjid Agung An-Nur memang sepintas terlihat menyerupai Taj Mahal di India. Masjid Agung An-Nur sendiri terletak di Pekanbaru, Riau.

7. Masjid Al-Irsyad

Masjid yang terletak di Kota Parahyangan, Bandung Barat, ini memiliki bentuk kubus layaknya Ka’bah. Ada sekitar 15 ribu arsitek yang ikut berperan dalam pembangunan Masjid Al-Irsyad. Salah satunya adalah Wali Kota Bandung saat ini, Ridwan Kamil. Suasa tentram dan tenang bisa kamu rasakan ketika sedang berada di dalam masjid ini.

Itulah 7 masjid di Indonesia yang memiliki bentuk bangunan unik di Indonesia. Bagaimanapun bentuknya, fungsi masjid tetaplah sebagai tempat ibadah umat muslim. Megah atau tidaknya sebuah masjid tidak berpengaruh terhadap pahala umat muslim yang ikut beribadah di dalamnya. Lebih baik masjid dalam keadaan seadanya namun tetap terisi penuh di kala waktu salat, dibanding masjid megah namun hanya sedikit jamaahnya. Terlepas dari itu semua, masjid mana menurutmu yang memiliki bentuk bangunan paling unik?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
SHARES