10 Standar Kecantikan dari Berbagai Negara Ini Unik Banget, Berani Coba?

14 Maret 2018
|Olphi Disya
0SHARES

Kalau mendengar kata cantik, sosok seperti apa sih yang ada di pikiran kamu? Cewek bertubuh langsing, berkulit putih atau hidung mancung? Sebenarnya definisi cantik itu luas banget, lho. Anggapan cantik antara satu orang dengan orang lain juga bisa berbeda. Satu daerah dengan daerah lain pun bisa berbeda-beda standar kecantikannya. Begitupun standar cantik dari berbagai negara berikut ini. Meski di budaya kita standar kecantikan budaya lain itu aneh dan nggak termasuk kriteria cantik di budaya kita, namun standar kecantikan seperti ini unik dan menjadi ciri khas budaya tersebut. Yuk, kepoin berbagai standar kecantikan dari berbagai negara berikut ini:

1. Gigi Gingsul di Jepang

Kalau banyak orang yang beramai-ramai memakai kawat gigi agar gigi terlihat rapi dan lurus, berbeda dengan budaya Jepang yang memandang bahwa cantik itu adalah cewek dengan gigi gingsul. Bentuk gigi ini disebut dengan “yaeba”. Cewek dengan gingsul dianggap kelihatan lebih cute ketika tersenyum. Karena ini, banyak orang yang ke dokter gigi untuk membuat gigi seperti ini. Menurutmu, cute nggak sih?

2. Wajah berbentuk hati di Korea Selatan

Negara Korea Selatan terkenal dengan keberhasilan operasi plastiknya. Di sana, operasi plastik merupakan hal yang lumrah dilakukan cewek-cewek. Korea Selatan merupakan negara yang menjunjung tinggi kecantikan secara fisik. Kalau ke Korea Selatan, nggak usah heran sama banyaknya iklan yang mempromosikan operasi plastik. Dan hasilnya? Cewek yang dianggap cantik adalah cewek dengan wajah berbentuk hati hasil dari operasi plastik!

3. Plester bekas operasi hidung di Iran

Di Iran operasi hidung sangat nge-trend karena orang Iran berambisi punya hidung yang lurus. Bukan hanya menjadi kriteria kecantikan atau ketampanan, tapi bisa juga menjadi standar status ekonomi di Iran. Meskipun bekas operasinya masih ada, orang Iran cuek aja tuh jalan-jalan dengan plester di hidung. Bisa juga itu jadi cara pamernya mereka, sih.

4. Jidat yang tinggi bagi orang Fula

Suku fula merupakan salah satu suku yang ada di Afrika. Jidat yang berbentuk tinggi menjadi ciri khas suku Fula. Standar kecantikan suku Fula ini dimaksudkan untuk menghadirkan ilusi dari kepala mereka yang sering membawa sesuatu di kepala. Jadi, semakin tinggi jidat seorang cewek suku Fula, maka semakin menarik!

5. Bibir melar bagi suku Mursi

Suku Mursi merupakan suku yang terkenal dengan standar kecantikannya yang unik di Ethiopia. Cewek-cewek di sana meletakkan piring di bibir bawahnya, mulai dari piring yang kecil yang semakin lama semakin melar. Memang sih, terlihat aneh dan mengerikan tapi inilah kriteria cewek cantik ala suku Mursi. Kabarnya tradisi ini juga mencegah cewek suku Mursi dijual menjadi budak, lho.

6. Scarification di Afrika Barat dan Papua Nugini

Di Afrika Barat dan Papua Nugini, bekas luka sayatan justru dianggap sebagai kriteria kecantikan, lho. Cewek-cewek di sana rela disayat kulit wajah dan tubuhnya yang nantinya membentuk bekas luka yang mengikuti pola tertentu. Agak ngeri sih sama prosesnya. Tapi inilah standar kecantikan perempuan di Afrika dan Papua Nugini yang unik banget!

7. Bertubuh gemuk di Mauritania

Cowok-cowok Mauritania bakal jatuh cinta berat sama cewek-cewek Mauritania yang memiliki lipatan lemak di perut yang berlapis-lapis. Tradisi ini udah ada sejak jaman dahulu. Banyak keluarga yang mengirim anak ceweknya untuk tinggal di suatu tempat yang selalu disuplai makanan berlemak agar semakin gemuk. Tapi sekarang ini, cewek-cewek di sana justru sering terserang penyakit di perut mereka karena tradisi begini.

8. Kulit pucat di Tiongkok dan Thailand

Mungkin trend kulit putih bersih udah menjadi ciri khas di Tiongkok dan Thailand. Tapi kulit pucat? Itu lebih nge-trend lagi, lho. Saking ingin memiliki kulit yang putih pucat, cewek-cewek di sana kalau ke pantai harus memakai topeng agar kulitnya nggak terpapar sinar matahari. Jangan heran juga kalau perawatan kulit di sana lebih banyak yang mengandung pemutih.

9. Leher panjang di Burma

Di bagian timur Burma terdapatlah suatu suku bernama Kayan yang memiliki standar kecantikan yang unik. Cewek-cewek di sana memakai ring untuk memperpanjang leher mereka, karena mereka yakin bahwa semakin panjang leher seorang cewek maka semakin cantik lah dia. Konon katanya sih, ring ini bisa melindungi dari macan. Benar nggak, ya?

10. Alis menyatu di Tajikistan

Bagi orang Tajikistan, alis yang menyatu nggak hanya menggambarkan kecantikan tapi juga akan membawa keberuntungan. Kalau cewek di Tajikistan nggak terlahir dengan alis menyatu, maka akan digambar dengan make-up pensil alis hitam. Cantik nggak nih, guys?

Ternyata standar kecantikan di negara-negara lain berbeda-beda, ya. Ada yang kelihatan aneh tapi ada juga yang lucu dan unik banget. Yang penting sih, harus merawat kecantikan itu dengan cara yang wajar ya dan jangan sampai gara-gara kepingin cantik jadi justru merusak. Selain itu, foto-foto di atas membuktikan bahwa standar kecantikan bukanlah suatu ketetapan mutlak melainkan sebuah kesepakatan sosial. Definisi cantik secara fisik berbeda bagi setiap orang. Karena itu, jangan termakan dengan standar kecantikan ditempatmu secara mentah-mentah, ya. Ada banyak definisi cantik, tapi yang paling penting adalah kamu sayang dan percaya pada dirimu sendiri.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES