6 Kuliner Unik Indonesia yang Harus Kamu Coba. Jadi Bukti Negara Kita Kaya

06 Januari 2018
|Muhammad Multazam
0SHARES

Indonesia memang memiliki ragam keunikan yang tidak dimiliki negera lain. Bahkan sampai kuliner Indonesia ada beberapa yang cukup unik. Beragam kuliner unik ini pun menjadi bukti bahwa Indonesia memang negara yang kaya. Percaya atau tidak, deretan makanan ini walaupun unik, tapi rasanya tetap enak lho. Saat berkunjung ke daerah asalnya, kamu harus mencicipi beragam kuliner unik ini.

Penasaran apa saja kuliner unik dari Indonesia? Yuk langsung cek aja daftar di bawah ini.

1. Botok Tawon

Pernah tidak membayangkan apa rasanya sarang tawon? Inilah kuliner unik Indonesia yang pertama. Botok Tawon adalah kuliner yang terbuat dari "Telur-telur hitam" yang tampak di dalam lubang. Telur hitam tersebut adalah lebah muda atau larva yang masih di dalam sarangnya.

2. Gulai Siput

Bagian sebagian orang tentunya siput merupakan salah satu hewan yag menjijikan. Namun tidak halnya dengan para pecinta kuliner gulai siput. Gulai ini terbuat dari bahan utama siput dan ditambahkan bumbu berempah.

3. Bubur Sagu / Papeda

Papeda merupakan salah satu makanan paling populer di Indonesia bagian timur, mulai dari Sulawesi, Maluku, dan Papua. Papeda berupa sagu yang disirami air panas, dan diaduk sehingga menjadi semacam bubur. Uniknya Papeda dimakan bersama ikan tongkol yang dibumbui dengan kunyit.

4. Ampiang Dadiah

Ampiang Dadiah merupkan kuliner hasil kombinasi dari pada ampiang dan dadiah. Ampian adalah jenis makanan yang terbuat dari beras ketan. Bentuknya cukup unik, namun jangan salah Ampiang Dadiah ini sangat lezat. Sekilas makanan ini mirip dengan es krim, namun bedanya tidak dingin seperti es krim.

5. Pipis Kopyor

Kuliner ini merupakan salah satu makanan ringan dari jawa tengah. Makanan ini dibuat dengan kelapa muda, roti, dan juga ada sedikit tambahan santan.

6. Tempoyak

Selain enak dimakan secara langsung, durian yang difermentasi juga memiliki cita rasa yang tidak kalah enak. Tempoyak merupakan salah satu kuliner hasil fermentasi durian inilah yang membuatnya cukup unik. Kuliner ini biasa disantap bersama nasi. Bisa bayangin nggak apa jadinya durian kalau dimakan pakai nasi?

Jadi mana nih kuliner unik asli Indonesia yang tak sabar buat kamu cicipin?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Multazam
"personal blog mltazam.com"
0SHARES