Sebelum Menjajal Liburan ke Sana, Inilah 6 Fakta Menarik tentang Umbul Ponggok

07 Oktober 2017
|Pandu Rijal Pasa
Travel
0SHARES

Buat para pecinta diving, biasanya mereka melakukan diving atau menyelam ini di pantai ataupun di laut lepas. Namun, kini kita bisa melakukan diving atau snorkeling tanpa perlu jauh-jauh mencari pantai atau laut lepas, karena kamu bisa main ke Umbul Ponggok yang berlokasi di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Kata Umbul sendiri memiliki arti sumber mata air dan Ponggok merupakan nama daerah di sini. Seperti namanya, Umbul Ponggok ini sebenarnya merupakan mata air di Desa Ponggok. Meskipun begitu, ada 6 fakta menarik tentang tempat wisata satu ini yang akan membuatmu paham betapa sayangnya tempat ini untuk dilewatkan.

1. Akses jalan mudah

Kamu bisa mencapai lokasi wisata air Umbul Ponggok ini dengan mudah. Untuk mencapai lokasi yang berada di jalan Ponggok, Polanharjo, Klaten ini kamu bisa berangkat dari Jogja langsung menuju ke Klaten melalui Jalan Solo. Setelah lewat Kota Klaten, akan ada terminal Penggung di kanan jalan dan kamu ambil jalan arah kiri di traffic light di sana dan ikuti jalan hingga bertemu markas Koramil di kiri jalan. Dari pertigaan di markas koramil tersebut, kamu bisa ambil kanan dan hanya sekitar 2 kilometer dari situ kamu akan sampai di lokasinya.

2. Harga tiket murah

Harga tiket masuk yang sangat murah juga menjadi fakta yang seharusnya kamu ketahui terkait Umbul Ponggok. Hanya dengan 5.000 rupiah saja kamu bisa masuk ke dalam dan melakukan diving maupun snorkeling sepuasnya. Selain harga tiket, jika kamu butuh alat-alat seperti vin atau kacamata dan lain sebagainya, kamu juga bisa menyewa di tempat ini dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari 5.000 rupiah hingga 14.000 rupiah saja.

3. Air yang jernih

Meskipun ini hanya sebuah mata air, bukan laut lepas, tapi air di daerah ini tergolong sangat bersih. Tidak seperti mata air lain yang biasanya memiliki air yang berwarna buram. Bahkan saking bersihnya, kita bisa melihat ikan-ikan berkeliaran di dalamnya, serta kita bisa melihat akitivitas bawah air yang dilakukan oleh orang lain.

4. Ikan yang berenang-renang

Banyak ikan air tawar yang sengaja dipelihara di lokasi mata air ini. Tidak perlu khawatir, ikan-ikan di sini sudah jinak dan sudah terbiasa dengan keberadaan manusia. Meskipun banyak ikan air tawar di sini, namun airnya tidak lantas berbau amis. Hal ini disebabkan air yang ada di Umbul Ponggok memang murni berasal dari mata air dan langsung mengalir ke sungai-sungai yang ada pada jalurnya.

5. Fasilitas penunjang lengkap

Tempat wisata yang buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 ini ditunjang pula dengan fasilitas yang komplit. Kamu tidak perlu khawatir dengan barangmu selama menyelam, karena ada loker penyimpanan barang. Untuk kamu yang tidak bisa berenang atau tidak suka menyelam, kamu bisa menikmati keindahan lokasi ini dengan menggunakan perahu yang telah disediakan. Selain itu, kamu juga bisa menyantap makan siang di warung yang tersedia di pinggir kolam untuk memenuhi kebutuhan karbohidratmu.

6. Perlengkapan foto komplit

Untuk kamu yang tidak memiliki perlengkapan foto yang komplit, kamu tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola telah menyiapkan segala sesuatu berkaitan dengan pengabadian momen selama liburan di sini. Ya, pihak pengelola telah menyiapkan kamera, pelindung anti air, bahkan hingga jasa fotografer untuk keperluan khusus seperti prewedding.

Fakta-fakta menarik di atas ini tentu saja akan membuat siapapun yang mengetahuinya akan merasa sangat sayang jika harus melewatkan Umbul Ponggok dalam destinasi wisata ketika hendak berlibur. Jadi, buat kamu terutama yang menyukai diving, destinasi wisata Umbul Ponggok ini sangat rekomended sekali, lho.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES