Menurut Penelitian, Inilah Hari Terbaik untuk Booking Tiket Pesawat Murah! Kapan Tuh?

14 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Mungkin kamu pernah dengar kalau katanya booking pesawat termurah itu harus dini hari, Jumat malam, atau Selasa siang bolong. Atau mungkin ada juga yang mencetuskan mitos Rabu Pahing saat bulan purnama di minggu ketiga bulan Safar (kalau begini sih mungkin harus lihat primbon dulu sebelum beli tiket). Waduh, ribet juga ya!

Tapi sebenarnya ada nggak sih waktu yang tepat untuk booking tiket pesawat agar dapat harga yang lebih murah? Hmmm, kalau diusut menurut data sih, benar ada waktu tertentu di mana harga jauh lebih murah. Simak dulu yuk penjelasannya!

Jadi ternyata, dilansir dari HuffingtonPost, traveler yang mencari tiket pesawat pada hari Selasa tengah malam bisa mendapatkan harga 6% lebih murah dari biasanya. Secara umum, tiket pesawat memang agak lebih murah di awal minggu seperti di hari Senin sampai Rabu.

Tapi… ada tapinya nih. Ini kemungkinannya nggak besar dan sifatnya untung-untungan. Ini juga berlaku di beberapa rute aja, nggak semuanya. Jadi kalau kamu pikir booking tiket pesawat tengah malam itu adalah ide jenius, ternyata itu hanya mitos! Tapi pernah kepikiran nggak sih kapan ya waktu yang harus dihindari saat membeli tiket pesawat?

Dilansir dari Hopper, ternyata harga tiket pesawat melambung hingga 3% di hari Jumat jam 3 pagi. Hal ini kemungkinan besar karena manajemen maskapai lagi mengatur penjualan mereka yang biasanya dimulai saat awal minggu dan berakhir pada saat menjelang akhir pekan. Jadi, nggak heran kalau menjelang weekend, harga tiket pesawat jadi naik lumayan mahal. Dari penelitian ini, kita bisa menghindari booking tiket pesawat semalam sebelum weekend, deh. Oke?

Jadi, kapan waktu terbaik untuk booking tiket pesawat? Masih dari studi yang sama, Hopper berpendapat bahwa hari termurah untuk memesan tiket pesawat adalah hari Kamis untuk pesawat domestik dan mancanegara.

Tapi jangan harap kamu langsung bisa mendapatkan harga yang murah banget. Bedanya nggak begitu banyak. Hanya sekitar 130-300 ribuan aja. Dan perlu diingat juga kapan kamu perginya, apakah lagi high season, tujuannya ke mana, atau lagi ada promo atau nggak. Jadi semuanya ter-gan-tung. So, semoga beruntung!

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk terbang dengan pesawat? Hopper mengatakan harga tiket pesawat termurah bisa kamu dapatkan jika kamu berencana terbang pada hari Rabu (umumnya, nggak selalu). Dan harga termahal jika kamu berencana pergi di hari Minggu. Sementara tiket pesawat pulang termurah biasanya di hari Selasa untuk penerbangan domestik dan hari Rabu untuk penerbangan internasional. Sekali lagi, ini nggak pasti, hanya berdasarkan data terbanyak aja, ya!

Gimana? Udah tahu kan kira-kira kamu bakalan cek tanggal naik pesawat hari apa aja? Pastikan lagi kalau hari yang kamu pilih nggak lagi high season atau saat weekend, biar kesempatan mendapatkan harga tiket pesawat termurah semakin besar!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES