Transit Berjam-jam? Tenang, 7 Bandara Ini Menawarkan Tur Kota Gratis Untuk Kamu Ikuti

25 April 2017
|Olphi Disya
489SHARES

Berpergian ke luar negeri untuk berlibur tentu menyenangkan. Apalagi jika tujuannya adalah Eropa atau negara-negara di kawasan Asia Timur. Tapi, seringkali penerbangan dari Indonesia membutuhkan beberapa kali transit di kota tertentu untuk berganti penerbangan. Tak jarang waktu transit memakan waktu berjam-jam sehingga kita sering merasa bosan dan mati gaya. Mau tidur, nggak nyaman. Akhirnya bengong nggak jelas. Daripada buang-buang waktu, yuk manfaatkan waktu transitmu untuk ikutan tur kota yang ditawarkan oleh bandara-bandara berikut ini. Pssst… tur kota ini gratis lho!

1. Bandara Incheon, Seoul, Korea Selatan

Tahukah kamu kalau bandara internasional Incheon nggak hanya menyediakan satu macam tur kota, tapi 8 tur kota! Bagi para traveler atau penumpang transit, tur kota kayak gini sayang banget untuk dilewatkan. Kalau kamu hanya memiliki waktu satu jam, kamu bisa mengunjungi Yonggungsa Temple, sebuah kuil Buddha yang didirikan sejak tahun 1376. Kalau kamu punya waktu transit lebih dari 3 jam, bisa mengikuti The Songdo City Tour atau The Seoul City Tour di mana kamu bisa menikmati Bukchon Hanok Village, N Seoul tower, Samcheong-dong perumahan, dan pasar Gwangjang selama total 5 jam. Gratis pula!

2. Bandara Taiwan Taoyuan, Taipei, Taiwan

Daripada bengong nggak jelas di bandara internasional Taiwan Taoyuan ketika transit selama 8 jam-an, mendingan kamu ikutan tur kota gratis yang disediakan oleh pihak bandara. Tur kota terbagi menjadi dua, yaitu tur pagi dan tur sore. Di pagi hari, kamu bisa ikut mengunjungi Daoist Sanxia Qingshui Zushi Temple, Sanxia Old Street, hingga Yingge Ceramic Old Street. Kalau sore hari, kamu bisa mengunjungi jantung kota Taipei yaitu Longshan Temple dan Chiang Kai-shek Memorial Hall and Park. Dijamin, wisata budaya dan sejarah satu ini nggak akan ngebosenin.

3. Bandara Doha, Qatar, Uni Emirat Arab

Bandara internasional Doha kerap menjadi bandara transit bagi orang Indonesia yang ingin berkunjung ke Eropa. Coba deh ikutin tur kotanya yang diadakan 4 kali dalam sehari, masing-masing berlangsung selama 2 jam dan 45 menit. Kamu bisa mengunjungi Pearl-Qatar—kawasan perbelanjaan di atas pulau buatan, Katara Cultural Village—pusat kebudayaan UAE, dan Museum of Islamic Arts beserta tamannya yang berudara segar. Jangan sampai dilewatkan ya!

4. Bandara Ataturk, Istanbul, Turki

Transit lebih dari 6 jam di bandara internasional Ataturk? Kini, para penumpang penerbangan internasional bisa memanfaatkan satu dari lima pilihan tur kota gratis yang ditawarkan oleh bandara. Kebanyakan tur kota berlangsung selama 6 jam, meskipun tur kota sesi pagi berlangsung paling singkat yaitu hanya 2 jam 30 menit. Kamu bisa melihat pemandangan kota Istanbul dengan berkunjung ke The Walls of Constantine, The Grand Covered Bazaar, Hippodrome Square, Hagia Sophia, and Blue Mosque. Bahkan konon ada beberapa tur kota yang mendapatkan makan siang atau makan malam gratis lho.

5. Bandara Changi, Singapura

Bagi kamu yang berpergian ke luar negeri tapi harus transit di Singapura selama minimal 6 jam, kamu bisa ‘melarikan diri’ sebentar untuk ikut tur kota gratis yang disediakan oleh bandara internasional Changi. Ada 2 jenis tur yang ditawarkan, yaitu The Heritage Tour dan The City Sights Tour. Kalau kamu ikutan The Heritage Tour, kamu akan berkesempatan mengunjungi Little India, Kampong Glam, dan si ikonik Merlion Park. Sementara kalau kamu ikutan The City Sights Tour, kamu bisa menyambangi beberapa destinasi wisata modern dan ditutup dengan kunjungan ke Gardens by the Bay yang spektakuler. Wajib ikutan tur kota ini nih!

6. Bandara Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat

Saat ini, Salt Lake City merupakan satu-satunya bandara di Amerika Serikat yang menawarkan tur kota gratis. Bagi kamu yang transit selama minimal 2 jam, biar nggak mati gaya kamu bisa memanfaatkan tur kota dengan berkunjung ke Temple Square yang berisikan gereja super besar atau kalau kamu nggak tertarik untuk mengunjungi bangunan gereja, kamu juga bisa ke Utah Museum of Contemporary Art yang bisa jadi pelepas penat sebelum terbang.

7. Bandara Narita, Tokyo, Jepang

Kayaknya transit berjam-jam di Tokyo nggak akan lengkap kalau nggak ikutin tur kota gratisnya. Kamu bisa memilih antara self-guided tours di mana kamu akan diantarkan ke pusat-pusat perbelanjaan atau volunteer-guided tours yaitu tur kota yang akan mengenalkanmu pada riuhnya budaya di Jepang selama kurang lebih 3 jam. Kalau kamu adalah traveler yang royal, kamu bisa ikut beberapa “kursus”, seperti mengunjungi Narita-san Shinsho-ji Temple dan kursus dengan kegiatan jalan-jalan di kawasan alam di daerah pedesaan di Jepang. Seru ya!

Sekarang kamu udah nggak perlu bingung lagi deh mau ngapain ketika harus transit berjam-jam. Tur kota juga membuat kamu tahu lebih banyak tentang kota setempat. Meskipun gratis, kamu boleh kok memberikan uang tip kepada pemandu tur yang biasanya adalah sukarelawan. Biasanya tur kota diadakan untuk kelompok yang berjumlah sekitar minimal 5-10 orang. Tapi, jangan sampai lupa dengan jadwal penerbanganmu biar nggak ketinggalan pesawat ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
489SHARES