Meski Meletus Tiap 20 Menit Sekali, Gunung Api Ini Menawarkan Keindahannya

volcanocafe.wordpress.com

Pernahkah kamu membayangkan berada di sisi gunung api yang mana gunung api tersebut meletus akan meletus tiap 20 menit sekali? Pasti nggak akan kebayang dong gimana menakutkannya? Nah, ternyata gunung api yang seperti itu benar adanya dan gunung api itu terletak di Indonesia, lho. Nggak percaya? Dateng aja langsung ke Kabupaten Lembata yang ada di Flores, Indonesia!

volcanotour.blogspot.com

Di sini, kamu akan mendapati pemandangan yang tidak seperti biasanya. Guguran lahar dapat kamu saksikan dengan jelas tiap 20 menit sekali. Meski begitu, tempat ini aman kok buat kamu kunjungi.

Adalah Gunung Batu Tara, gunung yang disebut-sebut sebagai gunung api terunik di dunia. Terletak di Pulau Komba, para pendaki dapat menikmati letusan lahar dengan sambil kamping di sekitar tempat ini. Jarak aman untuk dapat menyaksikan guguran lahar dari gunung ini adalah sekitar 50 meter dan waktu terbaik untuk dapat menikmatinya adalah pada pagi dan sore hari.

phinemo.com

Sebelumnya, Gunung Api Batu Tara penah meletus dahsyat pada 1847 dan 1952. Letusan tersebut menghasilkan “bom vulkanik” yang disertai dengan lelehan lahar. Kemudian pada 1 Juli 2006 yang lalu, gunung api ini kembali meletus dan menghasilkan abu vulkanik setinggi 5000 kaki atau sejauh 2 km. Abu vulkanik pun bertebaran hingga sejauh empat kilometer yang mirip dengan aktivitas anak Gunung Krakatau.  Sejak saat itu, Gunung Api Batu Tara sering meletus dan bahkan hingga puluhan kali dalam sehari.

Fenomena yang dialami oleh gunung api ini lantas membuatnya masuk ke dalam Nominasi Wisata Unik Terpopuler versi Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tahun 2017 lalu. Nah, bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, sebaiknya ajak teman-teman kamu, ya minimal 15-20 orang lah. Soalnya kalau kamu sendirian dateng ke sininya, biaya sewa kapalnya bakalan kerasa mahal banget. Maklum karena belum ada kapal reguler yang bersandar di Pulau Komba. Jadi, kamu harus menyewa kapal untuk menyebrang secara penuh. Tertarik untuk datang ke tempat ini?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Restoran Robot Jepang, Tempat Makan dengan Konsep yang Tidak Biasa

Restoran Robot Jepang, Tempat Makan dengan Konsep yang Tidak Biasa

5 Situs Wisata Kuno yang Diduga Dibuat oleh Alien

5 Situs Wisata Kuno yang Diduga Dibuat oleh Alien

7 Makanan Ini Nggak Boleh Kamu Konsumsi Saat Berada di Pesawat

7 Makanan Ini Nggak Boleh Kamu Konsumsi Saat Berada di Pesawat

Ternyata Begini Cara Bali Merayakan Nyepi. Menepi Sementara dari Kegiatan Duniawi

Ternyata Begini Cara Bali Merayakan Nyepi. Menepi Sementara dari Kegiatan Duniawi

4 Rekomendasi Penginapan Murah Ketika Liburan di Bali, Murah-murah Cuy!

4 Rekomendasi Penginapan Murah Ketika Liburan di Bali, Murah-murah Cuy!

Kenapa Power Bank Tidak Diperbolehkan untuk Masuk ke Dalam Bagasi Kabin Pesawat?

Kenapa Power Bank Tidak Diperbolehkan untuk Masuk ke Dalam Bagasi Kabin Pesawat?

loading