Rendang Krispy Hebohkan Jagat Maya, Emang Ada ya Rendang yang Krispy Itu?

style.tribunnews.com

Rendang Krispy tengah menjadi perbincangan hangat warganet sepekan terakhir ini. Hal ini disebabkan oleh komentar dua orang juri Master Chef Inggris, Greg Wallace dan John Torode. Pada saat itu, salah satu kontestan MasterChefInggris, Zaleha Kadir Olpin, menyajikan hasil masakannya berupa nasi lemak dengan rendang ayam. Namun, bukannya pujian yang didapatkan Zaleha, para juri menyatakan jika hasil masakan kontestan asal Malaysia tersebut adalah sebuah kesalahan.

Melansir The Malay Mail Online, Kamis (5/4/2018), John tidak setuju akan pernyataan Zaleha bahwa ayam untuk rendang harus lembut dan mudah hancur. Juri lain, Gregg Wallace pun berkomentar miring. Ia berkata bahwa saus pada ayam membuat rendang sulit dimakan. "Kulitnya tidak renyah," katanya.

Waduh, emang ada ya rendang yang kulitnya renyah? Terus gimana tanggapan Zaleha atas pernyataan kedua juri tersebut? Langsung aja deh kita baca berita lengkapnya bareng YuKepo!

1. Pernyataan juri MasterChef Inggris

nakita.grid.id

Greg Wallace dan John Torode selaku juri dalam acara MasterChef Inggris menyatakan jika hasil sajian dari masakan Zaleha adalah sebuah kesalahan.

“Saya suka rasa rendangnya, ada sedikit rasa manis, namun kulit ayam-nya tidak renyah!" ujar Gregg Wallace mengkritik Zaleha.

"Rendang ini tidak bisa dimakan karena semua sausnya jadi meresap di kulit, saya tidak bisa makan,” lanjutnya.

Sementara John Torode pun menimpali komentar dari rekannya.

"Rendang ini dimasak dalam waktu yang kurang cukup! Dagingnya jadi terlalu lembut dan hancur berantakan. Sebaliknya, ayam itu keras dan tidak terlalu enak," katanya.

2. Zaleha harus tersingkir dari MasterChef Inggris

belitung.tribunnews.com

Akibat dari komentar tersebut, Zaleha mendapatkan poin terendah dari para juri dan dengan demikian ia harus merelakan harapannya untuk menjuarai kompetisi masak-memasak itu. Zaleha pun tersingkir pada babak tersebut.

3. Tanggapan Zaleha

www.instagram.com

Meski juri mengkritik hasil sajian masakannya, namun Zaleha tetap bangga dan tidak akan mengubah identitas dari masakan khas negaranya tersebut. Ia pun mengunggah foto masakannya di akun Instagram pribadinya dan menuliskan sebuah caption yang dinilai cukup bijak.

4. Emang ada ya rendang ayam itu?

www.fimela.com

Seperti yang diketahui oleh masyarakat Indonesia, rendang merupakan nama kuliner yang terbuat dari daging sapi. Namun ternyata, berdasarkan sejarah kuliner Minang, rendang bukanlah sebuah nama makanan, melainkan salah satu cara/proses memasak.

Penulis buku “Rendang Traveler”, Reno Andam menjelaskan jika rendang bukanlah nama masakan. Makna rendang yang sebenarnya adalah salah satu proses memasak yang dimulai dari gulai, kalio, hingga akhirnya menjadi rendang.

“Ada seorang chef yang bilang bahwa rendang itu teknik mengawetkan. Tapi, jadi awet itu sebenarnya bonusnya. Rendang itu sebenarnya teknik memasak, seperti halnya tumis, atau oseng-oseng, itu kan sebenarnya cara memasak,” kata Reno.

Ia pun menjelaskan jika berbagai macam daging dapat direndang. Misalnya daging sapi, ayam, bebek, kambing, itik, kerang, telur, kerbau, bahkan hingga aneka daun tanaman.

