Mengunjungi 4 Pulau di Indonesia yang Penghuninya Bukanlah Manusia

30 November 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
428SHARES

Pernahkah kamu membayangkan pergi ke sebuah pulau di mana tidak ada manusia di dalam pulau tersebut? Meskipun terdengar fiktif, namun nyatanya pulau tersebut benar-benar ada. Jika kamu mengira pulau tersebut hanya terletak di luar negeri, maka kamu salah besar. Buktinya, di Indonesia sendiri terdapat setidaknya empat buah pulau yang tidak dihuni oleh manusia.

Bukannya tidak berpenghuni, namun penghuni asli dari pulau-pulau tersebut bukanlah manusia, melainkan hewan liar. Wah, seperti apa kira-kira kehidupan di pulau tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, YuKepo udah nyiapin nih buat kamu. Berikut empat pulau di Indonesia yang penghuninya bukanlah manusia.

1. Pulau Biawak,Jawa Barat

Sesuai dengan namanya, pulau ini dihuni oleh pasukan biawak yang sangar. Pulau ini punya keindahan alam yang eksotis dan juga memiliki perairan yang sangat jernih sehingga bakalan membuat kamu kepengen buru-buru nyebur di sana. Serius di sini nggak ada manusia yang tinggal? Iya, benar! Hanya beberapa pemandu wisata yang sesekali mampir ke tempat ini buat ngecek kondisi para biawak. Tapi, kamu juga bisa kok mengunjungi pulau ini dengan syarat harus menaati peraturan yang berlaku.

2. Pulau Kembang, Kalimantan Selatan

Meskipun namanya Pulau Kembang, namun penghuni dari pulau yang satu ini bukanlah kembang-kembang, terlebih kembang desa. Bukan bukan! Penghuni dari Pulau Kembang yang ada di Kalimantan Selatan ini adalah sekumpulan monyet ekor panjang. Hutan yang rimbun dan nyaman membuat populasi dari satwa yang satu ini semakin banyak. Kalau kamu mau main-main ke sini, sangat disarankan untuk tidak masuk lebih ke dalam karena di sana banyak sekali monyet yang ukurannya besar. 

3. Pulau Rinca, NTT

Pulau Komodo bukanlah satu-satunya tempat dari hewan prasejarah ini. Nyatanya, populasi Komodo yang lebih besar ditemukan di Pulau Rinca, NTT. Hal itu tidak lain karena komodo merupakan penghuni satu-satunya yang ada di pulau ini. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Pulau Rinca, sangat disarankan untuk taat pada peraturan yang ada serta tetap terus bersama pemandu. Selain itu, wanita yang sedang haid sangat diharamkan untuk menginjakkan kaki di pulau ini kalau tidak mau diserang oleh sekumpulan Komodo. 

4. Pulau Ular, NTB

Nusa Tenggara memang menyimpan sejuta misteri. Kalau di NTT ada yang namanya Pulau Rinca, nah kalau di NTB ada yang namanya Pulau Ular. Yap, sesuai dengan namanya, penghuni asli pulau ini adalah ribuan ekor ular laut. Meskipun keliatannya menakutkan, tapi kamu nggak perlu khawatir karena ular laut di sini sangat jinak dan tidak berbahaya. Kamu pun bisa berfoto dan bermain bersama ular-ular tersebut. 

5. Pulau mana lagi?

Selain dari keempat pulau di atas, kira-kira pulau mana lagi di Indonesia yang penghuninya bukan manusia? Bisa kali berbagi pengetahuan di sini.

Nah, itu dia empat pulau di Indonesia yang penghuninya bukanlah manusia, melainkan para hewan. Meskipun ada pemandu yang senantiasa menjaga kamu ketika berwisata di sana, namun kamu harus tetap waspada dan mawas diri karena bisa aja dari sekian banyak hewan liar di sana, ada satu atau dua hewan yang lagi khilaf sehingga melukai dirimu. Kan nggak lucu niatnya mau berwisata malah berakhir menjadi bencana.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
428SHARES