7 Jenis Kerupuk di Indonesia Ini Bikin Nafsu Makan Bertambah!

05 Desember 2016
|Puspita Yuniastuti
Unik
0SHARES

Selain nasi, lidah orang Indonesia juga paling gak bisa dipisahkan oleh kerupuk. Setiap makan, pasti harus ada kerupuk, bener gak? Kalau gak ada tuh rasanya kayak ada yang kurang! Coba nih intip 7 jenis kerupuk yang biasa kamu temukan di Indonesia, kira-kira yang mana nih kerupuk favoritmu?

1. Kerupuk Putih

Ini sih udah pasti bisa kamu temukan di mana-mana. Sebenarnya nama aslinya adalah kerupuk uyel, tapi karena banyak yang tidak tahu, makanya sampai sekarang orang lebih sering menyebutnya kerupuk putih saja. Kerupuk yang satu ini entah kenapa cocok dimakan dengan menu apa saja. Setuju kan?

2. Kerupuk Udang

Salah satu tempat dimana kamu sering menemukan kerupuk udang pasti adalah di kondangan? Hahaha tapi tau gak kamu kalau kerupuk udang ini asalnya dari Sidoarjo lho. Ini salah satu kerupuk yang populer juga di Indonesia karena rasnaya yang gurih dan enak!

3. Kerupuk Ikan

Selain udang, ikan juga punya kerupuk! Kerupuk ikan yang warnanya lebih putih dan bentuknya cenderung lebih kecil-kecil ini juga enak dinikmati dengan menu apa saja. Bahkan dicemilin sambil nonton juga enak.

4. Kerupuk Kulit

Kerupuk kulit atau rambak adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau. Biasanya proses pembuatan kerupuk ini bisa sampai 3 hari dan siap untuk digoreng. Kerupuk ini bakal bertambah kelezatannya kalau kamu menghidangkannya dengan seporsi sate padang. Beeeh! Mantap!

5. Kerupuk Emping

Sebagian orang banyak yang bilang kerupuk ini pahit atau tidak berasa. Karena kerupuk ini asalnya terbuat dari biji melinjo yang rasanya memang agak pahit. Tapi untuk kerenyahannya sih gak perlu ditanya dan diragukan lagi! Emping, sulit untuk dipisahkan dengan berbagai sajian soto atau bubur ayam.

6. Kerupuk Mie Kuning

Makan rujak atau asinan, kerupuk ini pasti selalu menemani. Warnanya yang cerah dan teksturnya yang abstrak membuat kerupuk ini malah bikin ketagihan sebagian orang. Kerupuk mie kuning ini diproduksi di Jawa Tengah. Tapi untung saja di Jakarta tidak sulit ya menemukannya!

7. Kerupuk Kuku Macan

Namanya serem! Tapi rasanya? Enak banget! Kerupuk kuku macan atau amplang sebenarnya juga salah satu jenis kerupuk ikan lho. Tapi bentuknya yang unik dan menyerupai kuku macan membuatnya disebut kerupuk kuku macan. Asal muasal kerupuk kuku macan juga masih menjadi tanda tanya besar, tapi, ada yang bilang bahwa kerupuk kuku macan ini berasal dari Pulau Kalimantan tepatnya Samarinda dan Balikpapan karena di sana, banyak sekali yang menjualnya. Jangan takut digigit ya setelah makan ini..

Itu dia tadi ke-7 jenis kerupuk yang bisa kamu temukan. Sebenarnya sih masih banyak yang lainnya seperti kerupuk warna warni yang biasa kamu temukan kalau makan bubur ayam, kerupuk karak bawang, kemplang. Wah, kalau disebutin semua bakal semaleman deh selesainya. Tapi diantara ke-7 kerupuk di atas, yang mana nih favoritmu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Puspita Yuniastuti
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES