Sebelum Memborong Oleh-oleh, Lakukan 5 Hal Ini. Belanja Ada Ilmunya Juga!

08 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Kebanyakan orang Indonesia kalau traveling pasti sibuk dengan belanja oleh-oleh. Meskipun bukan sesuatu yang wajib, tapi rasanya kurang sah kalau pulang dari traveling atau merantau nggak bawain sesuatu untuk orang rumah atau teman-teman. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh pengelola wisata agar kerajinan atau makanan khas wilayah tersebut laku oleh para turis.

Tapi hati-hati, kalau nggak pintar dalam belanja, bisa-bisa dompetmu tinggal recehan aja, tuh! Kepoin tips ini aja deh kalau gitu.

1. Bikin perencanaan mau beli apa aja dan untuk siapa aja

Ke pusat oleh-oleh tapi nggak punya perencanaan, siap-siap bakal kelamaan nyari sesuatu yang kamu nggak tahu kapan beresnya. Jadi biar efektif, sediakan daftar apa aja yang mau dibeli dan untuk siapa aja oleh-olehnya. Kamu bisa googling dulu makanan atau souvenir khas apa yang jadi oleh-oleh favorit. Bikin juga perencanaan untuk budget biar nggak boros.

2. Perhatikan jumlahnya, jangan sampai kelebihan bagasi hanya karena oleh-oleh

Kalau kamu traveling denga pesawat, pastikan belanjaanmu nanti nggak over-baggage karena akan dikenakan biaya tambahan. Jadi, sebaiknya kamu memilih oleh-oleh yang nggak begitu berat serta dalam jumlah yang sedikit. Nggak perlu lah beli kaos sampai 2 lusin atau beli kue sampai sekodi. Kamu mau bawa oleh-oleh apa mau jualan sih?

3. Jangan langsung beli di pedagang yang pertama

Ketika masuk ke area pusat oleh-oleh, jangan langsung tergiur dengan pedagang di pintu masuk atau yang pertama kamu jumpai. Keliling-keliling aja dulu, tanyakan harga dari satu pedagang ke pedagang lainnya. Atau bisa juga menyeleksi motif-motif pakaian yang akan kamu jadikan oleh-oleh. Kalau udah nemu yang cocok, baru deh kamu beli.

4. Hati-hati dengan trik pedagang licik yang memeras dompetmu

Perlu diwaspadai nih, ada beberapa pedagang licik yang dengan sengaja menempelkan atau memberikan barang dagangannya kepadamu. Ketika kamu pegang atau kamu coba tapi kamu nggak mau beli, mereka akan bertingkah seolah-olah kamu pembeli yang curang. Mereka pun nggak segan-segan memaksa kamu untuk membayarnya. Duh, rugi deh!

5. Pilih kemasan atau cara pengemasan yang mudah dibawa

Meskipun kayaknya sepele banget, tapi kemasan yang enak dibawa adalah koentji. Kebayang nggak kalau kamu harus bawa-bawa kantong plastik yang isinya berat dan dibawa masuk ke dalam pesawat pula. Makanya ketika membeli oleh-oleh kamu harus tahu dulu nih gimana kemasan dan pengemasannya. Pilih yang paling enak ditenteng ya!

Oleh-oleh seakan menjadi budaya di masyarakat kita, bahwa seseorang yang pergi ‘wajib’ membawakan buah tangan sebagai tanda cinta. Makanya daripada ngenes, cara-cara di atas harus dipraktekin, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES