Nggak Nyangka, 6 Tempat Kece di Indonesia Ini Dulunya Bekas Bencana Alam!

24 Agustus 2017
|Indana Putri
125SHARES

Bencana memang selalu membawa duka. Tidak hanya kehilangan harta benda, bencana kadang juga banyak menghilangkan nyawa dari keluarga. Tapi, pepatah mengatakan "ada hikmah dibalik bencana", maka tempat bencana ini pun juga memetik banyak hikmah. dari puing-puing bekas bencana, warga sekitar menyulapnya menjadi tempat wisata! Seperti apa wajah tempat wisata yang menyimpan banyak duka bekas bencana ini?

1. Wisata Lumpur Lapindo

2006 adalah masa kelam di Indonesia. Bagaimana tidak, dua bencana terjadi dalam waktu hanya berselang dua hari. Salah satunya adalah lumpur Lapindo. Pada awalnya, menyemburnya lumpur panas yang menenggelamkan 3 kecamatan dan banyak desa di Porong, Sidoarjo ini diduga akibat kesalahan pengeboran PT. Lapindo.

Dalam sehari, lumpur panas yang menyembur bisa mencapai 7 juta kubik! Bahkan hingga 11 tahun berlalu, lumpur panas ini masih mengeluarkan semburan, meskipun tidak sebanyak dulu. Sayangnya, PT. Lapindo tidak juga menuntaskan ganti rugi kepada masyarakat sekitar yang kehilangan harta benda yang ikut terbenam bersama lumpur. Sehingga masyarakat membuat patung-patung ini sebagai pengingat bahwa banyak nyawa yang dirugikan akibat terendam lumpur. Semoga penguasa tidak lupa.

2. Pulau Sarinah, pulau yang terbentuk dari endapan lumpur Lapindo

Semburan lumpur yang terus menerus itu tentu saja tak cukup jika hanya dibendung dalam tanggul. Mau tak mau pemerintah membuat cara untuk membuang aliran lumpur ke sungai. Awalnya, pembuangan ini mengakibatkan banyak ikan yang mati di sungai Porong. Namun setelah diteliti dan diolah lebih lanjut, semburan lumpur panas ini dapat dibuang secara aman ke sungai tanpa menimbulkan kerusakan lingkungan.

Setelah beberapa tahun berlalu, endapan lumpur buangan ini membentuk sebuah delta di muara sungai. Endapan seluas 80 hektar ini rupanya cukup kuat untuk dipijak. Awalnya pulau ini hanya hamparan gersang, namun warga berinisiatif menanam beberapa tanaman seperti bakau, yang mana ternyata bisa tumbuh subur, sehingga pulau yang kemudian diberi nama pualu Sarinah ini menjadi pulau kecil yang cantik. 

3. Gunung Lusi (Lumpur Sidoarjo)

Luapan lumpur panas lapindo yang tak kunjung usai. Penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa lumpur panas ini berasal dari gunung lumpur purba. Terlihat dari bekas letupan yang membentuk kaldera seperti gunung berapi. Kabarnya di Indonesia, ada 15 gunung lumpur purba, dan Lapindo adalah yang terbesar. Meletusnya gunung lumpur purba di Lapindo ini salah satunya dikarenakan pergeseran lempeng tektonik. Jika dilihat dari atas, cukup menarik perhatian ya!

4. Rumah Teletubbies di Jogja

Bencana gempa bumi di Jogja pada 2006 lalu, rupanya menarik perhatian di seluruh dunia. Sehingga beberapa relawan dan peneliti dari luar negeri membuat rumah anti gempa untuk para pengungsi korban gempa. Uniknya, rumah anti gempa ini berbentuk seperti rumah Teletubbies, sehingga menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

5. Monumen Kapal Tsunami Aceh

Masih segar di ingatan kita mengenai tsunami yang menewaskan ratusan ribu nyawa di Aceh pada 2004 lalu. Dari sekian banyak puing-puing yang tersisa, ada satu hal yang paling menarik, yaitu kapal yang terseret hingga mendarat di atas puing rumah warga. Pemerintah pun menjadikan kapal tersebut monumen peringatan bencana tsunami.

Tidak selamanya bencana membawa kesedihan. Setelah kesedihan itu berakhir, ada hal baik yang bisa dijadikan hikmah, pelajaran, dan bahkan adanya tempat yang unik dan kece untuk dikunjungi. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi spot ini satu persatu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
125SHARES