Video Penumpang Viral, Begini Bahaya Merokok di Dalam Pesawat

05 Maret 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
800SHARES

Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria tengah diinterogasi oleh para petugas bandara beredar dan menjadi viral. Hal itu lantaran sang pria nekat untuk merokok di pesawat. Entah apa yang ada di dalam pikirannya, dengan santai pria tersebut menghisap rokok saat pesawat tengah mengisi bahan bakar avtur. Sontak hal tersebut membuat petugas langsung meminta penumpang tersebut untuk turun dari pesawat. Akibatnya, pesawat pun sedikit terlambat untuk take off.

Diketahui, pesawat yang ditumpangi pria bernama Iwan Limau tersebut berasal dari maskapai Citilink yang akan melakukan penerbangan dari Halim menuju Denpasar dengan kode penerbangan QG 156. Anehnya, ia tetap ‘ngotot’ jika tindakannya merokok di pesawat tidak akan membahayakan penerbangan. Adu mulut pun terjadi dan akhirnya pria tersebut berhasil digiring petugas untuk keluar dari pesawat.

 

Padahal, merokok di sekitar area pesawat saja sudah sangat membahayakan, apalagi merokok di pesawat. Berikut bahaya merokok di dalam pesawat seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Masalah kesehatan

Saat seseorang merokok di dalam pesawat, asap rokok masih akan terus menggantung di udara dan hanya berputar-putar di dalam kabin. Akibatnya, semua penumpang akan terpapar asap rokok tersebut selama penerbangan.

Menyebabkan maskapai Varig 820 mengalami kecelakaan

Dilansir dari Daily Mail, sebatang rokok pernah menyebabkan sebuah kecelakaan pesawat pada 11 Juli 1973. Maskapai Varig 820 asal Brazil terpaksa melakukan pendaratan darurat kala tengah terbang dari Rio De Jeneiro menuju Paris. Hal itu disebabkan kabin pesawat dipenuhi oleh asap rokok yang diduga berasal dari rokok yang tidak dimatikan secara sempurna. Akibatnya, rokok tersebut membakar sampah yang ada di tempat sampah toilet pesawat. Dikabarkan, sebanyak 123 orang tewas dan banyak dugaan para penumpang telah tewas sebelum terjadinya kecelakaan akibat menghirup asap yang mengepul dalam kabin pesawat tersebut.

Bahan-bahan yang ada di pesawat itu mudah terbakar

Menurut Rama Valerino Noya selaku Ketua Ikatan Pilot Indonesia (IPI), semua bahan-bahan yang ada di pesawat itu mudah terbakar.

"Satu, sebenarnya semua sudah ada aturan bahwa di area (bandara) sendiri sudah ada larangan, di apron (juga), dilarang merokok. Jelas. Yang kedua, semua yang ada di pesawat itu adalah inflammable (mudah terbakar). Makanya, terutama saat pengisian bahan bakar, ya jelas bahaya," jelas Noya seperti yang dikutip dari detik.com.

Merokok di area pesawat itu jelas-jelas berbahaya. Sebagai masyarakat Indonesia yang cerdas, seharusnya kita sudah tahu tempat mana saja yang membolehkan kita untuk merokok. Jangan malah di restricted area kita malah merokok karena nggak tahan bibir udah asem. Semuanya udah ada aturannya dan jika ketahuan, kita bahkan bisa terkena sanksi dan tindak pidana, lho.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
800SHARES