Mochitsuki, Cara Ekstrem Membuat Mochi di Jepang. Kamu Nggak Akan Kuat Melihatnya!

matcha-jp.com

Siapa sih yang belum pernah makan mochi, kue kenyal isi pasta kacang dari Jepang? Di Indonesia saja sudah banyak yang menjualnya ya. Selain rasanya enak, mochi juga awet sehingga bisa dibawa bepergian selama berhari-hari. Makan doang sih gampang, tapi kamu tahu nggak nih sejarah dan cara membuat mochi di negeri asalnya, Jepang?

1. Awalnya mochi adalah makanan yang dijadikan bekal para samurai untuk berangkat ke medan perang

wasa-bi.com

Sebelumnya bekal mereka adalah nasi biasa, namun bekal ini cepat basi. Setelah orang-orang Jepang menemukan semacam beras ketan yang disebut mochigome dan setelah dimasak bisa lebih awet daripada nasi, akhirnya mochi inilah yang dijadikan bekal.

2. Selain itu, mochi juga selalu ada dalam perayaan-perayaan apa saja di Jepang

hiro8japan.com

Terutama tahun baru. Meskipun demikian, seringkali orang-orang tua yang dirugikan, mendapat dampak negatif dari mochi ini. Karena teksturnya yang mulur dan kenyal, banyak orang tua yang tersedak dan kasus-kasus serupa angkanya naik pada momen-momen perayaan tertentu. Uniknya, mereka punya cara cepat membebaskan diri dari mochi yang menyangkut di tenggorokan yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner kecil. Disedot dari mulut, biar nggak menyangkut di kerongkongan. Seram ya.

3. Mochi ada banyak bentuknya, bukan hanya yang putih isi kacang atau kacang merah

cyn2nyc.wordpress.com

Di Jepang sendiri, mochi dinikmati dalam berbagai bentuk. Ada yang dipanggang lalu dijadikan pendamping sup, ada juga yang dinikmati sebagai camilan saat jalan-jalan maupun di rumah. Ada mochi yang dinikmati polosan, hanya beras ketan mochigome saja yang telah dikukus dan diuleni atau dipanggang. Ada juga yang telah diisi dengan pasta kacang tanah atau kacang merah. Seiring perkembangan zaman, mochi juga semakin bertambah variannya sampai ada es krim mochi. Yaitu adonan mochi diisi es krim. Di Indonesia juga kita sudah lumayan sering menjumpainya.

4. Salah satu teknik pembuatan mochi yang terkenal adalah mochitsuki

www.youtube.com

Dalam budaya tradisional Jepang, ada banyak teknik untuk membuat adonan mochi menjadi kenyal dan siap konsumsi. Setelah mochigome direndam dan dikukus, tahap selanjutnya adalah menumbuknya hingga menjadi adonan yang kenyal. Nah tahap ini yang praktiknya berbeda-beda di sana. Salah satu yang terkenal adalah mochitsuki yang dilakukan oleh Mitsuo Nakatani di Nakatanidou, kedainya yang menjual mochi di Kota Nara.

5. Tekniknya adalah dengan memukul adonan mochi menggunakan kine di atas usu

www.youtube.com

Di Nakatanidou, setiap hari dipertontonkan mochitsuki. Jadi satu orang memukul adonan dengan kine (seperti palu dari kayu yang sangat besar) di dalam usu (wadah kayu yang sangat berat, untuk menggesernya saja butuh 2-3 lelaki dewasa) dengan ritme yang harus tepat sementara satu orang lainnya bertugas menambahkan air ke dalam adonan agar tidak lengket. Proses ini berlangsung sekitar dua menit. Mitsuo Nakatani telah melakukannya lebih dari 20 tahun dan kecepatan rata-ratanya adalah tiga pukulan kine per detik.

6. Yang spesial di Nakatanidou adalah yomogi mochi
en.japantravel.com

Adonan mochi dicampur dengan yomogi atau mugwort, tumbuhan liar yang menghasilkan warna hijau dan sensasi segar di adonan mochi. Jadi mochinya berwarna hijau, rasanya segar, dengan isian kacang merah dan fresh! Jadi bisa dinikmati selagi hangat gitu. Asyik banget ya! Nggak heran tempat ini selalu ramai karena selain orang-orang ingin mencoba kenikmatan mochi, juga bisa menonton ‘atraksi’ mochitsuki.

en.japantravel.com

Itu dia tradisi dan cara membuat mochi yang sesungguhnya dari negeri asalnya, Jepang. Setelah mengetahui betapa rumit dan panjangnya sejarah dan cara pembuatannya, gimana pandanganmu terhadap mochi?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Mitos dan Fakta Mencengangkan dalam Dunia Penerbangan yang Kamu Harus Tahu

7 Mitos dan Fakta Mencengangkan dalam Dunia Penerbangan yang Kamu Harus Tahu

Seperti Apa Pendidikan Awak Kabin Garuda Indonesia di Masa Lampau?

Seperti Apa Pendidikan Awak Kabin Garuda Indonesia di Masa Lampau?

Cobain Nih Wisata Taman Labirin yang Bakalan Bikin Kamu Pusing, Berani?

Cobain Nih Wisata Taman Labirin yang Bakalan Bikin Kamu Pusing, Berani?

Maskapai Indonesia Mana yang Paling Tepat Waktu Keberangkatannya Sepanjang 2017 Kemarin?

Maskapai Indonesia Mana yang Paling Tepat Waktu Keberangkatannya Sepanjang 2017 Kemarin?

7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakuin di Bali Selain di Pantai Kuta

7 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakuin di Bali Selain di Pantai Kuta

Pesona Sawah Padi Black Madras yang Nge-Hits Banget di Indramayu!

Pesona Sawah Padi Black Madras yang Nge-Hits Banget di Indramayu!

loading