Sepele Sih, Tapi 7 Hal ini Bisa Bikin Kamu Dipenjara di Negera Orang!

09 September 2017
|Olphi Disya

Di dunia ini, memang banyak aturan hukum yang nggak kita mengerti. Beberapa kasusnya terkesan sepele, namun ternyata bisa menjadi tindak pidana yang membuat pelakunya diseret ke penjara. Tidak hanya warga negara aslinya, jika ada wisatawan yang melanggar, tentu akan dijatuhi hukuman yang setimpal.

Kalau kamu berpergian ke luar negeri yang memiliki aturan hukum yang berbeda dengan negara kita, perlu hati-hati dan memahami aturan aneh ini ya. Nah, apa aja sih hal-hal yang harus kamu hindari agar nggak dipenjara di negara orang?

1. Bercanda tentang membawa bom ke pesawat atau bandara

Nggak semua bercandaan bisa kamu lontarkan di sembarang tempat, termasuk di bandara atau pesawat. Kejadian seseorang yang bercanda soal membawa bom bukanlah sekali terjadi, namun pernah beberapa kali menjadi kasus pidana yang membuat seseorang dijebloskan ke dalam penjara.

Nggak hanya bercanda membawa bom di pesawat atau bandara melalui verbal, bahkan becanda tentang bom pesawat di media sosial pun bisa dihukum dan berlaku di berbagai negara, lho!

2. Membawa sex toys

Kalau kamu lagi mau jalan-jalan ke negara mayoritas muslim, jangan harap kamu bisa keluar bandara dengan santai membawa sex toys atau alat bantu seks di dalam tasmu! Meskipun kamu nggak bermakud untuk menyalah gunakannya, namun membawa barang-barang jenis tersebut sangat mencurigakan petugas bandara. Kalau kamu terpaksa harus membawanya, kamu perlu punya surat-surat yang lengkap mengenai fungsi dan tujuan barang-barang tersebut.

3. Kehabisan bahan bakar di tengah jalan

Mungkin terdengar aneh, ya. Udah susah kok malah dipenjara? Namun itulah hukum yang ada di negara Jerman (dan mungkin beberapa negara lainnya). Meskipun kamu diperbolehkan untuk melaju dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan, tapi kalau tiba-tiba kehabisan bahan bakar kamu harus siap-siap menerima hukuman. Kamu akan dikenakan denda yang lumayan menguras kantong jika kehabisan bahan bakar di jalan.

4. Merokok di ruang publik

Bagi sebagian besar negara, terutama negara maju, merokok merupakan perilaku yang sangat mengganggu dan termasuk ke dalam hal yang melanggar hukum. Kenapa? Karena banyak negara yang setuju bahwa asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan warga negaranya. Maka dari itu, jangan sembarangan merokok meskipun di ruang publik yang terbuka. Apalagi kalau di sekitarnya ada tanda dilarang merokok, kamu bisa kena hukuman berat, tuh!

5. Membuang sampah permen karet sembarangan

Kebiasaan yang harus kamu buang jauh-jauh, bukan hanya ketika berada di negeri orang, tapi sebenarnya juga harus dimulai di negeri sendiri. Misalnya di Singapura yang melarang siapapun untuk membuang sampah permen karet sembarangan. Sampah atau sisa permen karet yang dibuang sembarangan bisa aja terinjak, susah dibersihkan, dan membuat kotor fasilitas publik. Maka dari itu, buanglah di tempat sampah dengan dibungkus kertas.

6. Membawa obat-obatan tanpa resep dokter

Lagi sakit flu tapi harus ke bandara dan naik pesawat? Kamu membawa obat-obatan tanpa bungkus dan tanpa resep dokter? Siap-siap diinterogasi petugas bandara, deh! Obat-obatan generik sekalipun kalau tanpa bungkusnya atau resep dokter akan dicurigai sebagai narkoba. Terutama yang mengandung codeine atau pseudoephedrine yang terlarang di beberapa negara. Nggak mau 'kan udah sakit, eh malah dipenjara?

7. Mabuk di pesawat

Bukan hanya pilot dan kru pesawat aja lho yang bisa dipenjara karena mabuk di pesawat. Penumpang yang mabuk berat pun bisa terancam hukuman pidana. Penumpang yang mabuk bisa berpotensi melakukan hal-hal di luar kesadarannya dan sangat berbahaya bagi penumpang lain, apalagi selama penerbangan. Maka dari itu, kru pesawat atau petugas bandara nggak segan-segan untuk menurunkan penumpang yang terindikasi mabuk.

Semua hal sepele tersebut bisa jadi karena kamu mengalami cultural shock atau nggak siap dengan aturan di suatu budaya atau wilayah. Maka dari itu jangan aneh-aneh deh, dan pelajari dulu ya aturan daerahnya sebelum plesiran ke sana! Daripada dijebloskan ke penjara, 'kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES