Mengenal Lebih Jauh Kesenian Ogoh-ogoh Khas Pulau Dewata

balikami.com

Pada perayaan Nyepi kemarin, terdapat sebuah tradisi unik di Bali yang mana masyarakat setempat melakukan pawai Ogoh-Ogoh. Pawai keagamaan ini memiliki nilai moral yang tinggi dan cukup populer di kalangan para turis, baik lokasi maupun internasional. Sebenarnya, apa sih Ogoh-Ogoh itu? Yuk, kita cari tahu lebih lanjut tentang kesenian khas dari Pulau Dewata yang satu ini!

1. Apa itu Ogoh-ogoh Bali?

www.baliholidaymandiritour.com

Ogoh-Ogoh Bali merupakan karya seni patung yang menggambarkan kepribadian sang Bhuta Kala. Dalam ajaran Hindu Dharma, tokoh tersebut merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala) yang tak terukur dan tak terbantahkan.

Sosok Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok raksasa yang sangat besar dan menakutkan. Selain dalam wujud raksasa, Bhuta Kala juga sering direpresentasikan dalam wujud makhluk-makhluk yang hidup di Mayapada, yakni surga dan neraka. Misalnya saja seperti berwujud naga, gajah, Widyadari, dan bahkan seiring perkembangannya, ada pula yang dibuat menyerupai tokoh terkenal, seperti para pemimpin dunia, artis, tokoh agama, dan bahkan penjahat.

2. Sejarah Ogoh-ogoh Bali

www.konfrontasi.com

Terdapat cukup banyak versi yang beredar di masyarakat perihal asal usul dari kesenian yang satu ini. Namun, kesenian Ogoh-ogoh diperkirakan datang sejak zaman Dalem Balingkang. Ketika itu, Ogoh-ogoh digunakan untuk upacara Pitra Yadnya, yakni upacara pemujaan yang ditujukan kepada para potara dan roh-roh leluhur umat Hindu yang telah berpulang. Ada pula yang berpendapat jika Ogoh-ogoh terisnpirasi dari Tradisi Ngusaba Ndong-Nding yang ada di Desa Selat Karangasem.Pendapat lain menyebutkan jika Barong Landung yang merupakan perwujudan Raja Jaya Pangus dan Putri Kang Cing Wei merupakan cikal-bakal lahirnya Ogoh-ogoh yang kita kenal saat ini.

3. Bentuk Ogoh-ogoh Bali

citypost.id

Ogoh-ogoh Bali pada awalnya dibuat dari rangka kayu dan bambu sederhana. Rangka tersebut kemudian dibentuk, lalu dibungkus dengan menggunakan kertas. Pada perkembangannya, bentuk dari Ogoh-ogoh pun semakin bervariasi dengan menggunakan rangka besi yang dirangkaikan pada bambu yang dianyam. Pembungkus badan Ogoh-ogoh yang awalnya berupa kertas saat ini diganti dengan menggunakan gabus atau sterofoam yang dilanjutkan dengan teknik pengecatan.

4. Tema Ogoh-ogoh Bali

www.youtube.com

Seiring dengan perkembangan zaman, Ogoh-ogoh Bali ini memili tema yang bervariasi, mulai dari pewayangan, modern, porno, hingga politik yang bahkan tidak mencerminkan nilai-nilai keagamaan sama sekali. Padahal, tema yang diharapkan dari kesenian yang satu ini adalah sesuai dengan nilai-nilai agama Hindu yang tidak terlepas dari nilai ketuhanan, manusia, dan Buta Kala sebagai penyeimbangan hubungan ketiganya.

Beberapa pendapat mengatakan jika penggunaan tema yang ‘agak melenceng’ tersebut disebabkan oleh daya kreativitas anak muda yang dengan kritisnya menggunakan bentuk gejala alam dan berbagai fenomena sosial yang terjadi di masyarakat sehingga menganggap tidak diperlukannya batasan-batasan dalam kesenian Ogoh-ogoh ini.

5. Makna yang terkandung dalam Ogoh-ogoh Bali
www.kintamani.id

Ogoh-ogoh Bali merupakan cerminan sifat-sifat negatif pada diri manusia yang juga sebagai pengingat masyarakat Bali khususnya. Ogoh-ogoh yang diarak keliling desa bertujuan agar kekuatan negatif yang ada di sekitar desa ikut lenyap dan masuk ke dalam tubuh Ogoh-ogoh. Kemudian, ritual minum arak bagi orang yang mengarak ogoh-ogoh Bali dinilai sebagai perwakilan dari sifat buruk yang ada di dalam diri manusia.

Pada akhir pengarakan Ogoh-ogoh, masyarakat akan membakar figur raksasa jahat tersebut. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar sifat-sifat buruk seperti yang dimiliki oleh raksasa Bhuta Kala hilang, terbakar tanpa sisa.

 

Itu dia lima hal yang harus kamu tahu tentang kesenian Ogoh-ogoh khas Pulau Dewata. Semoga bisa sedikit menambah wawasan kamu ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Bahaya Snorkeling yang Dapat Mengancam Keselamatanmu

5 Bahaya Snorkeling yang Dapat Mengancam Keselamatanmu

Meski Meletus Tiap 20 Menit Sekali, Gunung Api Ini Menawarkan Keindahannya

Meski Meletus Tiap 20 Menit Sekali, Gunung Api Ini Menawarkan Keindahannya

Restoran Robot Jepang, Tempat Makan dengan Konsep yang Tidak Biasa

Restoran Robot Jepang, Tempat Makan dengan Konsep yang Tidak Biasa

5 Situs Wisata Kuno yang Diduga Dibuat oleh Alien

5 Situs Wisata Kuno yang Diduga Dibuat oleh Alien

7 Makanan Ini Nggak Boleh Kamu Konsumsi Saat Berada di Pesawat

7 Makanan Ini Nggak Boleh Kamu Konsumsi Saat Berada di Pesawat

Ternyata Begini Cara Bali Merayakan Nyepi. Menepi Sementara dari Kegiatan Duniawi

Ternyata Begini Cara Bali Merayakan Nyepi. Menepi Sementara dari Kegiatan Duniawi

loading