5 Burung Cantik di Dunia Ini Sudah Langka dan Terancam Punah. Pernah Lihat?

21 Februari 2018
|Chandra W.
23SHARES

Ada banyak sekali spesies di dunia ini yang terancam punah karena pemanasan global yang berdampak pada perubahan habitat tempat mereka tinggal, termasuk berbagai spesies burung. Habitat mereka di alam liar terganggu akibat aktivitas manusia, misalnya pada hutan yang dibabat untuk perkebunan, ataupun karena bencana alam. Apa saja ya burung langka yang terancam punah dan sudah langka? YuKepo sudah merangkumkannya nih buat kamu.

1. Burung Takahe dari Selandia Baru

Burung langka ini tidak dapat terbang seperti halnya kasuari, penguin, dan puyuh. Sebenarnya Takahe yang memiliki nama latin Porphyrio hochstetteri ini sempat dinyatakan punah dulu karena tidak dapat ditemukan lagi. Namun setelah beberapa saat burung ini kembali ditemukan, kini statusnya terancam punah.

2. Burung Nipponia nippon dari Jepang

Dari namanya saja sudah ketahuan ya burung ini berasal dari mana. Yup dari negeri sakura. Burung cantik berwarna putih ini jumlahnya memang sangat sedikit di alam bebas. Pemerintah Jepang pun kini berupaya mengembangbiakkan Nipponia nipon untuk menjaga populasinya.

3. Jalak Bali

Burung putih bercorak biru ini semakin langka karena perburuan ilegal yang dilakukan manusia. Jalak Bali diburu untuk dijual pada perorangan. Seringkali setelah penangkapan juga mereka dibawa dalam keadaan yang tidak nyaman, dalam sangkar atau tempat yang terlalu sempit hingga mengalami kematian. Jangan ditiru ya. Coba bayangkan burung itu kamu. Nggak mau kan diperlakukan seperti itu?

4. Burung Kiwi dari Selandia Baru

Bentuk fisik dari burung yang tidak dapat terbang ini sungguh menggemaskan. Bulat dan sepintas terlihat seperti ayam. Burung Kiwi juga menjadi ikon dari Selandia Baru. Sayangnya kini ia terancam punah, sedih ya.

5. Elang Jawa

Burung ini terancam punah karena pembangunan infrastruktur dan gedung-gedung bertingkat sehingga mengancam habitatnya. Burung ini sering juga dikira garuda karena fisiknya mirip. Sayang banget kan kalau sampai punah karena sulit mencari makanan.

 

Kira-kira menurutmu apa yang bisa kita lakukan agar tidak semakin banyak spesies burung yang langka dan terancam punah? Salah satunya sih dengan tidak membiarkan perburuan liar terjadi. Bisa lewat kegiatan non-profit, kampanye, atau menandatangani petisi yang berkaitan dengan preservasi spesies burung. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
23SHARES