5. Terus apakah rendang yang renyah itu beneran ada?
www.vemale.com

Melihat kenyataan jika rendang sebenarnya bukanlah nama sebuah makanan, ada kemungkinan besar jika rendang yang dimaksud para juri bukanlah rendang yang biasa kita makan pada umumnya. Mungkin saja rendang yang dimaksud oleh John Torode ini adalah rendang garing asli Padang. Bagi orang minang daging sapi yang dimasak dengan hasil berkuah disebut gulai. Yang dimasak hingga berwujud kental/basah disebut Kalio, sedangkan yang benar-benar kering disebut orang minang Randang! Rendang yang asli buatan orang Minang memang biasanya bagian luarnya agak keras dan terkesan crispy. Hal ini disebabkan proses memasaknya yang sangat lama dan memakan waktu berjam-jam. 

6. Apakah rendang Indonesia dan Malaysia itu sama?
suryamalang.tribunnews.com

Jawabannya adalah sama sekali tidak sama alias berbeda. Mulai dari bahannya hingga cara memasaknya.

Melansir Tribunnews.com, berikut perbedaan rendang Indonesia dan Malaysia.

Rendang Malaysia menggunakan kerisik, yaitu sejenis kelapa parut sangrai. Kerisik ditambahkan dalam masakan rendang yang sedang dimasak. Penggunaan kerisik membuat bumbu terserap ke dalamnya. Hasilnya, bumbu rendang menjadi hampir kering dan berbutir-butir.

Sementara itu, rendang Indonesia atau Minang tidak menggunakan kerisik dalam masakannya. Mereka memilih mengaduk kuah rendang yang berasal dari santan cair berbumbu selama berjam-jam. Proses memasaknya yang lama ini membuat kuah rendah mengental, kering, berminyak, dan berwarna cokelat kehitaman. Karena dimasak dengan lama, maka bumbu terserap sampai ke dalam daging.

Untuk rasa, kedua jenis rendang ini memiliki cita rasa yang berbeda. Rendang Minang memiliki rasa gurih, manis dan pedas. Rasa ini berasal dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, asam kandis, lengkuas, dan sebagainya. Karena lamanya proses memasak, membuat rendang juga memiliki rasa sedikit manis. Sementara itu, untuk rendang Malaysia, mereka menambahkan gula jawa atau melaka untuk memberikan rasa manis. Selain itu penambahan asam gelugur membuat rasa rendang menjadi sedikit asam.

Nah, itu sudah terjawab bukan pertanyaan tentang ada atau tidaknya rendang yang krispy. Jika benar, bisa jadi dewan juri pernah mencicipi rendang asli Minang yang perawakannya gurih atau krispy sehingga ketika melihat rendang buatan Zaleha, mereka dibuat kecewa karena tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ngeri Bener! Taman Wisata Neraka di Thailand Ini Bikin Kamu Segera Tobat deh!

Ngeri Bener! Taman Wisata Neraka di Thailand Ini Bikin Kamu Segera Tobat deh!

Surga Dunia, 11 Oasis Ini Tawarkan Panorama yang Bikin Mata Sulit Kedip

Surga Dunia, 11 Oasis Ini Tawarkan Panorama yang Bikin Mata Sulit Kedip

5 Hal Ini Bisa Bikin Liburan Kamu Jadi Berantakan, Jangan Sampai Kejadian deh!

5 Hal Ini Bisa Bikin Liburan Kamu Jadi Berantakan, Jangan Sampai Kejadian deh!

Begini Caranya Buat SIM Internasional Biar Kamu Bisa Nyetir di Mana Saja

Begini Caranya Buat SIM Internasional Biar Kamu Bisa Nyetir di Mana Saja

Wow, 5 Hotel Ini Bentuknya Unik Banget, Lho. Jadi Pengen Cobain Nih!

Wow, 5 Hotel Ini Bentuknya Unik Banget, Lho. Jadi Pengen Cobain Nih!

Jangan Bawa Tongsis ke 5 Tempat Wisata Ini Jika Tidak Mau Diusir

Jangan Bawa Tongsis ke 5 Tempat Wisata Ini Jika Tidak Mau Diusir

loading