7 Jenis Vespa Paling Langka Ini Paling Banyak Dicari oleh Para Pencinta Vespa

18 Juli 2017
|Reza Pratama
16SHARES

Motor Vespa memang menjadi salah satu kendaraan roda dua yang menjadi banyak incaran orang, terutama para pencinta skuter. Menjadi salah satu merek motor tertua di dunia membuat pabrikan asal Italia ini banyak dikoleksi oleh para kolektor motor antik. Vespa pertama kali diproduksi pada tahun 1943. Semakin lama usia dari vespa tersebut, maka akan semakin tinggi nilai jualnya.  

Namun, setinggi apa pun harga sebuah Vespa yang tergolong langka bukanlah menjadi persoalan untuk para pengoleksi motor antik. Walaupun sekarang Piaggio masih memproduksi motor Vespa dengan berbagai macam model baru, bukan berarti desain Vespa yang lama telah ditinggalkan. Justru banyak orang yang masih memburu Vespa dengan model lama. Nah, berikut tujuh jenis Vespa paling langka yang banyak diburu orang. 

1. Vespa MP5 Peprino, 1943

MP 5 Peprino menjadi jenis Vespa yang pertama kali diproduksi pada tahun 1943. Karena merupakan Vespa yang paling tua, Vespa ini pun menjadi salah satu jenis yang paling langka dan paling diburu banyak pencinta skuter antik. Namun, pihak Piaggio sendiri kurang begitu menyukai bentuk dari jenis MP 5 Peprino ini. 

2. Vespa MP 6 Prototype, 1945

Diproduksi pada tahun 1946, Vespa jenis MP 6 Prototype ini menjadi jenis Vespa yang dianggap sebagai awal mulanya Vespa mulai dikenal sebagai pelopor skuter antik di seluruh dunia. 

3. Vespa 98, 1946

Walaupun nama jenisnya adalah Vespa 98, namun bukan berarti Vespa ini diproduksi pada tahun 1998. Vespa 98 diproduksi pada tahun 1946 dengan desain yang dibuat khusus mengikuti jalanan di Eropa yang pada saat itu masih dalam kondisi yang tidak baik. 

4. Vespa 98cc Race, 1947

Pada tahun 1947, jalanan di Italia mulai dipenuhi dengan berbagai macam jenis Vespa. Pihak Piaggio pun memanfaatkan hal ini dengan mengeluarkan jenis Vespa 98 cc Race dengan kecepatan yang lebih agresif dari jenis-jenis Vespa sebelumnya. 

5. Vespa 125 Circuito, 1949

Pada tahun 1949, Piaggio mengelurkan jenis Vespa terbaru dengan model yang agak unik dari jenis-jenis sebelumnya. Dengan 125 cc, Vespa 125 Circuito diciptakan dengan tujuan mengedepankan sektor otomotif yang lebih gesit dan bertenaga. 

6. Vespa 125 U, 1953

Vespa 125 U yang diproduksi pada tahun 1953 adalah jenis Vespa yang paling banyak diburu para kolektor skuter antik di seluruh dunia. Piaggio hanya memproduksi sekitar 7 ribu unit saja, maka tak heran jika Vespa jenis ini tergolong sangat langka. Vespa 125 U juga merupakan Vespa pertama yang menggunakan lampu di stangnya. 

7. Vespa 150 Side Car, 1955

Vespa jenis ini menjadi buruan para kolektor skuter antik karena bentuknya yang tergolong sangat unik. Vespa ini pun menjadi Vespa pertama yang menggunakan mesin 150 cc. Performanya yang bandel mendapat banyak pujian dari banyak orang. 

Itulah tujuh jenis Vespa yang paling langka dan diburu oleh banyak orang. Jika dibandingkan dengan beberapa motor racing zaman sekarang, kecepatan Vespa memang masih kalah jauh. Namun, bukan itu alasan orang-orang mengincar motor antik seperti Vespa, melainkan karena bentuknya yang terbilang antik, serta sejarah dari motor Vespa itu sendiri. Saking banyaknya yang mencintai Vespa, komunitas Vespa di Indonesia pun memiliki anggota terbanyak di dunia setelah Italia. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
16SHARES