Mengenal Pulau Kucing di Indonesia. Pecinta Kucing Wajib Tahu

23 April 2018
|Mega Fitriyani
65SHARES

Kucing adalah binatang yang memiliki banyak sekali penggemar. Seorang pecinta kucing rela menghabsikan jutaan rupiah untuk memiliki dan merawat biantang kesayangannya. Sayangnya, tidak semua kucing mendapatkan perhatian itu. Banyak juga kucing yang dianggap sebagai hama, kelaparan, dan berjuang mencari makanan di jalan. Maka, tak jarang ada kucing yang dibuang di jalanan.

Hal itulah yang terjadi di Sanana, ibukota Kabupaten Kepulauan Sena, Maluku Utara. Banyak masyarakat yang membuang kucing di pulau tak bernama. Lama kelamaan, kucing tersebut membentuk membentuk koloni, dan populasinya terus bertambah dari satuan menjadi puluhan ekor, dan bahkan kini menjadi destinasi wisata.

Pulau Kucing dapat dikunjungi dengan cara menaiki perahu mesin dari Desa Fukweu Kecamatan Sanana Utara. Perjalanan naik perahu membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Di pulau tersebut, pengunjung tidak hanya akan menemui kucing-kucing, tapi juga pemandangan alam yang memukau. Pulau ini kini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Fukweu. 

Dari hasil tempat wisata ini, perekonomian masyarakat juga meningkat. Banyak masyarakat yang mendapatkan penghasilan dari hasil menyediakan jasa transpotasi. Untuk mendapatkan fasilitas kendaraan tersebut, pengunjung hanya perlu merogoh uang sebesar Rp10.000. Murah banget, kan?

Sesampainya di Pulau Kucing, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan pulau tersebut sambil duduk di atas gazebo, dan bermain-main bersama kucing. Ada jembatan kayu berbentuk hati, juga wahana bebek-bebekan untuk anak-anak. Di pulau tersebut, pengunjung boleh memberi makan kucing sesuka hati. Di sana, ada juga warung-warung yang menyediakan makanan apabila pengunjung lapar atau haus.

 
Saat weekend atau hari libur, ada sekitar 200 orang yang mengunjungi pulau tersebut. Jumlah tersebut akan meningkat 10 kali lipat  pada saat libur Lebaran dan Tahun Baru. Namun, Bumdes Fukweu terus berusaha untuk meningkatkan popularitas lokasi ini. Mereka berencana akan mengadakan atraksi di pulau tersebut untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Nah, daripada kamu jauh-jauh ke Jepang untuk mengunjungi pulau kucing, kenapa nggak ke sini aja dulu? Jalan-jalan di sambil bercanda dengan kucing, surga dunia banget, deh.

Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
65SHARES