Surga Dunia, 11 Oasis Ini Tawarkan Panorama yang Bikin Mata Sulit Kedip

04 April 2018
|Galih Wisnu Brata
1SHARES

Di sebuah gurun yang panas, selain hanya terdapat hamparan pasir mahaluas, biasanya juga bisa ditemukan oasis. Oasis adalah daerah vegetasi terisolasi yang ada di gurun dan biasanya dekat dengan sumber mata air. Keberadaannya sangat penting bagi jalur perdagangan dan transportasi. Bahkan, jika areanya luas, bisa menjadi habitat bagi makhluk hidup.

Oasis bisa terbentuk secara alami karena tekanan air. Selain itu, kemunculannya juga bisa karena adanya campur tangan manusia, yaitu dengan membuat sumur. Pada umumnya, oasis harus dikelola agar bisa ditanami kurma, zaitun, aprikot, atau buah ara.

Di dunia ini ada 11 oasis terindah yang tawarkan panorama yang menakjubkan. Daripada penasaran, langsung lihat yuk!

1. Oasis Timia (Nigeria)

Oasis Timia berada di Nigeria, tepatnya 6 jam dari Kpta Agaden. Kawasan ini dipenuni dengan pohon palem. Selain itu, buah-buahan, seperti jeruk dan delima, tumbuh subur di sini.

2. Oasis Huacachina (Peru)

Di desa wilayah Ica, barat daya Peru, terdapat sebuah Oasis bernama Huacachina. Oasis yang dibangun di danau alam kecil ini dijuluki Oasis Amerika. Julukan tersebut didapatnya karena Huacachina berfungsi sebagai sebuah resor untuk keluarga di wilayah Ica dan sering dikunjungi wisatawan.

3. Oasis Maranhao (Brasil)

Oasis Maranhao terletak di Taman Nasional Lencois Maranhenses, Brasil. Oasis ini memiliki bentuk yang unik, yakni berbentuk bulan sabit.

4. Oasis Herðubreiðarlindir (Islandia)

Oasis yang namanya susah untuk dieja ini merupakan oasis yang berada di gunung Herðubreið di daratan Islandia. Oasis ini muncul akibat gempa yang ditimbulkan oleh letusan gunung berapi.

5. Danau Ubari (Libya)

Di tengah panasnya Gurun Sahara, terdapat Oasis Erg Awbari. Nah, di sinilah terletak Danau Ubari. Air di Danau Ubari, sama halnya dengan air di Laut Mati, memiliki konstrasi garam yang tinggi sehingga benda apapun dapat terapung.

6. Oasis Turpan (Cina)

Oasis Turpan berada di Xinjiang Uyvur, Cina. Kabarnya, di tempat inilah kebudayaan Islam di Cina mulai berkembang. Pernyataan tersebut diperkuat dengan berdirinya masjid agung yang berusia ratusan tahun.

7. Oasis Ziz (Maroko)

Di Gurun Sahara yang sangat terik terdapat pula Oasis Ziz. Di tengah panasnya matahari yang membakar, menemukan oasis ini pasti bagaikan berada dalam surga. Nikmat!

8. Crescent Lake (Cina)

Danau Crescent berada di Gurun Gobi. Danau yang berbentuk bulan sabit ini, dahulu menjadi tempat singgah para musafir yang melalui Jalur Sutra.

9. Havasu Falls (Amerika Serikat)

Percaya nggak percaya, di Gurun Grand Canyon ada air terjun dan hutan di sekitarnya. Air terjun Havasu menjadi salah satu dari empat air terjun yang ada di Taman Nasional Havasupai.

10. Oasis Ein Gedi (Israel)

Oasis Ein Gedi terletak dekat Gua Qumran. Di oasis ini juga memiliki air terjun saking melimpahnya mata air.

11. Oasis Chebika (Tunisia)

Oasis Chebika terkenal semenjak dijadikan lokasi syuting film Star Wars: A New Hope. Bahkan, nama oasis ini diambil dari nama salah satu tokohnya, yaitu Chewbacca.

Kalau lihat pemandangan indah kayak gitu, bawaannya pengen dateng terus rebahan. Kalau kalian gimana?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
1SHARES