Selalu Menawan, Ternyata Begini Seragam Pramugari dari Masa ke Masa

12 Desember 2017
|Mega Fitriyani
330SHARES

Transportasi udara dengan menggunakan pesawat terbang populer mulai tahun 1940. Seiring berkembangkanya zaman, transportasi udara tidak hanya mementingkan kualitas maskapai, tapi juga faktor pendukungnya, salah satunya adalah pramugari.

Pramugari yang kita kenal sekarang identik dengan wanita-wanita berpenampilan menarik, elegan, dan sopan. Lalu bagaimana perjalanan style para pramugari dari masa ke masa?

1. Tahun 1940

Pada dekade ini pakaian pramugari kebanyakan adalah baju seragam dengan rok di bawah lutut. Sepatu yang kasual dan topi di atas kepala adalah aksesorisnya. Gaya tahun 1940-an ini banyak dipengaruhi oleh Perang Dunia II.

2. Tahun 1950

Pada tahun 1950-an, pakaian seragam pramugari hampir mirip dengan pakaian seragam militer. Pakaian tersebut mencakup kemeja yang dilapisi blazer, rok sepanjang lutut, dan topi sebagai hiasan kepala.

3. Tahun 1960

Pada tahuan 1960-an tren busana pramugari mulai berubah dan sedikit ada perbedaan. Seragamnya terdiri atas kemeja dengan kerah yang lebar, kancing baju berderet, dan rok selutut. Warna yang digunakan pun lebih tegas. Biasanya para pramugari akan membawa tas kecil sebagai pemanis. Selain itu, pramugari dari Southwest Airlines memakai seragam berupa kaos dan celana warna orange dengan hiasan syal.

4. Tahun 1970

Pada tahun 1970-an, para pramugari memakai rok selutut dengan menggunakan sepatu berhak. Biasanya pakaian seragam juga lebih ketat dan mereka pun menggunakan syal dan topi kecil yang berbentuk agak bundar.

5. Tahun 1980-an

Pada tahun 1980-an para pramugari mulai mengenakan segaram dengan model rompi. Model ini dibuat untuk meningkatkan kenyamanan pramugari.

6. Tahun 1990-an

Pada tahun ini seragam adalah pakaian kerja yang cukup longgar. Warna yang digunakan pun lebih dinamis dan bercorak. Bahan pakaian dipilih berdasakan kenyamanan kerja. 

7. Tahun 2000an

Pada tahun 2000an, pakaian seragam memiliki tren agak maskulin. Baju berupa setelan jas, warna agak gelap, dengan sepatu yang akan tampak resmi.

8. Tahun 2010an

Pada tahun-tahun 2000-an, seragam pramugari lebih berwarna, lebih modis, dan lebih anggun. Model telah banyak variasinya, bahkan dalam perancangannya terkadang membutuhkan bantuan dari desainer kondang. Desain seragam juga tidak lepas dari pengaruh budaya. Di beberapa Negara, kain motif akan dipakai, misalkan dengan kain batik. Hiasan kepala juga tidak harus menggunakan topi lagi. Tatanan rambut lebih bervariasi.

Nah, selalu menarik 'kan penampilan pramugari dari tahun ke tahun? Mana yang jadi favoritmu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
330SHARES