Sebelum Melalang Buana, Ini Aturan Makan yang Harus Kamu Tahu di Berbagai Negara

07 April 2018
|Naftalia Inge Fabian
96SHARES

Selagi masih muda, nggak ada salahnya kan untuk bermimpi setinggi mungkin. Terutama buat kalian yang hobi travelling, pasti pernah mendambakan yang namanya keliling dunia. Melihat keindahan dan kultur budaya dari seluruh negara. Selain itu, berburu kuliner juga masuk dalam list kegiatan yang bakal dilakuin ketika berkunjung ke negara tetangga. Kebayang dong gimana lezat dan uniknya makanan-makanan diluar negeri sana. Tapi sebelum berangan-angan lebih jauh, mendingan cari tahu dulu yuk aturan makan yang ada di berbagai negara ini.

1. Thailand

Mendengar nama Thailand, pikiran kita pasti langsung tertuju kepada aneka street food-nya yang sukses bikin lapar mata dan perut. Namun ternyata, negara yang dikenal dengan julukan negara 1000 pagoda ini memiliki beberapa aturan ketika menikmati hidangan makanan lho. Di antaranya ialah kita harus makan tanpa bersenda gurau dengan anggota keluarga lain. Karena mitosnya, jika kita makan sambil bercanda maka makanan kita akan dicuri oleh makhluk tak kasat mata. Hiyyy serem juga ya! Selain itu, Thailand juga menganggap makan dengan garpu adalah hal yang kurang sopan. Jadi, garpu hanya digunakan untuk membantu proses makan saja, bukan untuk memasukkan makanan ke dalam mulut.

2. Jepang

Jepang menjadi negara yang dikenal sangat disiplin dalam segala hal. Masyarakat Jepang pada umumnya juga sangat menghormati kebersihan dan ketertiban lingkungan. Maka dari itu, banyak wisatawan mancanegara yang mengidolakan Jepang dan selalu ingin kembali kesana. Selain kultur budayanya yang memukau, Jepang juga menyimpan sejumlah etika ketika sedang makan makanan. Misalnya saja ketika menggunakan sumpit, kita dilarang untuk menegakkan sumpit diatas mangkuk dan harus meletakannya dimeja dengan suara sangat pelan. Tak hanya itu, Jepang juga menganjurkan kita untuk memakan sup atau mie dengan cara diseruput. Wah seru juga untuk dicoba!

3. Korea Selatan

Sangat populer dengan dunia panggung hiburan baik serial drama ataupun musiknya, Korea Selatan menjadi negara yang begitu diminati oleh para wisatawan. Belum lagi banyak ditemukan makanan yang memiliki citarasa lezat. Dan nggak hanya makanannya yang menarik, cara makannya juga nggak kalah unik. Satu diantaranya adalah, ketika kamu makan di Korea, meskipun perut sudah terasa penuh, kita harus tetap menghabiskan makanan yang ada sebagai perwujudan rasa syukur. Nggak cuma itu, budaya kesopanan Korea Selatan mewajibkan untuk orang yang lebih tua makan terlebih dahulu. Keren!

4. China

China adalah salah satu negara dengan varian masakan yang sangat banyak dan enak. Meskipun enak, kita tidak boleh kalap dan harus tetap memperhatikan etika makan di negeri tirai bambu ini. Jika kamu berkunjung ke China dan makan di salah satu retorannya, maka disarankan untuk memesan makanan dalam jumlah genap. Dan jika kamu memesan semangkuk mie, maka kamu harus memakannya tanpa terputus. Semua itu dilakukan untuk menghindari mitos-mitos buruk yang bisa terjadi kalau kamu langgar.

5. Vietnam

Mau berburu pemandangan pantai yang kece selain di Indonesia? Cobain aja buat berwisata ke Vietnam! Rupa-rupanya, negara pemasok kopi terbesar kedua setelah Brazil ini memiliki beberapa pantai dengan predikat paling indah sedunia lho. Nantinya, kalau sudah capek main di pantai tentu yang kita cari tidak lain dan tidak bukan adalah makanan kan? Tapi ada beberapa aturan makan di Vietnam yang harus ditaati nih. Dua diantaranya adalah dengan tidak meletakkan tangan di bawah meja dan tidak minum sebelum orang yang tertua mempersilahkan kita untuk minum.

6. Jerman

Siapa nih yang punya impian terbang ke Jerman? Merupakan salah satu negara di bagian Eropa yang memiliki pemandangan alam super cantik, Jerman juga punya makanan khas yang nikmat untuk dicoba, diantaranya Sauerkraut dan Currywurst. Untuk mencicipi masakan-masakan di Jerman, kita tidak boleh melupakan aturan-aturan yang sudah ada di negara tersebut ya. Misalnya sedang makan di restoran, kita wajib nih ngasih tip minimal 5 persen. Dan satu lagi, kamu dilarang menggunakan pisau untuk memotong kentang. Sebagai gantinya, kamu bisa memakai ujung garpu untuk memotong kentang yang akan dimakan.

Itu dia beberapa aturan atau etika makan yang dijunjung oleh beberapa negara di dunia. Saat kita menjadi tamu di negara orang lain, sudah seharusnya kita menaati setiap peraturan dan kebijakan yang ada disana. Jangan sampai niat baik liburan tercoreng dengan melanggar sebuah aturan. Nggak cuma saat makan ya guys, tapi juga saat melakukan hal-hal sekecil apapun.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
96SHARES