12 Hewan yang Ukuran Tubuhnya Nggak Biasa. Besarnya Pake Banget!

19 November 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Seperti halnya manusia, hewan juga memiliki standar ukuran tubuh. Standar ukuran tubuh tersebut bisa dilihat dari tinggi, berat, maupun panjang anggota badan. Namun, ada juga beberapa hewan yang memiliki ukuran tak lazim.

Hewan-hewan itu memiliki tubuh yang lebih besar dari hewan pada umumnya. Bahkan berkali-kali lipat perbedaannya. Berikut ini ada sederatan hewan yang bertubuh tak biasa. Penasaran? Yuk langsung saja kita simak.

1. Romulus, keledai terbesar

Tinggi badan keledai dewasa normal biasanya hanya mencapai 79 cm hingga 158 cm. Hal berbeda terjadi pada seekor keledai yang diberi nama Romulus. Romulus disebut-sebut sebagai keledai terbesar yang pernah ada. Tinggi Romulus mencapai 172 cm dengan berat badan 590 kg.

2. Blosom, sapi tertinggi

Blosom pernah terdaftar di Guinness Book of World Record sebagai sapi tertinggi. Sapi asal Holstein ini memiliki tinggi 193 cm. Wow, kaya pebasket aja. Berat badan sapi berumur tiga belas tahun ini pun fantastis, mencapai sekitar 1 ton.

3. George, anjing terbesar

Anjing asal Denmark bernama George selama dua tahun berturut-turut dinobatkan sebagai anjing terbesar. Anjing yang pernah tampil di acara The Oprah Winfrey Show ini memiliki tinggi badan 109 cm dan berat badan 113 kg. Sayangnya, ia telah mati pada tahun 2013 silam.

4. Hercules, liger terbesar

Hercules dianggap sebagai liger, hasil persilangan singa jantan dan macan betina, terbesar di dunia. Panjang tubuh Hercules mencapai 3,3 meter dan tingganya mencapai 1,2 meter. Hercules tinggal di suaka margasatwa yang berada di Karolina Selatan.

5. Lolong, buaya terpanjang

Warga Filipina pernah dihebohkan dengan penyerangan seekor buaya. Konon kabarnya, buaya tersebut juga telah membunuh dua orang warga. Karena geram, buaya itu pun diburu. Setelah tertangkap, Lolong, begitu mereka menamainya, ternyata berukuran sangat panjang. Buaya air asin ini juga memiliki bobot lebih dari satu ton. Pantesan sampai menelan korban jiwa.

6. The Bismarck Flying Fox, kelelawar terbesar

Kelelawar yang sering kita jumpai biasanya hanya seukuran burung. Di daerah Nugini ditemukan kelelawar dengan ukuran luar biasa. Beratnya mencapai 1,45 kg. Kelelawar itu diberi nama The Bismarck Flying Fox.

7. Meow, kucing tergendut

Kalian tahu kucing gendut Garfield, 'kan? Ternyata di dunia nyata ada juga kucing yang gendut. Bahkan lebih gendut daripada Garfield. Meow, nama kucing tersebut, memiliki berat sama seperti manusia, 27,3 kg. Sayangnya, ia telah mati karena obesitas. Padahal dia baru mau diet loh.

8. Babi terbesar dari Tiongkok

Seorang petani di Xu Changjin memelihara babi selama lima tahun. Babi itu tubuh berbeda dari babi kebanyakan. Karena berbeda, babi itu pun masuk ke daftar Guinness Book World Record sebagai babi terbesar. Bayangkan saja, bobotnya mencapai 900 kg, panjang tubuh 2,5 meter, dan lingkar pinggang 2,23 meter. Super bukan?

9. Darius, kelinci terbesar

Kelinci dari Inggris milik Annete Edward dikatakan sebagai kelinci terbesar. Kelinci itu dinamai Darius. Darius memiliki tinggi 130 cm dan berat badan 22 kg. Tentu, hal itu jauh berbeda dengan kelinci pada umumnya yang hanya memiliki bobot 0,3 hingga 2 kg.

10. Laba-laba terbesar

Seekor laba-laba jantan sedang memakan seekor burung, percaya? Kejadian itu ditemukan dalm Ekspedisi Pablo San Martic tahun 1965. Laba-laba tersebut dapat memakan burung karena ukurannya yang luar biasa. Panjang kakinya saja 0,2 meter. Laba-laba super besar ini pernah ditemukan di Suriname, Guyana, dan Perancis.

11. Lele super jumbo

Lele super jumbo biasa juga disebut Wels Catfish. Bobot tubuhnya mencapai 180 kg. Wow kalau mau digoreng, wajannya seberapa tuh? Karena ukurannya yang besar ia sering disebut monster air tawar. Bahkan ia bisa menelan orang hidup-hidup.

12. Tokek terbesar di dunia

Tokek terbesar di dunia pernah ditemukan di Selandia Baru. Panjang tubuh tokek itu mencapai lebih dari 2 meter. Tokek itu termasuk ke dalam jenis Hoplodactylus Delcourt. Jenis tokek ini diperkirakan hampir punah.

Wow, super-super bukan ukuran tubuh binatang tersebut? Kalian pernah jumpai hewan berukuran super kayak gitu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES