7 ‘Kebun Binatang’ Ini Pamerkan Manusia di Dalamnya

blogs-images.forbes.com

Apa yang pertama kali terbayang ketika kamu mendengar “Kebun Binatang”?  Pastinya hal yang terlintas di pikiran kamu adalah flora dan fauna, tamasya, liburan dan hal-hal menyenangkan lainnya. Tapi tahu nggak kamu ternyata kebun binatang nggak selalu identik dengan binatang dan hal-hal yang menyenangkan. Dulu, di daratan Eropa pernah ada kebun binatang yang penghuninya bukan hewan-hewan lucu melainkan manusia. Kebun-kebun binatang tersebut memamerkan manusia dari berbagai belahan dunia sebagai daya tariknya. Jahat banget kan? Kalau kamu belum percaya juga, berikut 7 foto dari kebun binatang manusi yang bakal bikin kamu geleng-geleng kepala sambil elus dada:

1. Kebun Binatang Brussel, Belgia

www.theplaidzebra.com

Dulu di Brussel, Belgia pernah ada kebun hewan berisi manusia. Kebun binatang tersebut menjadikan anak perempuan asal Afrika sebagai bahan tontonan di kebun hewan. Duh, kok tega banget ya?

2. . Tur Selk’nam

4.bp.blogspot.com

Kalau tadi anak perempuan dari Afrika, yang ini foto dari suku Selk’Nam. Suku ini bernasib sama harus menjadi bahan tontonan para pengunjung kebun hewan. Foto ini sendiri katanya diambil sektar tahun 1889. 11 orang suku Selk’Nam ini dimasukan ke dalam sangkar dan dibawa tur keliling Eropa sebagai bahan pertunjukan. Carl Hagenbeck yang membawa mereka dipercaya sebagai pionir atau orang pertama dengan ide membuat kebun hewan berisi manusia.

3. Kisah Ota Benga

blog.encyclopediavirginia.org

Ota Benga adalah seorang warga asli Kongo. Pria ini sempat dijadikan bahan totntonan di kebun hewan Bronnk, New York pada tahun 1906. Ota Benga sendiri pada awalnya dibawa ke Amerika Serikat oleh Dr.Samuel P. Verner dari perbudakan di Sungai Kasai Kongo. Namun malang di Amerika pun ia dipaksa untuk tampil sebagai tontonan dengan menggengdong orang utan di kebun binatang Bronx, New York.

4. Sarah Bartman

media.keepo.me

Sarah Bartman masih berusia 20 tahun ketika ia direkrut oleh pedagang binatang pada tahun 1810. Bartman diming-imingi uang dan popularitas. Dengan kondisi fisiknya yang berbeda (Sarah memiliki bentuk bokong yang sangat menonjol), ia dijadikan bahan tontonan. Gadis ini bahkan dikenalkan ke publik sebagai sesuatu yang baru dan eksotis. Nggak mendapatkan uang yang dijanjikan, Bartman meninggal dunia dalam keadaan miskin. Bukannya mendapatkan pemakaman yang layak, otak, tengkorak bahkan alat vitalnya malah sempat dijadikan koleksi di Museum of Mankind, Paris hingga tahun 1974.

5. Kebun binatang manusia di Paris

media.keepo.me

Di masa lampau, Paris menjadi kota di Eropa yang memiliki kebun hewan yang memamerkan manusia dalam jumlah dan kapasitas yang besar. Dalam kebun binatang ini terdapat enam desa, masing-masing desa merupakan representasi dari Madagascar, Indochina, Sudan, Kongo, Tunisia dan Maroko. Keenam daerah tersebuat merupakan wilayah jajahan Prancis pada masa itu. Kebun binatang ini pun sempat dikunjungi oleh jutaan orang kala itu.

6. Kampung Negro, Jerman

2.bp.blogspot.com

Sama seperti Prancis, Jerman juga punya kebun binatang yang memamerkan manusia. Kebun binatang ini dikenal dengan nama Negro Village alias Kampung Negro. Tontonan utama di kebun hewan ini adalah Ibu dan Anak dari Afrika yang hidup di dalam pagar dan jeruji.

7. Suku Kawesar

media.keepo.me

Selain suku Selk’Nam dari Amerika Selatan, ada juga lima orang India yang dijadikan bahan pertunjukan di Eropa. Merkea adalah suku Kawesar yang diculik dari kampung halamannya. Ironis mereka semua meninggal dalam waktu satu tahun.

Gimana perasaan kamu setelah lihat foto-foto ‘kebun hewan’ manusia dari masa lampau? Sedih banget kan, ternyata manusia bisa sejahat dan sekejam itu dengan sesamanya manusia. Semoga kita semua bisa belajar dari sejarah kelam di masa lalu bahwa terlepas dari segala perbedaan, kita semua adalah manusia yang sama dan setara di mata Tuhan apapun latar belakang kita.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
11 Jalanan Paling Berbahaya di Dunia ini Ternyata Juga Menawarkan Keindahannya!

11 Jalanan Paling Berbahaya di Dunia ini Ternyata Juga Menawarkan Keindahannya!

Begini Nih Kelakuan Para Hewan Ketika Sedang Naik Pesawat!

Begini Nih Kelakuan Para Hewan Ketika Sedang Naik Pesawat!

Intip Cozy-Nya Terbang Bersama Maskapai Terbaik Di Dunia

Intip Cozy-Nya Terbang Bersama Maskapai Terbaik Di Dunia

Ternyata Selebgram Terkenal Ini Nggak Ada yang Tahu Wajahnya Lho!

Ternyata Selebgram Terkenal Ini Nggak Ada yang Tahu Wajahnya Lho!

Gokil! 10 Foto Ini Membuktikan Punya Tubuh Tinggi Ternyata Enggak Selalu Enak!

Gokil! 10 Foto Ini Membuktikan Punya Tubuh Tinggi Ternyata Enggak Selalu Enak!

7 Produk Makanan Kaleng Ini Sangat Nggak Biasa! Mau Nyicip?

7 Produk Makanan Kaleng Ini Sangat Nggak Biasa! Mau Nyicip?

loading