10 Barcode dalam Kemasan Produk yang Memiliki Bentuk Unik dan Tidak Biasa

30 Agustus 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Setiap membeli sebuah produk di minimarket atau toko, pernahkah kamu memperhatikan barcode yang ada di bagian belakang produk tersebut. Barcode merupakan nama lain dari kode batang yang berfungsi sebagai penyimpan data dan kode produksi. Dengan adanya barcode, sebuah produk bisa diidentifikasi melalui komputer. Biasanya barcode hanya terdapat pada produk-produk yang diproduksi dalam jumlah yang besar dan sudah memiliki nama. Namun barcode tidak akan berfungsi jika di warung-warung kecil atau di pasar tradisional. Barcode hanya bisa dijumpai dan digunakan di minimarket dan pusat perbelanjaan modern lainnya.

Barcode sendiri memiliki bentuk garis hitam putih vertikal yang biasanya terletak pada bagian belakang sebuah produk. Walaupun sering diabaikan, namun barcode memiliki fungsi yang sangat penting untuk mengetahui data angka dan informasi sebuah produk. Angka tersebut biasanya berada di bawah garis barcode. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa sih sebuah produk harus memiliki barcode? Toh harganya kan sudah tercantum. Salah satunya adalah agar komputer bisa membaca informasi yang bersifat digital pada sebuah produk. Dengan cara dipindai atau di-scan, sebuah data akan diterjemahkan menjadi sebuah angka pada komputer.

Barcode atau kode batang pertama kali digunakan pada tahun 1972 pada perusahaan Logicon Inc. Sampai saat ini, barcode sendiri masih digunakan karena bisa memudahkan pihak toko untuk pendataan barang. Jika pada umumnya barcode memiliki bentuk yang sama, yaitu garis vertikal hitam putih yang terlihat monoton, namun ternyata di beberapa perusahaan, desain barcode dibuat semenarik mungkin dengan bentuk yang tidak biasa. Mungkin jika barcodenya memiliki bentuk unik dan kreatif seperti ini, orang akan lebih tertarik untuk membeli sebuah barang tersebut. Nah, berikut 10 barcode dengan bentuk dan desain yang unik.

1. Barcode yang dicukur

2. Berbentuk pohon pinus

3. Berbentuk kaleng bir

5. Barcode bentuk sapi

6. Berbentuk mie

7. Berbentuk gedung

9. Berbentuk shower

10. Berbentuk kepala jerapah

Nah, itulah beberapa barcode dengan bentuk dan desain yang tak biasa. Mengubah bentuk barcode yang terlihat monoton menjadi bentuk yang unik tentu bisa menarik perhatian orang. Siapa tau dengan bentuk barcode yang seperti ini, seseorang akan tertarik untuk membeli barang tersebut.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES