Mulai Mobil Sampai Pesawat, Ini Dia Spot Tempat Duduk Teraman dan Paling Berbahaya

04 Oktober 2017
|Olphi Disya
741SHARES

Pernahkah kamu berpikir bahwa ternyata ada posisi tempat duduk yang memiliki risiko kecelakan paling besar dan ada juga yang paling aman? Meskipun setiap berkendara tentu ada risiko kecelakaan, namun memilih posisi kursi yang less dangerous bikin kamu lebih mudah menyelamatkan diri ketika terjadi kecelakaan. Wah, kira-kira di mana aja ya? Perhatikan penjelasan berikut ya!

1. Mobil

Posisi paling aman: di belakang sopir atau di tengah karena paling aman dari benturan langsung dari depan atau belakang.

Posisi paling berisiko: di samping sopir, karena ketika sopir refleks mengelak bisa jadi langsung ke arah penumpang di sebelahnya.

2. Minibus

Posisi paling aman: duduk yang menghadap berlawanan dengan arah melajunya minibus sebenarnya paling aman untuk mencegah benturan saat ngerem mendadak, tapi kalau semua kursi menghadap searah dengan perjalanan tetap pilih kursi di belakang sopir.

Posisi paling berisiko: di samping sopir dan di pinggir jendela. Karena kaca jendela minibus yang pecah lebih keras dan berbahaya.

3. Bus

Posisi paling aman: pilih kursi di tengah, bukan paling depan ataupun paling belakang. Perhatikan juga letak roda bus dan pilih yang nggak tepat di atas roda bus karena berpotensi bikin perutmu mual.

Posisi paling berisiko: paling depan dan di pinggir jendela bus yang posisinya berlawanan arah dengan lajunya bus karena jika ada kendaraan lain dari arah berlawanan akan paling dulu ditabrak.

4. Kereta

Posisi paling aman: kursi manapun yang terletak di gerbong bagian tengah, bukan gerbong pertama atau akhir karena bila ada kecelakaan, gerbong pertama dan terakhir sering keluar jalur rel.

Posisi paling berisiko: kursi yang menghadap searah dengan perjalanan karena apabila kereta ngerem mendadak, kamu akan lebih mudah terpental ke depan.

5. Kapal laut

Posisi paling aman: kursi yang terletak di kabin dek atas atau bukan di lantai dasar karena apabila tenggelam masih dapat menyelamatkan diri.

Posisi paling berisiko: kursi di kabin kapal paling bawah karena apabila akan tenggelam akan lebih dulu dibanjiri air laut yang membuat sulit menyelamatkan diri.

6. Pesawat terbang

Sebenarnya masih ada perdebatan para ahli terkait posisi mana yang paling aman di pesawat. Tapi kemungkinan besar kursi yang terletak di bagian belakang (dari sayap hingga ke ekor pesawat) lebih aman dibandingkan dengan di bagian depan.

Mau duduk di manapun dan dengan kendaraan apapun, lebih baik kamau selalu berdoa dan tetap perhatikan jalan agar kamu lebih siap jika ada hal-hal yang nggak diinginkan terjadi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
741SHARES