Yuk Mamam, 7 Kuliner Nikmat Khas Solo Ini Tersaji di Resepsi Pernikahan Kahiyang!

10 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Pernikahan putri Presiden Joko Widodo yaitu Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Solo membuat kota ini menjadi sorotan publik. Banyak pejabat dan tamu undangan yang jauh dari luar daerah sengaja datang menghadiri resepsi pernikahan anak kedua presiden yang sering disapa Jokowi tersebut. Hidangan pada saat resepsinya tersebut pun ikut menjadi sorotan karena menyajikan bragam panganan khas Solo yang nikmat. Tapi bagi kamu yang berencana ke Solo dan penasaran apa aja sih kuliner Solo yang enak-enak, silakan dicatat beberapa jajanan berikut ini, ya!

1. Timlo

Makanan khas Solo yang satu ini ramai diperbincangkan ketika dihadirkan dalam deretan menu resepsi Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Timlo merupakan makanan yang berkuah dan diberikan berbagai potongan lauk seperti ati ampela, telur pindang, daging, dan tentunya sosis solo yang lezat itu. Kuliner ini pas banget disantap saat siang karena segar banget!

Salah satu kedai yang menyajikan timlo enak adalah Timlo Sastro yang udah populer sejak tahun 1952. Kalau kamu mau nyobain, kamu bisa datang ke Jalan Pasar Gede Timur no. 1-2 Solo. Seporsinya hanya seharga Rp 18.000 belum termasuk nasi yang seharga Rp 3.000. Serunya lagi kamu akan ditemani oleh live music keroncong saat bersantap di sini. Keroncongan di perut berubah jadi asyik menikmati musik keroncong, deh!

2. Gudeg

Ternyata nggak hanya Jogja aja yang terkenal dengan masakan khasnya yaitu gudeg. Di solo juga terkenal dengan gudegnya yang menggoyang lidah. Nggak heran kalau masakan khas Jawa ini disajikan dalam jajaran menu pernikahan Kahiyang Ayu. Rasanya yang manis dan gurih jadi favoritnya semua orang yang berkunjung ke Solo. Ditambah dengan nasi hangat, kamu pasti bakalan ketagihan dengan gudeg khas Solo.

Kamu cukup ke Gudeg Margoyudan atau yang juga terkenal dengan sebutan Gudeg Ceker Bu Kasno. Sesuai namanya, gudeg akan disajikan dengan ceker ayam yang empuk dan lembut. Warung ini berada di Jalan Wolter Mongonsidi. Tapi kamu harus datang awal ke sini karena gudeg cekernya sering habis beberapa jam setelah buka. Enak banget pokoknya!

3. Tengkleng

Kayaknya belum sah ke Solo kalau belum mencicipi tengkleng. Konon, tengkleng dianggap sebagai makanan orang miskin di zaman dulu karena dagingnya sedikit dan lebih banyak tulangnya. Tapi karena khas Solo banget, hidangan ini pun disajikan pada pernikahan Kahiyang Ayu. Tengkleng dimasak dengan santan yang serupa dengan kuah gulai, tapi beberapa juga ada yang tanpa santan. Paling mantap sih sumsum tulangnya yang bisa disedot dengan menggunakan sedotan. Wuenak e poll!

Ingin nyobain tengkleng yang enak di Solo? Kamu bisa cicipi Tengkleng Bu Edi yang konon paling populer di Solo. Terletak di gapura utara Pasar Klewer ini memang bukan tempat yang asyik untuk makan di tempat, tapi justru tengkleng ini bisa ludes dalam waktu 3 jam aja karena banyaknya pelanggan yang datang. Kayaknya enak banget ya!

4. Nasi liwet

Makanan khas yang satu ini memang udah terkenal dan lagi hits hampir di seluruh Indonesia. Tapi jangan salah, menu nasi liwet yang ada di resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo ini berbeda dengan nasi liwet khas Sunda. Nasi liwet khas Solo ini justru lebih mirip dengan nasi uduk. Nasinya diolah dengan santan kelapa dan disajikan dengan pelengkapnya yaitu suwiran ayam, sayur labu siam, ati ampela goreng, tahu tempe, telur bacem dan kerupuk rambak. Lengkap abis!

Nah, kalau kamu mau mencicipi kuliner yang satu ini, kamu bisa datang ke Nasi Liwet Wongso Lemu yang berlokasi di Jalan Teuku Umar. Selain bisa menyantap nasi liwet yang terkenal dan selalu ramai pengunjung ini, di sini kamu juga bisa menikmati musik khas Jawa yang bakal bikin kamu serasa makan di keratin atau di kondangannya Kahiyang-Bobby, nih!

5. Cabuk Rambak

Mungkin kamu baru pertama kali mendengar nama kuliner khas Solo yang satu ini. Cabuk rambak memang populer di Solo namun konon udah jarang ditemukan. Tapi pada pesta pernikahan Kahiyang-Bobby, hidangan yang terdiri dari irisan ketupat  dan sambal wijen kemiri ini diperkenalkan pada tamu. Biasanya cabuk rambak dihidangkan pada lembaran daun pisang dan cocok untuk sarapan maupun camilan malam.

Kamu bisa cobain menu ini di sekitaran Stadion Manahan Solo, di mana banyak banget yang jualan cabuk rambak di sana. Makanan ini juga dilengkapi dengan karak, yaitu kerupuk yang terbuat dari nasi kering dan blang. Sementara nama cabuk sendiri merujuk pada saus wijen kemirinya itu. Penasaran ingin nyoba?

6. Sate kere

Sesuai dengan namanya, sate kere memang ditujukan untuk pecinta kuliner yang low budget atau lagi kere. Meskipun begitu, hidangan ini juga menjadi salah satu menu pernikahan Kahiyang Ayu. Sate ini disebut demikian karena harganya lebih murah dari sate daging biasa. Sate ini terdiri dari jeroan dan ampas tahu atau tempe. Seperti sate pada umumnya, sate kere juga dihidangkan dengan lontong dan bumbu kacang.

Bagi kamu yang penasaran, kamu bisa cobain di Warung Sate Kere Yu Rebi yang terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo dan juga di Galabo. Berhubung namanya sate kere, satu porsinya hanya dibanderol sekitar 10 ribuan. Murah meriah dan enak banget!

7. Serabi

Camilan super enak ini memang mirip pancake tapi tentunya beda rasa dan bahannya. Kalau di Bandung disebut dengan Surabi, camilan yang juga hadir di deretan hidangan pesta perniakahan Kahiyang-Bobby ini disebut dengan serabi. Cara penyajiannya digulung dengan daun pisang dan umumnya hanya terdapat dua varian rasa, yaitu cokelat dan original. Jajanan yang terbuat dari tepung beras dan santan ini menjadi favorit warga Solo dan pendatang juga lho untuk dijadikan oleh-oleh.

Sebenarnya banyak banget yang jual serabi khas Solo ini, salah satunya adalah Serabi Notosuman yang terletak di Jalan Moh. Yamin no. 28 (dulunya bernama Jalan Notosuman). Serabi Notosuman juga telah membuka cabang di berbagai daerah di luar Solo. Tapi jangan khawatir, rasanya tetap gurih dan nikmat seperti yang di Solo kok!

Duh, ngelihatnya aja udah ngiler duluan, nih. Nggak apa-apa deh nggak diundang Presiden ke hajatannya, tapi kalau ke Solo wajib coba kuliner di atas, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES