5 Gubernur Legendaris yang Sukses Memimpin Jakarta Ini Ikut Warnai Pilkada Besok

14 Februari 2017
|Yuniar Dwi Setiawati
0SHARES

Menjelang Pilkada besok (15/2), semua warga Jakarta sudah mulai mempersiapkan diri. Mereka sangat memperhitungkan pilihannya. Kali ini, 3 Pasangan Calon kandidat Gubernur terpilih (Agus-Sylvi, Basuki-Djarot, dan Anies-Sandi) juga pastinya sudah mempersiapkan diri untuk dipilih warga Jakarta. Tak mungkin juga kan kota tercinta Jakarta hancur lebur karena salah dipimpin oleh Gubernur yang tidak tepat? Dulunya aja Jakarta juga dibangun dengan jerih lelah yang amat bernilai. Pembangunan kota tercinta ini bernilai karena tak lepas juga dari kepemimpinan Gubernur sebelumnya lho.

Kali ini untuk mewarnai berita pilkada besok, YuKepo akan menampilkan 5 sosok Gubernur legendaris Jakarta yang sukses berprestasi pada zamannya? Kamu penasaran kan? Tengok yuk!

1. Sudiro

Gubernur Sudiro menjadi gubernur pada periode 1953-1960. Dalam kepemimpinannya, beliau berhasil memecah kota Jakarta menjadi 3 kabupaten: Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Selain itu, beliau juga memperkenalkan pembentukan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

2. Ali Sadikin

Gubernur yang akrab dipanggil Bang Ali ini menjabat pada tahun 1966. Beliau berjasa karena sudah berhasil membuat Jakarta sebagai kota metropolitan, salah satunya juga terlihat dari pembangunan proyek wisata dan pelestarian budaya Betawi.

3. Tjokropranolo

Gubernur ini menjabat tahun 1977. Beliau yang akrab dipanggil Bang Nolly rajin sekali mengunjungi pabrik untuk melihat kesejahteraan buruh yang bekerja disana. Beliau juga sangat konsen terhadap usaha kecil menengah masyarakat, perlahan-lahan pun akhirnya Jakarta menjadi kota yang maju.

4. Sutiyoso

Gubernur Sutiyoso ini yang memulai ide tentang pengadaan transportasi bus TransJakarta yang ketika diterapkan, terbukti sangat membantu mengurangi pengguna kendaraan pribadi. Tak hanya itu, warga Jakarta pun menjadi nyaman berkeliling dengan alat transportasi ini.

5. Ahok

Gubernur yang satu ini pasti tahu kan? Meski terkenal gaya bicaranya ceplas-ceplos, gubernur ini cukup banyak membantu warga Jakarta. Contohnya pengadaan Kartu Jakarta Pintar (KJP), pembenahan pemukiman sehat dan upaya pembersihan saluran air. Gak banjir lagi kan?

Gubernur legendaris ini terkenang karena dampak yang diberikan di kota Jakarta ini juga lumayan dirasakan oleh warga. Tapi percayalah, siapapun gubernur yang terpilih dalam pilkada besok untuk memimpin Jakarta pastilah yang terbaik. Dukunglah mereka selama mereka punya ketulusan hati membangun kota Jakarta menjadi lebih baik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Yuniar Dwi Setiawati
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES