Mau Tahu Tren Foto Traveling Zaman Sekarang? Baca Hasil Survey Ini

10 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Traveling menjadi hal yang sangat lumrah dilakukan oleh masyarakat zaman now. Segala kemudahan yang diberikan pun menjadi faktor pemicu banyaknya para traveler-traveler baru di dunia jalan-jalan. Mulai dari kemudahan dalam mengakses informasi tentang destinasi yang ingin dituju hingga kemudahan dalam hal transportasi dan penginapan. Semuanya sangat mudah dilakukan berkat kecanggihan teknologi yang ada sekarang ini.

Semakin menjamurnya para traveler muda membuat Frame A Trip, sebuah perusahaan rintisan Indonesia di bidang fotografi melakukan sebuah riset terkait dengan akitivitas fotografi saat liburan yang dilakukan oleh generasi milenial pada tahun 2017. Hasilnya, 50 persen pelanggan jasa foto berusia 25-34 tahun. Selain itu, dari sampling yang diambil juga ditemukan bahwa jumlah likes akan bertambah sebesar 96,9 persen jika foto yang diunggah merupakan hasil dari jepretan fotografer profesional. Peminat jasa fotografi pada saat liburan didominasi oleh kaum hawa dengan persentase sebesar 86 persen. Selain itu, persentase untuk foto bersama keluarga, bersama keluarga dengan anak, bersama teman, bersama pasangan, dan sendiri masing-masing memiliki persentase sebesar 67 persen, 77 persen, 17 persen, 13 persen, dan 3 persen.

Kemudian, terdapat lima destinasi favorit bagi para pengguna jasa foto, yakni Bali, Paris, London, Kyoto, dan Tokyo. Sementara itu, untuk kategotri negara yang paling hobi menggunakan jasa foto, yakni Indonesia, Singapura, dan Jepang. Ketika berfoto, kebanyakan dari para konsumen memilih luar ruangan sebagai background foto mereka dengan persentase sebesar 88 persen. Tema favorit yang paling banyak dipilih ada perkotaan dengan persentase sebesar 68 persen dan 90 persen memilih untuk berfoto bersama lambang atau ikon kota yang terkenal. 

Untuk posenya, sebesar 21 persen konsumen memilih pose tengah berciuman, 35 persen bergaya bebas, 33 persen berpegangan tangan, dan 32 persen berpelukan. Kemudian terkait dengan gaya berbusana, para konsumen cenderung lebih senang mengenakan pakaian santai dengan persentase sebesar 85 persen, diikuti oleh berbusana tradisional sebesar 11 persen, dan berbusana formal sebesar 4 persen. Lalu, ditemukan pula bukti bahwa para konsumen lebih senang menggukan make up terlebih dahulu sebelum berfoto. Sebesar 69 persen dari para konsumen memilih untuk merias wajah seadanya, 25 persen merias wajah penuh karena harus tampil sempurna, serta 6 persen yang tidak mau merias wajahnya sebelum berfoto.

Wah, ternyata tren generasi milenial ketika berfoto saat liburan itu ribet juga, ya! Sebelum foto aja harus banget tuh buat make up. Mungkin, dengan mendapatkan hasil yang sempurna, maka followers mereka akan bertambah banyak ketika diunggah ke akun media sosial mereka. Jadi, mereka itu berfoto buat sekadar berbagi liburan mereka atau mencari likes dan followers ya? Hahaha, likes ya kalau setuju.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES