Suka Makan Pempek? Kunjungi Palembang, Kota Asli Pempek yang Punya 8 Destinasi Indah!

14 Oktober 2017
|Lidya Kartika
0SHARES

Kalau  ngebahas destinasi wisata di Indonesia emang nggak akan pernah ada habisnya. Selain Aceh dengan segala pesonanya. Ternyata, di Pulau Sumatera masih ada pesona lainnya yang harus kamu sambangi lho, yakni Palembang.

 

Yang paling terkenal dari Palembang memang makanan khasnya yaitu Pempek. Tapi ternyata, ada banyak keistimewaan Palembang lainnya yang dapat kamu nikmati lho. Ini nih yang bakal bikin kamu kepengen buru-buru pesen tiket ke Palembang!

1. Jembatan Ampera

Jembatan yang satu ini telah jadi simbol kota Palembang sejak tahun 1965. Jembatan megah yang satu ini menghubungkan dua area yang dipisahkan oleh Sungai Musi, yakni Sebrang Ulu dan Sebrang Ilir. Kalau ke sini malem-malem, lampu-lampu Jembatan Ampera yang bersinar terang bakal bikin kamu ngerasa ada di luar negeri, lho!

2. Sungai Musi

Selain Jembatan Ampera, sungai ini juga jadi ikon wisata paling terkenal dari kota Palembang. Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di kota Palembang karena mencapai 750 km. Sungai Musi dijadikan salah satu pusat perekonomian Palembang. Selain itu, ia juga dijadikan salah satu daya tarik, salah satunya karena memiliki banyak restoran, kafe, dan restoran di tepiannya.

3. Masjid Cheng Ho, Palembang

Masjid dengan budaya Tionghoa mungkin terdengar aneh. Tapi, masjid yang satu ini ternyata membuktikan kalau kombinasi keduanya malah bikin sesuatu yang indah. Sebagai tempat ibadah sekaligus tempat wisata, tidak ada retribusi yang dikenakan kepada pengunjung. Meski demikian, pengunjung tetap diminta untuk menjaga ketenangan di sekitar lokasi masjid.

4. Benteng Kuto Besak

 

Masih nggak jauh dari Sungai Musi, terdapat sebuah bangunan bernama Benteng Kuto Besak. Benteng ini merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Darussalam. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus benteng pertahanan untuk menangkal serangan dari Belanda di masa perang melawan penjajahan dulu. Tempat yang satu ini masih menarik perhatian siapapun atas pesona klasiknya

5. Pulau Kemaro

 

Pulau Kemaro berada sekitar 6 km dari  Jembatan Ampera dan berada di tengah Sungai Musi. Seperti Masjid Tionghoa, pulau ini memiliki berbagai hal terkait budaya Tionghoa, yakni pagoda 9 lantai, klenteng Dewi Kuam Im (Soei Goeat Kiong), makam Tan Bun An dan Siti Fatimah, juga beberapa patung dewa-dewi dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan perahu tradisional yang bisa disewa dari Jembatan Ampera.

6. Gunung Dempo

Setelah berjalan-jalan di tengah kota, sekarang saatnya kita berangkat ke daerah  yang lebih tinggi, yakni Gunung Dempo. Sebagai gunung tertinggi di provinsi Sumatera Selatan, gunung ini memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah satu tempat wisata di Palembang. Panorama ini dipastikan bakal bikin kamu jatuh cinta deh!

7. Wisata Bukit Siguntang

Sekali lagi, bagi kamu yang pengen pergi sejenak dari keramaian kota, wisata ke bukit bisa jadi hal yang kamu perlukan. Bukit Siguntang berada di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I. Konon, bukit dengan ketinggian mencapai 29-30 meter ini digunakan sebagai tempat beribadah dan bertapa keluarga kerajaan untuk menenangkan pikiran. Daerah ini masih dianggap sebagai tempat wisata yang sakral.

8. Air Terjun Bidadari Palembang

 

Tempat wisata di Palembang lainnya yang tak kalah menakjubkan adalah air terjun Bidadari. Lokasinya terletak di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang yang berjarak kurang lebih 8 km dari Kota Lahat, Palembang. Sebagai objek wisata alam, air terjun Bidadari menyuguhkan pemandangan yang elok dan tentunya tak hanya menyegarkan mata yang memandang tetapi juga hati dan pikiran. Di sini ada 3 air terjun yakni, Bujang Gadis, Sumbing, dan Naga.

 

Duh, indah-indah ya destinasi wisata di Palembang! Kota di Sumatera Selatan ini memang wajib banget dikunjungi. Selain wisata alam dan wisata kota, Palembang juga bisa jadi destinasi wisata kuliner, lho. Mana nih yang paling pengen kamu kunjungin?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lidya Kartika
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES