Selain Gudeg dan Bakpia, Ini 7 Makanan yang Wajib Kamu Cicipi di Jogja

www.tribunnews.com

Berwisata ke tempat-tempat keren di Jogja nggak lengkap rasanya kalau nggak mencicipi kekayaan kuliner Kota Pelajar ini. Biasanya sih orang-orang akan teringat dengan gudeg dan bakpia. Tapi itu udah biasa.

Gudeg dan bakpia itu memang sudah jadi trademark kuliner di Jogja. Padahal masih banyak makanan yang nggak kalah enaknya untuk berpetualang rasa. Apa aja tuh?

1. Ayam Geprek, kepedasan yang melegenda

resepdanmasakan.com

Buat kamu yang suka makanan pedas, pasti bakal suka banget nih sama yang namanya ayam geprek. Ayam geprek adalah ayam goreng tepung yang digeprek bersama sambal bawang. Dijamin pedasnya lebih nampol dari nyinyiran mantannya pacar. Kamu bebas memilih jumlah cabe. Dari 0 sampai 30 atau lebih, boleh kok kalau berani. Ayam geprek yang terkenal di Jogja di antaranya Ayam Geprek Bu Rum, Ayam Geprek Bu Made, dan Geprek Mas Kobis. Yang terakhir ayamnya nggak goreng tepung tapi ada kobis goreng yang crunchy banget. 

2. Sate klathak yang dagingnya empuk dan lembut

www.info-jogja.com

Punya masalah darah rendah atau penyuka hidangan berbahan dasar daging kambing? Wajib banget nyobain sate klathak. Dagingnya berasal dari kambing muda sehingga teksturnya empuk dan lembut nggak alot. Dipadu dengan sambal kecap dan kuah gulai dijamin perutmu bahagia. Sate klathak yang terkenal di Jogja adalah Sate Klathak Pak Pong dan Sate Klathak Pak Bari yang pernah dipakai tempat syuting Ada Apa Dengan Cinta 2.

3. Sego pecel alias nasi pecel yang cocok banget buat sarapan

www.kabarkuliner.com

Bukan orang Indonesia namanya kalau nggak sarapan nasi. Biar nggak enek, jangan langsung sarapan daging atau yang berat-berat. Sambut pagimu dengan makan sayur yang disiram bumbu kacang alias nasi pecel atau sego pecel. Biasanya di sepanjang jalan Malioboro pagi-pagi ada penjual nasi pecel. Kamu bisa makan langsung di situ pakai alas daun. Seru banget kan! Jangan lupa tambah tempe atau gorengan lainnya biar harimu tambah gurih. Selain di Malioboro, ada satu tempat makan pecel yang udah melegenda banget di Jogja yaitu SGPC Bu Wiryo di utara Fakultas Peternakan UGM.

4. Wedang tahu yang hangat dan lembutnya ngalahin pelukan kesayangan saat hujan

travelingyuk.com

Wedang tapi bisa dimakan? Ya cuma wedang tahu. Ini bukan tahu dikasih air panas ya. Bukan. Wedang tahu adalah kembang tahu yang diberi kuah jahe. Teksturnya halus sekali seperti tahu sutra, kuah jahenya manis dan hangat di tenggorokan sampai ke lambung. Cocok banget buat yang rindu kehangatan masa lalu. Nggak ding. Cocok buat yang suka kedinginan pagi-pagi soalnya kembang tahu yang paling terkenal di Jogja ada di area sekitaran Kranggan dekat Tugu Jogja, pada pukul enam pagi sampai habis.

5. Nasi kucing, sahabat mahasiswa di akhir bulan
uniek88.wordpress.com

Katanya sih Jogja terbuat dari rindu, kamu, dan angkringan. Terus kalau angkringan terbuat dari apa? Ya dari gerobak dan isinya. Ruh dari sebuah angkringan terletak di nasi kucingnya. Nasi yang dibungkus sekepalan tangan dengan lauk paling populer sambal teri dan sambel/oseng tempe ini adalah tolak ukur enak atau enggaknya hidangan di suatu angkringan. Sambil makan nasi kucing, jangan lupa lauk sate kerang/sate usus/kepala ayam dan gorengan yang dibakar dan dikecapin. Enaaak!

6. Soto bening khas Jogja, segar membangunkan pagi harimu
reviewkuliner.com

Soto adalah salah satu makanan Indonesia yang punya ciri khas di masing-masing daerah. Soto Banjar, soto mie Bogor, soto Kudus, sampai sroto Sokaraja semuanya enak meski berbeda-beda. Begitu juga di Jogja. Soto yang disajikan di Jogja berkuah bening dengan isian nasi, kol, bihun dan kecambah serta potongan tempe atau tahu atau perkedel (variasi pedagang). Biasanya ada pilihan lauk seperti keripik tempe serta sate usus, sate ati dan sate telur puyuh. Enak banget pagi-pagi udah makan begini. Kenyangnya awet.

7. Mie Lethek yang meskipun buthek tapi sehat. Obama aja ketagihan!

phiapu.blogspot.co.id

Melawan citra mie sebagai makanan yang nggak sehat dan penuh bahan pengawet, mie lethek diciptakan dari tepung tapioka dan tanpa bahan pengawet. Nggak perlu takut boraks dan formalin. Nggak ada juga pewarna atau pemutih, makanya warnanya suram gitu. Tapi rasanya tetap enak dong. Salah satu kedai mie lethek yang terkenal dan disambangi Obama adalah Mie Lethek Mbah Mendhes di Bantul.

Jadi besok kalau ke Jogja udah nggak bingung ya mau makan apa dan di mana. Sekali-kali ganti lah jangan gudeg sama bakpia terus. Udah siap liburan atau cuti tahun depan? Kapan ke Jogja lagi?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Tempat Wisata yang Cewek Ngga Boleh Kunjungi, Pikir Lagi Sebelum ke Sini

7 Tempat Wisata yang Cewek Ngga Boleh Kunjungi, Pikir Lagi Sebelum ke Sini

Menyambangi 5 Tempat Wisata Horor di Indonesia Ini, Bakal Bikin Bulu Kudukmu Merinding

Menyambangi 5 Tempat Wisata Horor di Indonesia Ini, Bakal Bikin Bulu Kudukmu Merinding

Traveler Wajib Tahu, 7 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Sedang Traveling!

Traveler Wajib Tahu, 7 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Sedang Traveling!

Meski Punya Panorama Alam yang Indah, 5 Pulau Ini Jarang Dikunjungi Turis

Meski Punya Panorama Alam yang Indah, 5 Pulau Ini Jarang Dikunjungi Turis

Dari Taman Jomblo Sampai Taman Superhero, Ini 10 Taman Kota Tematik di Bandung

Dari Taman Jomblo Sampai Taman Superhero, Ini 10 Taman Kota Tematik di Bandung

Kenalin Nih Famega Syavira Putri, Cewek Setrong yang Berkeliling Dunia Hanya 4 Bulan!

Kenalin Nih Famega Syavira Putri, Cewek Setrong yang Berkeliling Dunia Hanya 4 Bulan!

loading