7 Kebiasaan yang Harus Berhenti Kamu Lakukan! Bisa Bikin Otak Rusak!

12 Desember 2016
|Rhesa Leo

Kalau ada bagian tubuh yang bekerja paling keras setiap harinya, mungkin dia adalah otak. Selain bekerja keras otak juga merupakan salah satu organ tubuh yang paling vital bagi semua makhluk hidup. Ada kerusakan dikit aja bakal langsung ngefek banget ke kesehatan kita. Nah, berhubung fungsi otak sangat vital, keesehatan otak penting banget untuk selalu dijaga. Tapi tanpa kamu sadari ternyata nih ya, menurut WHO kebanyakan orang sering melakukan kebiasaan buruk yang bisa merusak otak. Apa aja kebiasaanya? Cekidot!

1. Menutup kepala saat tidur

Siapa yang punya kebiasaan kayak gini nih? Biasanya kalau kamu tidur dengan suasana terang, biasanya kita suka refleks menutupi kepala. Tapi ternyata kebiasaan tidur sambil nutup kepala ini bakalan ningkatkan konsentrasi zat karbondioksida yang bisa berdampak pada kerusakan otak. Mulai sekarang lebih baik kamu tidur dengan kondisi gelap, selain kepala kamu nggak perlu dihalangi oleh bantal lagi, tidur dalam kondisi gelap juga bisa bikin tubuh lebih fresh keesokan harinya.

2. Nggak pernah sarapan

Karena padatnya aktivitas, kesiangan, belum lapar dan lain-lain, banyak orang melewatkan sarapan di pagi hari. Padahal sarapan itu penting banget buat tubuh lho. Dengan sarapan tubuh menjadi lebih fit. Mereka yang nggak sarapan juga disinyalir punya kadar gula darah rendah, yang berakibat minimnya suplai nutrisi ke otak.

3. Makan dengan porsi besar

Terlalu banyak makan, apalagi makanan-makanan berlemak tinggi bisa bikin pembuluh darah otak mengeras akibat penimbunan lemak di dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak bakal turun alias lemot.

4. Terlalu banyak konsumsi gula

Selain makanan berlemak tinggi, makanan dengan kadar gula yang tinggi juga perlu kamu hindari. Konsumsi gula yang terlalu banya berdampak kepada terganggunya penyerapan protein dan nutrisi yang bikin perkembangan otak terganggu.

5. Menghirup polusi udara

Kamu tahu nggak? Otak adalah organ tubuh yang paling banyak mengkonsumsi oksigen di tubuh manusia. Dengan menghirup udara berpolusi, sangat berpengaruh terhadap turunnya suplai oksigen ke otak sehingga berdampak pada turunnya efisiensi otak.

6. Jarang ngobrol

Komunikasi ternyata sangat dibutuhkan untuk memacu kemampuan kerja otak. Jarangnya komunikasi bakal bikin kemampuan intelektual otak berkurang. Jadi ngerumpi itu ternyata salah satu olahraga otak lho.

7. Kurang tidur

Otak butuh istirahat untuk memulihkan kemampuannya dan istirahat untuk otak adalah saat tidur. Minimal otak butuh tidur sekitar 6-8 jam setiap harinya. Kekurangan tidur dalam waktu yang lama sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kerusakan sel-sel otak.

Untuk menjaga kesehatan otak sebenarnya nggak susah kan? Dengan menjauhi 7 kebiasaan-kebiasaan di atas bisa bikin otak kamu tetap sehat dan cerdas.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
SHARES