Mau Liburan ke Pantai dengan Si Kecil? Kamu Harus Perhatikan 5 Hal Ini

04 Maret 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Memiliki seorang anak yang masih balita terkadang membuat para orangtua merasa kesulitan dan kebingunan ketika pergi berlibur. Segala perlengkapan, mulai dari popok hingga kereta bayi harus benar-benar dipersiapkan. Jangan sampai ketika dalam perjalanan maupun pas sampai tempat tujuan, si bayi malah rewel.

Oleh karena itu, kecekatan serta kesigapan dari para orang tua harus banget diperhatikan nih. Selain itu, jika kamu memutuskan untuk berlibur ke pantai, kamu nggak bisa sembarangan bertindak dan bahkan harus sampai memerhatikan kebersihan dari pantai itu sendiri. Berkaitan dengan hal itu, YuKepo akan ngasih tau beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para orangtua ketika mengajak serta sang buah hati ke pantai untuk liburan. Langsung aja yuk kita kepoin bareng!

1. Cuaca

Hal yang pertama adalah mengenai cuaca. Jika hari terasa cukup panas atau angin yang tengah berhembus kencang dan hujan, tentunya para orangtua nggak boleh buat ngajak si baby ke pantai. Alasannya sederhana. Karena akan dapat membahayakan si bayi. Sebaliknya, jika cuaca cerah dan keadaan terlihat aman, barulah kamu bisa mengajak liburan buah hatimu ke pantai. Jangan lupa juga untuk memberikan ia topi dan sunblock agar sang baby terhindar dari sengatan matahari secara langsung mengingat kulit dari balita masih tipis gitu.

 

2. Pantai bersih

Para orang tua juga sebaiknya memerhatikan kebersihan pantai. Dengan berlibur ke pantai yang bersih, sang buah hati bisa sekadar duduk di pasir dan jika ia sudah bisa berdiri dan berjalan, maka ia pun dapat bermain-main di atas pasir pantai. Kemudian pastikan sang bayi tidak memasukkan apa pun ke dalam mulutnya setelah bermain pasir. Jangan sampai kamu kehilangan fokus dan tidak mengetahui jika sang bayi lagi ngemut tangannya yang abis terkena pasir pantai. Lebih bagus lagi kalau pantai yang dikunjungi tidak terlalu ramai sehingga kamu bisa memperhatikan bayimu secara lebih fokus.

3. Pakaiakan sepatu

Pastikan sang bayi memakai sepatu karena kita tahu jika di sepanjang pinggir pantai terdapat banyak sekali kerang maupun kerikil yang dapat membahayakan si kecil. Selain itu, meski pantai terlihat bersih, namun kulit bayi yang masih halus dan tipis membuat kakinya rentan kepanasan jika tidak memakai sepatu. Setiap kali ia selesai bermain, oleskan minyak telon kepada sang bayi untuk membantu menghangatkannya.

4. Pastikan cairan si bayi aman

Cuaca di pantai yang cenderung panas membuat kita rentan untuk cepat haus. Oleh karena itu, agar bayimu tidak terkena dehidrasi, pastikan persediaan cairan untuk si bayi aman. Misalnya berikan ia ASI ataupun susu formula jika usianya masih sekitar 6 bulan dan air mineral jika ia telah mengonsumsi MPASI.

5. Bawa kereta dorong

Kereta dorong ini fungsinya banyak sekali. Selain dapat mengangkut si kecil, kereta dorong juga dapat digunakan untuk mengangkut berbagai perlengkapan ketika berlibur ke pantai. Selain itu, jangan lupa untuk membawa tikar, selimut, ataupun handuk pantai. Tikar dapat digunakan jika kamu dan si bayi mau sekadar duduk-duduk lucu di pinggir pantai. Jangan lupa juga buat membawa payung agar kamu dan bayimu bisa tetap teduh ketika berbaring di atas tikar.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengajak sang buah hati liburan ke pantai. Kalau kelima hal tersebut telah diperhatikan, liburanmu dengan sang buah hati akan berjalan aman. Yang jelas, terus perhatikan bayimu dan jangan sampai pengawasanmu terhadapnya lewat begitu saja. Selamat berlibur!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES