Nggak Cuma Manusia, 10 Binatang Ini Melakukan Perjalanan Jauh

pixabay.com

Traveling adalah hal yang sering dilakukan manusia untuk memperoleh liburan atau mencari pengalaman baru. Beberapa pindah untuk mendapatkan hidup yang lebih baik, menempuh pendidikan, atau pekerjaan. Seperti halnya manusia, binatang juga melakukan perjalanan, bahkan mungkin lebih jauh daripada manusia. Mereka melakukan migrasi karena banyak alasan, misalnya untuk mencari makan, pasangan, atau tempat tinggal. Yuk, kepo daftarnya

1. Ikan paus

poshariini.blogspot.co.id

Ikan paus melakukan migrasi untuk alasan tertentu. Salah satunya adalah ikan paus abu-abu biasa melakukan migrasi musiman, yakni pada bulan Desember atau Januari. Tujuan migrasi ini adalah mencari lautan dengan air yang lebih hangat sehingga ia bisa melahirkan di sana. Pada tahun 2007, seekor paus abu-abu menjadi binatang dengan migrasi terjauh. Namun, saat ini, rekor dipegang oleh paus bungkuk yang telah menempuh jarak 8.299 kilometer, setara dengan jarak Indonesia-Afrika Selatan.

2. Wildebeest biru

en.wikipedia.org

Binatang yang mirip dengan kerbau ini adalah spesies Afrika yang bermigrasi secara masif sejauh 3.000 kilometer. Binatang ini bermigrasi untuk mencari makanan.

3. Caribou (sejenis rusa)

kids.nationalgeographic.com
Caribou pernah menempuh perjalanan sejauh 4.800 kilometer. Binatang kutub ini biasanya bermigrasi sejauh 2574 kilometer setiap tahunnya . Selain melakukan migrasi yang spektakuler, binatang ini juga dikenal unik karena merupakan satu-satunya spesies rusa yang rusa betina dan jantannya memiliki tanduk.

4. Penyu belimbing

www.youtube.com

Seekor penyu belimbing berdasarkan National oceanic and Atmospheric Administration, Amerika Serikat, mampu melakukan migrasi sejauh 20.500 kilometer. Migrasi ini bertujuan mencari makanan. 

5. Kupu-kupu Monarch
arumsekartaji.wordpress.com

Kupu-kupu biasanya berumur pendek karena hanya hidup dalam hitungan hari saja. Namun, kupu-kupu monarch mampu hidup dalam waktu 9 bulan. Dalam usianya yang pendek, kupu-kupu ini telah melakukan perjalanan yang sangat jauh sebesar 4.000 kilometer dari Meksiko ke Kanada, dan kembali lagi ke Kanada setiap tahunnya. 

6. Kupu-kupu Painted Lady
www.butterfliesathome.com

Kupu-kupu ini melakukan migrasi sebesar 15.000 kilometer dari gurun di utara Afrika menuju kutub Utara. 

 

7. Capung globe skimmer

indianquarterly.com

Serangga lain adalah capung globe skimmer. Capung jenis ini bisa mencapai jarak 18 ribu kilometer saat migrasi dari India ke timur Afrika dan kembali lagi. Tapi, seperti kupu-kupu, serangga ini tak berumur panjang dan tak mampu bertahan dalam perjalanan penuh. Akibatnya, perjalanan tahunan ini biasanya ditempuh oleh generasi turun-temurun.

8. Burung Kolibri

burungkolibrininja.blogspot.com

Burung ini terbang sejauh 2.200 kilometer dari pantai timur Amerika ke Amerika Tengah

9. Burung Godwit

nzbirdsonline.org.nz

Burung ini menempuh perjalanan sejauh 30.000 kilometer. Hebatnya, jarak ini ditempuh hanya dalam waktu 20 hari nonstop, hanya dalam 3 kali terbang. Para peneliti memperkirakan, alasan burung ini hanya beristirahat 3 kali adalah mereka kesulitan untuk beradaptasi dengan wilayah baru. Maka, mereka hanya beristirahat pada tempat yang mereka kenal atau aman. Jika sebuah wilayan tidak dikenal, mereka berusaha untuk tidak singgah. Namun, dengan semakin bertambahnya wilayah yang rusak, burung ini bisa punah karena tidak dapat menemukan makanan selama perjalanan migrasi.

10. Burung Tern atau Dara Laut Arktik
www.audubon.org

Burung yang berada di Belanda ini biasanya menempuh jarak 48.700 kilometer dari Eropa ke Antartika untuk mendapatkan makanan. Sementara, saat musim kawin, mereka biasanya menempuh jarak 90.000 kilometer. 

Itu dia binatang-binatang yang melakukan perjalanan terjauh. Merasa tertantang untuk melakukan hal yang sama? Jika kamu merasa ada hal yang bisa kamu raih di tempat yang jauh, atau mengharapkan kehidupan yang lebih baik, mengapa tidak migrasi juga? Ada banyak keuntungan yang bisa kamu lakukan dengan berjelajah, mulai dari wawasan yang semakin luas, kemandirian yang bertumbuh, hingga jaringan yang kian bertambah. Tunggu apa lagi? Rencanakan perjalanmu sekarang. Mumpung masih muda, kan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Mengintip Keunikan World of Magic Jogja, Rumah Sulap Pertama di Dunia

Mengintip Keunikan World of Magic Jogja, Rumah Sulap Pertama di Dunia

10 Negara yang Melarang Penggunaan Vape, Perhatiin Nih Kalau Nggak Mau Kena Denda

10 Negara yang Melarang Penggunaan Vape, Perhatiin Nih Kalau Nggak Mau Kena Denda

5 Keunikan Museum Kosmetik yang Ada di Korsel, Cewek-cewek Wajib ke Sini Nih!

5 Keunikan Museum Kosmetik yang Ada di Korsel, Cewek-cewek Wajib ke Sini Nih!

Gokil, Seluruh Rumah di Desa Ini Bentuknya Menyerupai Kapal Terbalik!

Gokil, Seluruh Rumah di Desa Ini Bentuknya Menyerupai Kapal Terbalik!

Berencana Ngecamp di Pinggir Pantai? 6 Perlengkapan Ini Wajib Dibawa!

Berencana Ngecamp di Pinggir Pantai? 6 Perlengkapan Ini Wajib Dibawa!

Keren, Inilah 6 Gunung dengan Jalur Pendakian Padang Sabana di Indonesia

Keren, Inilah 6 Gunung dengan Jalur Pendakian Padang Sabana di Indonesia

loading