Pisang Goreng Harganya Rp75 Ribu, Inilah 7 Daftar Makanan Indonesia di Luar Negeri

06 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Indonesia adalah negeri yang kaya. Sumber daya alam di Indonesia sudah dapat dikatakan sebagai salah satu yang terbaik di antara negara-negara lainnya. Dengan kekayaan alam yang bangsa kita miliki, sudah sepatutnya kelaparan dan kemiskinan tidak terjadi di negeri kita tercinta. Namun, realita memang tak seindah sebuah syair lagu.

Meski demikian, masyarakat lokal masih mampu untuk mengolah berbagai bahan makanan yang dapat dijual dengan harga yang lumayan. Salah satunya adalah pisang goreng. Nah, kalau harga pisang goreng di Indonesia biasanya dijual dengan kisaran Rp1.000 per buahnya, beda cerita kalau kamu belinya di luar negeri. Kenyataannya, ketika kamu tengah traveling ke Belanda dan menemukan penjaja pisang goreng, kamu jangan kaget kalau tahu harga dari pisang goreng tersebut bisa mencapai angka 5 euro atau setara dengan Rp75 ribu! Wah, mahal amat yak!

Lalu, berapa harga dari makanan Indonesia lainnya ketika dijajakan di luar negeri? Berikut kita simak bareng-bareng. Yuk, kepo!

1. Mie Instan

Mie instan merupakan makanan yang paling populer di kalangan masyarkat Indonesia, khususnya anak kost. Bagaimana tidak dengan harga yang relatif murah, yakni Rp2 ribu hingga Rp3 ribu per bungkusnya, kita semua bisa merasakan kenikmatan yang tiada tara.

Namun, siapa sangka ketika kamu berada di Jepang, kamu akan dipaksa merogoh kocek yang lumayan untuk dapat membeli satu bungkus mie instan. Di Negeri Sakura tersebut, harga mie instan per bungkusnya dihargai sebesar 85 yen atau setara dengan Rp9 ribu

2. Pecel lele

Makanan yang sering kita temui di pinggir jalan ini biasanya dipatok dengan harga Rp10 ribu per porsinya. Makanan ini juga menjadi salah satu primadona di tanah air. Nah, ternyata selain terkenal di Indonesia, pecel lele juga jadi makanan favorit di Swiss, lho. Di sana, harga satu porsi pecel lele bisa mencapai angka 15 euro atau setara dengan Rp225 ribu! Gokil, mahal amat.

3. Tempe

Makanan khas Indonesia ini dapat kita beli dengan harga Rp2 ribu per potongnya. Namun, ketika kamu sedang traveling keliling Eropa dan kangen akan rasa khas dari tempe, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam karena harga tempe di sana dihargai sebesar 1,8 Euro atau setara dengan Rp25 ribu per potongan kecilnya. 

4. Nasi goreng

Nasi goreng di Indonesia dapat kita beli dengan harga Rp10 ribu. Namun, ketika kamu berada di Amerika Serikat, satu porsi nasi goreng dihargai sebesar USD 10 atau setara dengan Rp110 ribu! Edan tenan.

5. Sate ayam

Nggak cuma masyarakat Indonesia yang gemar dengan makanan yang satu ini. Masyarakat Jerman pun sangat menggilai sate ayam, lho. Kalau di sini satu porsi sate ayam dihargai dengan kisaran Rp10 ribu hingga Rp20 ribuan, kalau di Jerman, satu porsi sate ayam dihargai sebesar 10 Euro atau setara dengan Rp150 ribu.

6. Gado-gado

Gado-gado termasuk makanan yang murah dan nikmat. Dengan Rp10 ribu hingga Rp12 ribu, kamu bisa mendapatkan satu porsi gado-gado yang wuenak ini. Namun, ketika kamu berada di New York, kamu diharuskan untuk membayar sebesar USD 10 atau setara dengan Rp110 ribu dan belum termasuk minum.

7. Bakso

Makanan yang satu ini ternyata nggak cuma terkenal di Indonesia, lho. Tetangga kita, yakni Singapura juga sudah keranjingan dengan makanan yang satu ini. Bedanya, kalau di Indonesia harga satu porsi bakso dihargai sebesar Rp10 ribu-Rp15 ribu. Kalau di Singapura, harga satu porsi bakso dihargai sebesar SGD 5 atau setara dengan Rp50 ribu! Hem, ngeracik baksonya di Indonesia terus jualnya di Singapura lumayan juga nih untungnya.

Itu dia daftar harga makanan khas Indonesia yang dijajakan di luar negeri. Sungguh mahal-mahal bukan harganya?  Nah, daftar harga di atas bisa dijadikan pegangan nih oleh kamu ketika lagi berada di luar negeri, tapi kangen makanan Indonesia. Meski mahal, namun rasa kangenmu akan segera terbayarkan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES