10 Perbedaan Hasil Foto yang Diambil oleh Fotografer Amatir dan Fotografer Profesional

10 Agustus 2017
|Reza Pratama
26SHARES

Di zaman modern seperti sekarang, rasanya tak ada orang yang tak gemar berfoto-foto. Semua smartphone menawarkan kecanggihan di tiap aspeknya. Dari mulai sidik jari sampai ketajaman kamera. Berbeda dengan beberapa tahun silam yang masih menggunakan kamera VGA, ponsel-ponsel zaman sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai spesifikasi yang mumpuni serta menawarkan kamera yang setara dengan DSLR. Dengan menggunakan kamera yang sudah puluhan megapixel, seseorang bisa dengan mudah mengabadikan gambar yang jernih dan bagus. Namun, bagusnya kualitas kamera tidak menentukan sebuah hasil yang sempurna jika tidak memiliki skill dan pengetahuan yang lebih tentang fotografi

Saat ini dunia fotografi memang menjadi bidang yang digemari banyak orang. Dari anak remaja, hingga orang tua pun mulai menjajal dunia fotografi. Salah satu yang menjadi tren saat ini adalah kamera analog. Kamera analog menjadi benda yang belakangan ini banyak dicari orang. Dari yang memang hobi sampai yang cuma ikut-ikutan tren doang. Namun tak ada salahnya memang untuk mencoba sesuatu yang belum pernah kita geluti sebelumnya. Banyak hasil foto yang lahir dari kamera analog lebih bagus dari hasil kamera DSLR. Tentunya hal tersebut tergantung dari orang yang menggunakannya.

Secanggih dan semahal apapun kameranya, jika tidak memiliki skiil dan pengetahuan tentang dunia fotografi, maka hasilnya akan terlihat biasa saja. Mungkin kamu juga pernah mencoba meniru dengan mengambil angle yang tepat layaknya fotografer profesional agar mendapatkan gambar yang bagus, namun hasilnya tetap terlihat biasa saja. Tentu ada hal yang membedakan hasil jepretan dari seorang fotografer amatir dan fotografer profesional. Salah satunya yaitu tentang pentingnya pencahayaan dalam mengambil sebuah gambar. Seperti beberapa foto di bawah ini yang membedakan hasil jepretan fotografer amatir dan fotografer profesional.

1. Bermain kelinci pun jadi terlihat lebih indah

2. Perbedaan hasil foto anak yang sedang memetik bunga

3. Jadi terlihat seperti poster film

5. Dari foto biasa menjadi foto yang indah

6. Diambil pada momen yang tepat serta pencahayaan yang bagus

7. Jadi tak terlihat gelap

9. Di kandang ayam sekalipun jadi terlihat bagus

10. Terlihat jauh kan perbedaannya?

Itulah beberapa perbedaan hasil foto yang diambil oleh fotografer amatir dan fotografer profesional. Untuk seorang fotografer profesional, momen bagus saja tidak cukup untuk menghasilkan sebuah foto yang indah. Perlu beberapa tahapan dan editing untuk menghasilkan foto yang bagus. Seorang fotografer amatir mungkin tidak begitu peka dengan angle maupun pencahayaan pada sebuah objek. Maka hasil fotonya pun tak sebagus jepretan seorang fotografer profesional. Semua fotografer profesional lahir dari seorang fotografer amatir, namun jika kemampuan fotografi kita diasah secara terus menerus, maka bukan sesuatu yang mustahil jika kita bisa menciptakan foto yang indah dan memukau. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
26SHARES