Rasakan Sensasi Kuliner Gastronomi Molekuler di 6 Restoran Futuristik Ini. Cara Baru Makan Enak!

26 Oktober 2017
|Lulu Lukyani
Travel
0SHARES

Yang suka wisata kuliner angkat tangan! Pasti banyak nih yang suka wisata kuliner alias jajan sana-sini. Biasanya orang yang suka wisata kuliner, seneng banget nyobain makanan-makanan baru atau tempat makan baru yang lagi trend. Nah, buat para pecinta kuliner, udah pada tau belum sih tentang grastonomi molekuler? Kedengerannya semacam istilah di bidang kimia atau fisika ya.

Yup! Gastronomi molekuler adalah studi ilmiah yang memelajari transformasi fisiokimiawi dari bahan pangan selama proses memasak dan fenomena sensori saat bahan itu dikonsumsi. Jadi, intinya gastronomi molekuler ini adalah teknik mengolah makanan dengan mengaplikasikan ilmu kimia dan fisika.

Sajian gastronomi molekuler ini mulai dikenal di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Menurut Adrian Ishak, koki gastronomi molekuler asal Indonesia, sebenarnya teknik gastronomi molekuler ini sudah banyak dipakai di dunia kuliner Indonesia. Daripada bingung, mending langsung simak restoran mana yang menyediakan makanan gastronomi molekuler yang sudah di-list Yukepo ini!

1. Namaaz Dining

Namaaz Dining adalah restoran gastronomi molekuler pertama di Jakarta. Restoran yang digawangi oleh Chef ganteng, Adrian Ishak, menyajikan masakan asli Indonesia yang diolah dengan teknik gastronomi molekuler yang pastinya bikin tampilannya unik dan futuristik. Selain itu, masakan yang disediakan juga bergantung konsep yang biasanya diubah setiap 6 bulan. Kalau kamu tertarik icip-icip kuliner di Namaaz Dining, kamu harus pesan dari jauh-jauh hari lewat website resminya ya. Soalnya, restoran futuristik ini selalu dibanjiri pengunjung apalagi kalau weekend.

Oh iya, kalau nanti kalian dateng ke Namaaz Dining dan disajikan selembar kertas, sebatang pensil, dan rautan, itu bukan buat nulis ya. Benda-benda tersebut adalah bagian dari set menu yang ada. Ketika disantap, gabungan benda-benda tersebut terasa seperti opor ayam lho! Unik banget, 'kan? Walaupun membutuhkan biaya yang cukup mahal, tapi dijamin worth it banget deh! 

2. Negev

Negev bukan hanya restoran futuristik yang menyajikan makanan gastronomi molekuler. Restoran ini juga menawarkan interior yang artsy abis yang bikin setiap pengunjungnya berasa makan di art gallery. Salah satu menu yang paling diincar di Negev adalah finale desert yang tampilannya sangat artistik. Desert ini terbuat dari macarons, gelatin, jelly, nuts, cubed cakes, truffles, dan bunga morning glory yang pastinya aman untuk dimakan. Selain itu, kamu bisa ngeliat proses ketika chef menyiapkan desert ini hingga menjadi edible art yang mengagumkan! Perpaduan antara interior yang artistik, musik, dan kuliner di Negev ini dijamin bikin kamu jatuh cinta!

3. Nusa Indonesian Gastronomy

Nggak jauh berbeda dari Namaaz Dining, Nusa Indonesian Gastronomy juga menyajikan masakan khas Indonesia dengan sentuhan gastronomi molekuler. Untuk menikmati sajian unik di Nusa Indonesian Gastronomy ini kamu bisa memilih 3 sampai 5 course set yang harganya mulai dari 350 ribu.

Salah satu makanan paling favorit di restoran futuristik ini adalah Ayam Lempah Kulat Pelawan. Jamur Pelawannya ini ibarat truffle-nya Indonesia. Rasanya enak banget! Selain itu, Nusa Indonesian Gastronomy juga menyediakan klepon, lho. Klepon yang satu ini bukan klepon biasa karena disajikan dengan coconut gelto, saus pasta rasa nangka, dan sorghum sponge cake yang bentuknya mirip buih sabun. Penasaran?

4. Ron’s Laboratory

Nah, kalau Ron’s Laboratory ini agak berbeda dari restoran grastonomi lainnya! Ron’s Laboratory adalah restoran grastonomi yang mengusung ice cream cafe. Ron’s Laboratory memanfaatkan nitrogen cair yang penuh dengan kepulan asap untuk membuat es krimnya. Salah satu menu es krim yang wajib kamu coba adalah es krim Dark Vader. Es krim ini berwarna cokelat gelap dengan rasa manis yang agak pahit. Lebih mantap lagi, es krim Dark Vader ini disajikan dengan topping injection cokelat yang bentuknya seperti suntikan dengan cokelat cair yang meleleh.

5. El Bulli

Restoran grastonomi berikutnya terletak di Eropa, tepatnya di Roses, Costa Brava, Spanyol. Restoran bernama El Bulli ini adalah milik Chef Ferran Adria, salah satu Top 20 Molecular Gastronomer. Skill Chef Ferran Adrian nggak perlu diraguin lagi nih kalau untuk urusan teknik gastronomi molekuler. Nggak aneh kalau restorannya ini setiap tahun mendapat reservasi banyak banget! Dari sekian banyak reservasi yang masuk, hanya 8000 pelanggan yang beruntung mencicipi lezatnya kuliner gastronomi molekuler di El Bulli. Kebayang dong gimana keren dan lezatnya masakan di El Bulli?

6. Alinea Restaurant

Grant Achatz, salah satu grastonomer handal ikut mempromosikan masakan gastronomi molekuler melalui restoran futuristiknya, Alinea Restaurant. Alinea Restaurant terletak di Chicago, Amerika Serikat. Restauran futuristik ini dibuka sejak tahun 2005 dan kepopulerannya langsung meroket hingga menduduki posisi pertama dalam jajaran Top World Traveler Elite 2012. Skill Grant Achatz untuk mengolah makanan dengan teknik gastronomi molekuler tidak perlu dipertanyakan lagi. Bersama krunya, Achatz mampu menyajikan makanan western dengan tampilan yang unik khas sajian gastronomi.

7. Moto Restaurant

Seorang pengusaha, koki, dan molekuler gastronomer, Homaro Cantu adalah pemilik Moto Restaurant. Moto Restaurant merupakan restoran gastronomi molekuler yang terletak di Chicago, Amerika Serikat. Imajinatif, futuristik, inovatif, dan tentunya artistik adalah kesan yang ditampilkan oleh sajian Moto Restaurant.

Homaru Cantu menjadikan dapur restorannya sebagai laboratorium percobaan sekaligus tempat menciptakan sajian artistik dengan teknik gastronomi molekuler. Selain itu, pengunjung pun akan diajak terlibat dalam percobaan-percobaan ilmiah ketika proses pembuatan makanannya berlangsung.

Gimana, guys? Nggak cuma enak, makanan gastronomi molekuler juga punya tampilan yang keren banget! Bikin kita kagum sekaligus bingung buat makannya, 'kan? Makin penasaran sama kuliner gastronomi molekuler? Udah langsung aja dateng ke restorannya dan langsung icip-icip deh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES