Sebelum Memakai Jasa Tour Guide, Jawab 5 Pertanyaan ini Dulu. Yakin Butuh?

17 September 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Berlibur dengan ke tempat yang benar-benar dan baru dan asing bukanlah perkara mudah bagi setiap orang. Ada yang takut dan nggak bisa keluar dari zona nyaman, namun ada pula yang berani dan berprinsip “jalani dulu, biar tahu”. Mungkin kamu adalah traveler yang berencana untuk menjelajahi dunia, pergi ke tempat-tempat asing dan merasakan suasana yang berbeda.

Tapi apakah kamu bisa jalan-jalan secara bebas dan aman tanpa tour guide? Dan apakah kamu benar-benar butuh tour guide ketika liburan ke tempat yang baru? Inilah 5 hal yang harus kamu pertimbangkan, travelers!

1. Seberapa banyak rombonganmu?

Kamu harus perhatikan dulu nih jumlah rombonganmu. Kalau lebih dari dua orang, ketahui dulu apakah ada anggota yang udah paham destinasinya? Tapi bagi kamu yang jalan-jalan sendirian alias solo traveler di tempat yang baru pertama kali kamu kunjungi, misalnya di luar negeri kemungkinan besar kamu membutuhkan tur berpemandu. Daripada kamu bingung sendirian dan takut nyasar, traveling dengan tour guide adalah ide cemerlang.

2. Seberapa nyamankah kamu mengunjungi tempat yang baru dan asing?

Inilah yang harus kamu tanyakan dan yakinkan dirimu sendiri. Kamu yakin nggak nih kamu akan ngerasa nyaman di tempat yang baru dan asing alias keluar dari comfort zone kamu? Kalau kamu baru pertama kali ke sana dan ingin tahu lebih banyak, sepertinya kamu harus didampingi tour guide. Apalagi kalau tempat baru tersebut benar-benar asing bagi kamu mulai dari bahasa hingga budayanya yang kamu belum ketahui betul.

3. Seberapa ingin kamu menyelami budaya yang baru?

Salah satu fungsi dari tour guide atau paket tur berpemandu adalah adanya orang yang menjelaskan secara detil mengenai tempat, situs, hingga budaya setempat. Tour guide juga bisa berbahasa lokal di mana hal tersebut bisa membantumu dalam menyelami lebih dalam budaya dan kehidupan lokal. Nah, pas banget tuh bagi kamu yang ingin liburan sambil belajar budaya asing, kamu akan sangat terbantu dengan kehadiran tour guide.

4. Apakah lokasi wisatanya sulit?

Lokasi wisata yang cukup menantang biasanya membuat traveler merasakan yang namanya travel stress. Salah satu untuk menenangkan perasaan takut tersebut adalah dengan cara mendengarkan cerita atau dijelaskan tentang kondisi alam di sekitar lokasi wisata oleh yang berpengalaman. Dengan begitu, traveler akan lebih percaya diri untuk melalui lokasi yang sulit tersebut. Kalau kamu mudah mengalami travel stress, sepertinya kamu butuh tour guide, tuh!

5. Apakah kamu berlibur untuk merasakan serunya kebersamaan atau ingin refleksi diri?

Umumnya, seorang tour guide akan memandu sekitar 5 hingga 10 orang tergantung dengan lokasi wisata dan juga layanan tur yang tersedia. Coba tanyakan ke dirimu, apa sih tujuan liburan kali ini? Kalau kamu ingin merasakan serunya kebersamaan ataukah tujuanmu untuk ‘kabur’ sejenak dari rutinitas dan refleksi diri? Kalau tujuanmu adalah untuk refleksi diri, mungkin tur berpemandu nggak pas untuk kamu ikuti.

Gimana? Jadi kamu benar-benar butuh tour guide atau bisa jalan-jalan secara mandiri nih? Jangan sampai salah langkah ya, biar liburanmu makin berkesan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES